APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Prosedur Kompleks

MATERI

Unsur KebahasaanTeks Prosedur Kompleks

Apa saja ya Unsur KebahasaanTeks Prosedur Kompleks ?

Unsur KebahasaanTeks Prosedur Kompleks

Ciri kebahasaan yang ada pada teks prosedur adalah banyak terdapat konjungsi, adanya kalimat perintah, adanya kata kerja imperatif, verba material dan tingkah laku, dan juga partisipan manusia secara umum. Untuk lebih jelasnya lagi bisa lihat dibawah.

1. Konjungsi, terdapat banyak sekali konjungsi pada teks prosedur yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu, dan selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir sebagai konsekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.

2. Kata kerja imperatif (perintah), pada teks prosedur banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan.

3. Verba material dan tingkah laku, verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

4. Partisipan manusia, dalam segi partisipan manusia secara umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosdur kompleks yang kita sunting terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.

Sobat pintar kalau kurang paham bisa gunakan tombol diskusi.

Syarat dan Kriteria Teks Prosedur Kompleks

Iniloh Syarat dan Kriteria Teks Prosedur Kompleks

Syarat dan Kriteria Teks Prosedur Kompleks

Teks Laporan Prosedur pasti berbeda dengan teks-teks yang lain sehingga pasti memiliki syarat dan kriteria sendiri yaitu kata-kata atau kalimat sesuai dengan karakteristik teks prosedur, kejelasan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang diberikan agar dapat dimengerti pembaca, bahasa yang digunakan sesuai dengan sobat pintar; kepada siapa teks tersebut ditujukan, urutan instruksi yang sistematis.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Kalian juga bisa menggunakan menu diskusi jika teman teman masih kurang paham.

redesain-navbar Portlet