APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Ide Pokok Paragraf

MATERI

Pengertian Paragraf

Pengertian Paragraf

Paragraf merupakan sebuah kumpulan dari kalimat kalimat yang berisi tentang satu ide pokok atau gagasan utama. Sebuah paragraf yang baik akan memberikan bantuan pembaca serta penulis dalam membuat artikel yang baik serta memperbaikinya. Tanpa adanya sebuah keteraturan dalam menyampaikan ide atau gagasan dalam paragraf sebuah artikel atau karya tulis akan membuat tulisan yang anda buat tidak terasa dan akan membingungkan pembaca dan bahkan penulisnya untuk tetap mengembangkan artikelnya.

Deifinisi yang lainnya, Paragraf merupakan penyusun dari semua artikel atau karya tulis. Banyak pelajar yang menganggap bahwa pengertian paragraf mempunyai batasan dalam panjang kalimat yakni : paragraf merupakan kelompok kalimat yang sedikitnya terdiri atas lima kalimat dan bahkan ada yang mengartikan paragraf sebagai setengah dari halaman.

Dalam Lunsford dan Connor dijelaskan bahwa paragraf adalah sebagai kumpulan kalimat atau group of sentences atau satu kalimat yang membentuk sebuah unit. Panjang dan tampilan sebuah bagian dari karya tulis ilmiah bukanlah kriteria dari sebuah paragraf. Sebaagai contoh singkat, sebuah paragraf dalam gaya penulisan jurnalistik bisa terdiri atas satu kalimat yang cukup panjang (dari titik ke titik) . Oleh sebab itu, pengertian paragraf yaitu suatu kalimat atau grup kalimat atua kelompok kalimat atau gabungan kalimat yang menggagas satu ide pokok.

Fungsi Paragraf

Apa Saja Fungsi dari Paragraf ?

1. Berfungsi untuk mengekspresikan gagasan dalam bentuk tulisan dengan memberikan suatu bentuk pikiran dan perasaan dengan serangkaian kalimat yang tersusun secara logis dalam suatu kesatuan.

2. Berfungsi untuk menandai peralihan gagasan baru bagi karangan yang terdiri beberapa paragraf, ganti paragraf berarti ganti pikiran juga.

3. Berfungsi untuk memudahkan dalam pengorganisasiaan gagasan bagi yang menulis dan memberikan kemudahan pemahana bagi pembacanya

4. Berfungsi untuk memudahkan dalam pengembangan topik karangan ke dalam satuan unit pikiran yang lebih kecil.

5. Berfungsi untuk memudahkan dalam pengendalian variabel, terutama karangan yang terdiri dari beberapa variabel.

1.

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1-2.

Handphone merupakan alat komunikasi yang populer di semua kalangan. Handphone atau sering disingkat HP tidak lagi merupakan alat komunikasi yang hanya dimiliki oleh kalangan menengah atas. Kini hampir setiap rumah memiliki HP. Alat ini menjadi populer karena mudah untuk berkomunikasi. Selain itu harganya bervariatif dan relatif terjangkau. Tidak hanya di kota, kini orang-orang di desa pun sudah menggunakan HP untuk komukasi.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....


A. Hp tidak hanya digunakan di kota, tetapi juga di desa
B. Handphone merupakan alat komunikasi yang populer
C. Harga hp bervariatif dan relatif terjangkau untuk orang desa maupun kota
D. Hp tidak lagi merupakan alat komunikasi yang hanya dimiliki oleh kalangan menengah atas
E. Kegunaan banyak dari HP

JAWABAN BENAR

B.

Handphone merupakan alat komunikasi yang populer

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Ide pokok terdapat dalam kalimat utama. ide pokok menjdai topik utama, gagasan pokok yang dibicarakan, yaitu handphone merupakan alat komunikasi yang populer.

2.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....


A. Tidak hanya di kota, kini orang-orang di desa pun sudah menggunakan hp untuk komukasi
B. Handphone merupakan alat komunikasi yang populer di semua kalangan
C. Handphone mudah dibawa, harganya bervariatif, dan relatif terjangkau
D. Handphone merupakan alat komunikasi yang populer di desa
E. Handphone merupakan alat komunikasi yang populer di kota

JAWABAN BENAR

B.

Handphone merupakan alat komunikasi yang populer di semua kalangan

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok. Kalimat utama terdapat di awal atau di akhir paragraf. Dalam paragraf di atas kalimat utama ada di awal, yaitu handphone merupakan alat komunikasi yang populer di semua kalangan.

redesain-navbar Portlet