redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Refleksi (Dapat Dipantulkan)

Sobat pintar, gelombang memiliki beberapa sifat-sifat yaitu; refleksi, refraksi, difraksi, dispersi, interferensi dan polarisasi

Sobat pintar untuk sifat pertama yakni Refleksi

Refleksi (Pemantulan) adalah pembalikan arah rambat gelombang karena membentur suatu medium yang tidak dapat ditembus oleh gelombang tersebut. Dalam pemantulan gelombang berlaku hukum pemantulan gelombang yaitu :

  • Besar sudut datangnya gelombang sama dengan besar sudut pantul gelombang
  • Gelombang datang, gelombang pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.

Refraksi (Dapat Dibiaskan)

Sobat pintar, untuk sifat kedua yakni Refraksi

Refraksi (Pembiasan) adalah pergeseran arah rambat gelombang karena melalui medium yang dapat ditembus, tetapi berbeda kerapatannya dengan medium pembawa gelombang tersebut. Contohnya adalah ketika suatu gelombang cahaya dibawa oleh udara dan masuk ke dalam air.

Difraksi (Dapat Dibelokkan)

Kemudian sifat ketiga yakni Difraksi

Difraksi (Pembelokkan/Penyebaran) gelombang adalah pembelokkan atau penyebaran gelombang ketika melalui suatu celah tertentu. Semakin sempit celah yang dilewati, difraksi yang terjadi akan semakin tampak.

Dispersi (Dapat Perubahan Bentuk)

Sobat pintar pasti mengetahui pelangi kan? Nah pelangi ini merupakan salah satu penerapan dari Dispersi

Dispersi adalah terjadinya perubahan bentuk gelombang ketika gelombang tersebut melalui suatu medium tertentu. Contohnya adalah gelombang cahaya putih yang menjadi berwarna ketika melewati prisma. Tidak semua medium dapat membuat perubahan bentuk, hanya beberapa medium tertentu saja, sedangkan medium yang dapat mempertahankan bentuk gelombang itu disebut medium nondispersi.

Interfensi (dapat Digabungkan)

Lanjut kesifat selanjutya yaitu Interfensi

Interfensi adalah perpaduan dua buah gelombang. Jika kedua gelombang yang dipadukan memiliki fase sama, maka mereka akan saling menguatkan sehingga disebut Interfensi Konstruktif, sedangkan jika fasenya berlawanan, maka kedua gelombang tersebut akan saling melemahkan sehingga disebut Interfensi Destruktif.

Polarisasi (dapat Diserap Arah Getarannya)

Sobat Pintar, sifat yang terakhir yaitu Polarisasi

Polariasasi adalah penyerapan sebagian arah getaran dari gelombang ketika melalui medium tertentu. Polarisasi hanya dapat terjadi pada gelombang transversal, yaitu gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatannya.

Latihan 1

Sifat umum dari gelombang adalah sebagai berikut :

  1. tidak dapat merambat dalam ruang hampa
  2. merambat dengan lurus dalam medium yang berbeda
  3. mengalami refleksi
  4. mengalami difraksi
  5. mengalami interferensi

Dari sifat gelombang di atas, yang sesuai dengan ciri-ciri gelombang cahaya adalah…

A. (1) dan (2) saja

B. (3) dan (4) saja

C. (2), (3), dan (4)

D. (3), (4), dan (5)

E. (1), (3), (4), dan (5)

Latihan 2

Perhatikan sifat-sifat gelombang berikut!

  1. mengalami difraksi
  2. mengalami refleksi
  3. tidak dapat merambat dalam ruang hampa
  4. dapat mengalami polarisasi
  5. bergerak lurus bila melewati dua medium yang berbeda

Dari sifat gelombang di atas yang sesuai dengan ciri-ciri gelombang bunyi adalah….

A. (1), (2) dan (3)

B. (1), (2) dan (4)

C. (1), (3) dan (4)

D. (2), (3) dan (4)

E. (3), (4) dan (5)

Pengantar Gelombang

Hai Sobat , Tahukah Kalian Apa Itu Gelombang ??

