redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Ketenagakerjaan

Apa Yang Disebut Ketenagakerjaan ?

Pada dasarnya setiap manusia hidup harus bekerja dan mempunyai pekerjaan. Hal ini dimaksudkan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup baik untuk dirinya sendiri maupun untuk diri orang lain, dan atau kedua-duanya. Masalah pekerjaan ini merupakan masalah yang kompleks dan serius. Bagi sementara orang pekerjaan merupakan kaharusan karena memang untuk memenuhi kebutuhan dasar, sementara bagi orang lain pekerjaan merupakan bentuk aktualisasi diri karena dengan pekerjaannya itu dapat menunjukkan siapa orang itu sebenarnya.

a. Tenaga Kerja

Setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasiklan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

b. Angkatan Kerja

Bagian dari tenaga kerja yang aktif dalam kegiatan ekonomi. Aktif ini tidak selalu berarti sudah bekerja karena yang digolongkan sebagai angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas) baik yang bekerja maupun yang mencari pekerjaan (pengangguran.

c. Kesempatan Kerja

Kebutuhan tenaga kerja yang kemudian secara riil diperlukan oleh perusahaan atau lembaga penerima kerja pada tingkat upah, posisi dan syarat tertentu, yang di informasikan melalui iklan, dll. Kesempatan kerja ini sering disebut lowongan kerja.

d. Pekerja

Setiap orang yang menghasilkan barang atau jasa yang mempunyai nilai ekonomis baik yang menerima gaji atau bekerja sendiri yang terlibat dalam kegiatan manual.

Seseorang dapat dikatakan sebagai pengangguran bila memenuhi salah satu kategori berikut :

a. Sedang tidak bekerja tetapi sedang mencari pekerjaan

b. Sedang mempersiapkan suatu usaha baru

c. Tidak memiliki pekerjaan karena merasa tidaak mungkin mendapat pekerjaan

d. Sudah mendapat pekerjaan tetapi belum mulai bekerja

Peningkatan Kualitas Kerja

Peningkatan Kualitas Kerja

Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja - Kita tahu bahwa salah satu penyebab tingginya angka pengangguran adalah rendahkanya kualitas tenaga kerja, oleh sebab itu peningkatan kualitas tenaga kerja menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Kualitas tenaga kerja yang baik akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas, peningkatan kesempatan kerja dan menurunkan angka pengangguran. Jika pengangguran berkurang maka pada akhirnya akan berpengaruh pada naiknya tingkat kesejahteraan masyarakat.

Upaya peningkatan kualitas tenaga kerja tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun pihak individu dan pihak swasta juga wajib ikut serta untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja. Oleh karenanya terdapat 3 Pihak yang wajib ikut dalam Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja. Berikut upaya peningkatan kualitas tenaga kerja yang dapat dilakukan oleh 3 pihak tersebut tersebut:

Pemerintah dapat meningkatkan kualitas kerja melalui dua jalur yaitu :

A. Jalur Formal : dengan menyelenggarakan sekolah berjenjang mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi

B. Jalur Informal : dengan menyelenggarakan kursus-kursus yang murah, pelatihan, lokakarya, dll

Pengangguran

Pengangguran ? Sobat Pintar Yuk Pelajari Tentang Pengangguran ?

Tenaga kerja dalam masyarakat merupakan faktor yang potensial untuk pembangunan ekonomi secara keseluruhan. Adanya kebutuhan tenaga kerja oleh produsen di satu pihak, dan di lain pihak adanya persediaan tenaga kerja dalam masyarakat maka dapat mengakibatkan timbulnya pasar kerja, yang merupakan tempat di mana permintaan dan penawaran tenaga kerja bertemu. Apabila terjadi ketidakseimbangan di mana permintaan lebih tinggi dibanding dengan penawaran, maka akan terjadi apa yang dinamakan pengangguran. Berdasarkan pada uraian di atas maka pengangguran dapat didefinisikan sebagai kelompok angkatan kerja yang tidak bekerja atau yang belum mendapat pekerjaan karena adanya kelebihan permintaan pasar kerja.

 

Berikut ini adalah penyebab terjadinya penganguran yaitu :

• Penurunan permintaan tenaga kerja

• Kemajuan teknologi

• Kelemahan pasar tenaga kerja

Macam-macam pengangguran dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut

Pengangguran Normal : golongan angkatan kerja yang betul-betul tidak mendapatkan pekerjaan karena pendidikan dan ketrampilan yang tidak memadai

Pengangguran Terselubung : golongan angkatan kerja Yang melakukan pekerjaan tetapi hasilnya tidsk cukup untuk memenuhi kebutuhannya

Pengangguran terbuka : golongan angkatan kerja yang betul-betultidak mendapatkan kesempatan bekerja sehingga tidak mendapatkan penghasilan.

