APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Narasi

MATERI

Jenis dan Tujuan Teks Narasi

Jenis Teks Narasi

1. Narasi Ekspositoris (Biografi)

Teks narasi Ekspositoris (Biografi) adalah salah satu jenis teks narasi tentang cerita, tokoh atau seseorang yang disampaikan secara informatif untuk dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Teks narasi ekspositoris (biografi) bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang cerita atau kisah dan tokoh tertentu berdasarkan kenyataan yang sebenarnya.

2. Narasi Artistik

Teks narasi artistik adalah salah satu teks narasi yang berisi tentang rekaan cerita yang bersifat imajinatif dengan menggunakan bahasa figuratif. Teks narasi artistik bertujuan untuk memberikan hiburan dan menyampaikan maksud tertentu kepada pembaca.

3. Narasi Sugesti atau Imajinatif

Teks narasi sugesti atau imajinatif adalah salah satu teks narasi yang menyeritakan tentang imajinasi atau khayalan penulis. Tujuan teks narasi sugesti atau imajinatif untuk memberikan sugesti kepada pembaca tentang cerita yang dituliskan. Jadi, jenis teks narasi ada tiga ya sobat pintar! Baca dengan teliti untuk menentukan jenis teks narasi ya sobat pintar!

1.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Teks narasi yang menceritakan tentang tokoh tertentu disebut...


A. Ekspositoris
B. Artistik
C. Imajinatif
D. Persuasif

JAWABAN BENAR

A.

Ekspositoris

PEMBAHASAN

Teks narasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu teks narasi ekspositoris, teks narasi imajinatif, dan teks narasi artistik. Teks narasi yang menceritakan tokoh tertentu disebut teks narasi ekspositoris atau biografi. Teks naratif ini menceritakan biografi tokoh berdasarkan kenyataan.

2.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Teks narasi yang menceritakan tentang imajinasi penulis disebut ...


A. Artistik
B. Ekspositoris
C. Imajinatif
D. Persuasif

JAWABAN BENAR

C.

Imajinatif

PEMBAHASAN

Teks narasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu: teks narasi ekspositoris, teks naratif imajinatif, dan teks narasi artistik. Teks narasi yang menceritakan khayalan penulis disebut teks narasi imajinatif atau sugesti yang bertujuan untuk menyugesti pembaca tentang cerita.

redesain-navbar Portlet