Gelombang adalah hasil dari getaran yang merambat baik melalui medium tertentu atau tanpa medium. Perambatan dari gelombang tersebut tidak akan mempengaruhi mediumnya. Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat lainnya. Panjang satu gelombang dapat diketahui dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit atau menghitung jumlah rapatan dan renggangan yang dibentuk oleh gelombang tersebut.

Contoh sederhana dari gelombang adalah ketika kita mengikatkan satu ujung tali ke sebuah pohon, kemudian ujung yang satunya lagi dipegang lalu digetarkan (digoyangkan), maka tali tersebut akan membentuk seperti lembah dan bukit, nah itulah yang disebut dengan gelombang.

Jenis Gelombang Berdasarkan Mediumnya

Sobat Pintar, berdasarkan medium nya, gelombang dibagi menjadi dua yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

Gelombang Mekanik

Gelombang Mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium tertentu dalam perambatannya. Gelombang mekanik tidak akan bisa merambat pada ruang hampa tanpa medium. Contohnya adalah suara yang memerlukan udara untuk perambatannya.

Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. Artinya gelombang elektromagnetik dapat merambat dimana saja. Contonnya adalah gelombang cahaya.

Jenis Gelombang Berdasarkan Arah Getar dan Rambatannya

Sobat Pintar, kemudian, gelombang juga dapat dibagi menjadi dua berdasarkan arah getar dan rambatnya. Diantaranya sebagai berikut:

Gelombang Transversal

Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatannya. Betuk getaran pada gelombang transversal berupa bukit dan lembah.

Gelombang Longitudinal

Gelombang Longitudinal adalah gelombang yang arah rambat dan arah getarnya searah. Bentuk getarannya berupa rapatan dan renggangan.

Jenis Gelombang Berdasarkan Amplitudonya (Simpangan Terjauh)

Sobat Pintar yuk kita lanjutkan ke topik berikutnya yakni jenis gelombang berdasarkan amplitudonya.

Gelombang Berjalan

Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo atau simpangan terjauhnya tetap pada setiap titik yang dilalui gelombang (tidak berubah). Contohnya adalah gelombang yang terbentuk pada getaran sebuah tali.

Gelombang Diam

Gelombang diam adalah jenis gelombang yang amplitudonya berubah-ubah pada setiap titik yang dilaluinya. Contohnya adalah gelombang yang terbentuk dari petikan gitar.

Latihan 3

Sepotong tali yang panjangnya 5 meter, salah satu ujungnya terikat kuat sedangkan ujung yang lainnya digerakkan secara kontinu dengan amplitudo 10 cm dan frekuensi 4 Hz. Jika cepat rambat gelombang pada tali itu 8 m/s, tentukanlah amplitudo yang terletak 1,5 meter dari ujung terikat !

A. 0,18 m

B. 0,24 m

C. 0,28 m

D. 0,32 m

E. 0,40 m

Latihan 4

Seutas dawai yang panjangnya 2,5 m, massanya 250 gram diberi tegangan 250 N. Kemudian dipetik sehingga pada dawai tersebut membentuk pola 2,5 gelombang. Tentukan berapa Hz frekuensi nada yang dihasilkan !

A. 25 Hz

B. 50 Hz

C. 75 Hz

D. 80 Hz

E. 100 Hz

Latihan 5

Pipa organa terbuka panjangnya 40 cm, menghasilkan nada dasar dan membuat layangan bunyi dengan garputala yang frekuensinya 420 Hz. Apabila cepat rambat bunyi di udara 340 m/s. Tentukan berapa banyaknya layangan bunyi tiap detiknya!

A. 300 Hz

B. 375 Hz

C. 425 Hz

D. 475 Hz

E. 500 Hz

Panjang Gelombang

Sobat pintar, terdapat beberapa besaran-besaran fisika dalam gelombang. Apa itu? Simak topik berikut ini
 

Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh satu gelombang.

  • Untuk gelombang transversal, satu gelombang terdiri dari satu bukit dan satu lembah.
  • Untuk gelombang longitudinal, satu gelombang terdiri dari satu rapatan dan satu renggangan.