Macam-macam Pengangguran Terbuka

Pengangguran friksional : pengangguran yang terjadi karena atas perubahan dan dinamika ekonomi

Pengangguran musiman : pengangguran yang terjadi karena pergantian musim sehingga mempengaruhi jumlah pekerjaan yang tersedia di beberapa industri seperti sektor pertanian

Pengangguran konjungtural : pengangguran yang terjadi karena berkurangnya permintaan barang dan jasa

Pengangguran struktural : pengangguran yang muncul akibat perubahan struktur ekonomi

Pengangguran sukarela : pengangguran yang terjadi karena adanya orang yang sesungguhnya masih dapat bekerja tetapi dengan sukarela dia tidak mau bekerja karena mungkin sudah cukup dengan kekayaan yang dimiliki

Pengangguran deflasioner : pengangguran yang disebabkan karena lowongan pekerjaan tidak cukup untuk menampung pencari kerja

Pengangguran teknologi : pengangguran yang disebabkan karena kemajuan teknologi yakni pergantian tenaga manusia menjadi tenaga mesin

Dampak Pengangguran

Apa Saja Dampak Dari Pengangguran ?

Suatu predikat yang paling tidak disenangi orang adalah predikat pengangguran, karena dampak yang timbulkannya bukan hanya pada dirinya sendiri, tetapi juga terhadap keluarga bahkan sampai kepada masyarakat dan negara. Namun pada kenyataannya pengangguran selalu saja terjadi terutama di negara berkembang termasuk negara Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara lapangan kerja yang tersedia dengan jumlah pekerja. Sebenarnya lapangan kerja sudah cukup luas terbuka tetapi karena jumlah pekerja dan kualitas pekerja yang sangat heterogen membuat pengangguran semakin banyak. Bila masalah pengangguran ini tidak segera diatasi dan dicari solusi yang terbaik, maka cepat atau lambat akan membawa dampak negatif sebagai berikut :

a. Dampak Ekonomi

Pengangguran akan menurunkan hasil produksi dan menghilangkan peluang untuk menambah pendapatan. Pengangguran juga akan menurunkan nilai Gross National Product, pendapatan nasional hingga akhirnya standar hidup tidak terpenuhi.

b. Dampak Sosial

Dampak sosial pada dasarnya relatif sulit untuk dapat diukur tetapi dengan banyaknya pengangguran dalam masyarakat berpengaruh sekali terhadap tingkat kejahatan (pencurian, perampokan, dan lain-lain). Pengangguran juga mempunyai akibat pada lemahnya mental, naiknya angka bunuh diri dan meningkatnya perbuatan asusila. Secara keseluruhan tingkat keamanan dalam masyarakat menjadi terganggu, ketertiban umum mulai terusik sehingga kehidupan menjadi tidak nyaman.

c . Dampak Individu dan Keluarga

Dengan tidak termanfaatkannya keahlian dan pendidikan karena menganggur, maka secara tidak langsung tingkat profesionalisme yang sudah melekat pada diri pekerja semakin lama menjadi semakin pudar dan akhirnya akan hilang. Sehingga pada suatu saat jika memulai bekerja di tempat pekerjaannya yang baru diperlukan pelatihan kembali. Selain itu pengangguran akan menghilangkan pendapatan dan menghilangkan pula kesempatan untuk memperoleh peluang yang lebih baik lagi. Akibatnya penghasilan sebagai sumber penopang hidup dirinya sendiri dan keluarga akan berhenti. Sebagai akibatnya gesekan-gesekan yang mengarah pada munculnya keretakan-keretakan rumah tangga dapat muncul sewaktu-sewaktu. Di samping itu harga diri di mata keluarga menjadi menurun (tidak dihormati).

Mengatasi Pengangguran

Bagaimana Mengatasi Pengangguran ?

1. Mengatasi pengangguran friksional dan sukarela:

• Menarik investor baru dengan cara deregulasi dan debiokratisasi

• Memberikan bantuan pinjaman lunak dan bantuan lain untuk memacu kehidupan industri kecil

2. Mengatasi pengangguran konjungtural

• Meningkatkan daya beli masyarakat

• Mengatur bunga Bank agar tidak terlalu tinggi

3. Mengatasi pengangguran struktural

• Menyediakan lapangan kerja

• Mengadakan pelatihan tenaga kerja

• Menarik investor

4. Mengatasi pengangguran musiman :

• Pelatihan ketrampilan lain selain bidang yang sudah digeluti

• Menginformasikan lowongan kerja yang ada disektor lain kepada masyarakat

5. Mengatasi pengangguran deflasioner

• Pelatihan tenaga kerja

• Menarik investor baru

6. Mengatasi pengangguran teknologi :

• Pengenalan teknologi yang ada sejak usia dini

• Pelatihan tenaga pendidik untuk menguasai teknologi baru yang harus disampaikan pada anak.

Latihan

Pengangguran yang terjadi karena adanya kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja disebut pengangguran …

A. Friksional

B. Struktural

C. Teknologi

D. Musiman

E. Terbuka

Latihan

Pengangguran yang timbul karena adanya perubahan struktur ekonomi disebut pengangguran …

A. Struktural

B. Musiman

C. Kongjuntor

D. Teknologi

E. Friksional

Pengertian dan Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian dan Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi merupakan dua istilah yang berbeda. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi : kenaikan pendapatan atau produksi nasional dalam suatu negara dari tahun ke tahun. Pembangunan ekonomi : proses meningkatkan PDB, sekaligus meningkatkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi

Faktor Pertumbuhan Ekonomi Faktor-faktor Pertumbuhan Ekonomi :

• Sumber Daya Alam

• Sumber Daya Modal dan Teknologi

• Jumlah Penduduk dan Kualitas Penduduk

• Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat

• Luas Pasar atau Pangsa Pasar

Teori Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Nasional

Teori Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Nasional

Teori Pertumbuhan Ekonomi-Ekonomi :

• Teori Neo Klasik

• Teori Modern Sumber Daya Alam

• Sumber Daya Modal dan Teknologi

• Jumlah Penduduk dan Kualitas Penduduk

• Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat

• Luas Pasar atau Pangsa Pasar

• Teori Pertumbuhan Austria

Pembangunan Nasional

Pembangunan merupakan suatu proses multidimensional mencakup berbagai perubahan mendasar atas struktur sosial, sikap masyarakat, dan institusi nasional, disamping tetap mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan serta pengentasan kemiskinan. Tujuan inti dari pembangunan antara lain adalah peningkatan ketersediaan serta perluasan distribusi berbagai macam barang kebutuhan hidup yang pokok, peningkatan standar hidup dan perluasan pilihan-pilihan ekonomis dan sosial

Sumber Pembiayaan Pembangunan Ekonomi , Karakteristik Negara Berkembang , Masalah Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

Sumber Pembiayaan Pembangunan Ekonomi

• Simpanan Domestik

• Investasi Asing

• Bantuan Luar Negeri

Karakteristik Negara Berkembang

• PNB per kapita yang rendah

• Ekonomi agraris

• Kondisi kesehatan yang memprihatinkan

• Tingkat buta huruf yang masih tinggi

• Tingginya angka pertumbuhan penduduk

Masalah Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

• Masalah kependudukan : jumlah penduduk yang sangat besar, laju pertumbuhan penduduk yang sangat besar, komposisi penduduk menurut umur yang tidak menguntungkan, penyebaran penduduk yang tidak merata, arus urbanisasi yang cukup tinggi

• Masalah kemiskinan

• Keterbelakangan dalam pendidikan, ekonomi, kesehatan, kemajuan teknologi, dan sikap mental ekonomi

• Lapangan pekerjaan • Pemerataan pembangunan

Dampak Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif :

• Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat

• Meningkatkan pendapatan masyarakat

• Fasilitas umum dapat terpenuhi

• Terjadinya perubahan struktur ekonomi dari agraris ke industri

Dampak Negatif :

• Meningkatkan urbanisasi

• Terjadinya pencemaran lingkungan akibat limbah pembangunan

Latihan

Masalah utama pembangunan ekonomi di negara berkembang adalah …

A. Kemiskinan, Kebodohan Dan Keterbelakangan

B. Pengangguran, Kemiskinan Dan Ketimpangan Dalam Distribusi Pendapatan

C. Kemiskinan, Kebodohan Dan Pengangguran

D. Kemiskinan, Ketimpangan Pendapatan Dan Rusak Lingkungan

E. Kemiskinan, Rendahnya Produktivitas Dan Ketimpangan Pendapatan

Latihan

Tujuan pembangunan nasional …

A. Mencerdaskan kehidupan bangsa

B. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat

C. Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

D. Membangun hubungan baik dengan negara internasional

E. Meningkatkan kerjasama ekonomi di era globalisasi

redesain-navbar Portlet