Dapat dinyatakan dengan persamaan :

dengan :

Frekuensi

Yuk kita bahas ke topik berikutnya...

Secara umum frekuensi adalah besaran ukuran jumlah putaran ulang suatu peristiwa dalam waktu tertentu. Dalam gelombang, frekuensi adalah jumlah gelombang yang melewati titik tertentu dalam satu detik. Satuan internasional yang dipakai untuk frekuensi adalah Hertz (Hz). Simbol yang digunakan untuk melambangkan frekuensi adalah f (huruf kecil). Dapat dinyatakan dengan persamaan :

f = n / t atau f = 1 / T

dengan :

n = jumlah getaran
t = waktu (s)
T = periode (s)

Periode

Yuk lanjut ke topik berikutnya ...

Periode adalah waktu yang ditempuh untuk melakukan suatu peristiwa. Dalam Gelombang, periode adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu satu gelombang. Satuan yang sering digunakan untuk periode adalah detik atau sekon (s). Simbol yang digunakan untuk melambangkan periode adalah T (huruf besar). Dapat dinyatakan dengan persamaan :

T = t / n atau T = 1 / f

dengan :

n = jumlah getaran
t = waktu (s)
f = frekuensi (Hz)

Simpangan Gelombang

Yuk kita bahas ke topik selanjutnya yakni terkait simpangan.

Simpangan adalah posisi getaran partikel media atau gelombang pada suatu saat tertentu. Simpangan terjauh pada sebuah gelombang disebut dengan Amplitudo. Satuan Internasional untuk simpangan adalah meter (m).

Cepat Rambat (Laju) Gelombang

Lanjut ke besaran selanjutnya yakni cepat gelombang

Cepat (laju) gelombang adalah kecepatan dari sebuah gelombang yang didapatkan dari jarak yang ditempuh gelombang dalam satuan waktu. Satuan internasional untuk Cepat Rambat (Laju) Gelombang adalah meter per detik (m/s). Simbol yang digunakan untuk melambangkan Cepat Rambat Gelombang adalah v (huruf kecil). Dapat dinyatakan dengan persamaan :

dengan :

 

Latihan 1

Sebuah getaran menghasilkan frekuensi 50 Hz. Periode getarannya adalah …

A. 0,02 sekon

B. 0,04 sekon

C. 0,06 sekon

D. 0,08 sekon

E. 0,1 sekon

Latihan 2

Sebuah bandul sederhana bergetar selama 50 kali dalam waktu 5 sekon. Frekuensi getaran bandul tersebut adalah ….

A. 5 Hz

B. 10 Hz

C. 15 Hz

D. 20 Hz

E. 25 Hz

Latihan 3

Berapakah kecepatan gelombang pada persamaan Y = 0,4 sin 2S (60 t – 0,4 x) jika besaran dalam SI?

A. 50 m/s

B. 100 m/s

C. 150 m/s

D. 200 m/s

E. 300 m/s

Latihan 4

Sebuah tali yang panjang, salah satu ujungnya digetarkan terus-menerus dengan amplitudo 10 cm, periode 2 s, sedangkan ujung yang lain dibuat bebas. Jika cepat rambat gelombang pada tali tersebut 18 cm/s dan pada tali terjadi gelombang stasioner, tentukanlah amplitudo gelombang stasioner yang berjarak 12 cm dari ujung bebas !

A. 5 cm

B. 10 cm

C. 15 cm

D. 25 cm

E. 30 cm

Latihan 5

Terdapat sebuah tali yang memiliki periode 2 s, amplitudo 10 cm dan cepat rambat gelombang 18 cm/s. Tali tersebut  digetarkan terus-menerus dengan ujung lain dibuat bebas. Jika pada tali terjadi gelombang stasioner, tentukanlah letak simpul ke-2 dari ujung bebas !

A. 25 cm

B. 27 cm

C. 30 cm

D. 32 cm

E. 35 cm

redesain-navbar Portlet