APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Fisika

Gelombang Bunyi

MATERI

Pengertian Bunyi


 

Bunyi adalah salah satu gelombang dalam fisika, yaitu gelombang longitudinal yang dapat dirasakan oleh indera pendengaran (telinga). Bunyi juga dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dihasilkan oleh benda yang bergetar. Setiap getaran yang terjadi akan menggetarkan molekul atau partikel udara di sekitarnya, hal inilah yang menimbulkan bunyi.


 

Benda yang menghasilkan bunyi disebut dengan sumber bunyi. Bunyi termasuk gelombang longitudinal, artinya bunyi membutuhkan media dalam perambatannya, nah media tersebut bisa berupa zat padat, zat cair atau gas, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

Bunyi memiliki cepat rambat yang tidak terlalu kuat, oleh karena itu bunyi membutuhkan waktu untuk berpindah dari satu tempat dari tempat lain. Contohnya adalah ketika ada petir, maka yang lebih dahulu kita sadari adalah cahaya dari petir tersebut, kemudian baru bunyinya terdengar, nah fenomena ini dikarenakan cepat rambat gelombang cahaya jauh lebih cepat dibandingkan cepat rambat gelombang bunyi.

Syarat dan Sifat Bunyi


 

1. Syarat Bunyi dapat Didengar

Agar suatu bunyi dapat didengar oleh manusia, maka harus memenuhi syarat-syarat berikut :

  • Ada benda yang bergetar (ada sumber bunyi)
  • Ada medium yang merambatkan bunyi (baik melalui zat padat, cair atau gas)
  • Pendengar berada dalam jangkauan sumber bunyi
  • Frekuensi bunyi termasuk ke dalam frekuensi yang dapat didengar oleh penerima bunyi

2. Sifat - sifat Bunyi

Adapun sifat -sifat bunyi sebagai berikut :

  • Dikategorikan sebagai gelombang, yaitu berupa hasil getaran yang merambat.
  • Membutuhkan medium dalam perambatannya (tidak dapat merambat dalam ruang hampa).
  • Cepat rambatnya dipengaruhi oleh medium perambatannya. Semakin padat / rapat mediumnya maka semakin cepat perambatan bunyi.
  • Dapat mengalami resonansi dan pemantulan.

Cepat Rambat Bunyi

 


 

Cepat rambat bunyi adalah kecepatan perambatan gelombang bunyi yang didapatkan dari hasil bagi jarak yang ditempuh dengan waktu tempuh bunyi tersebut. Ada dua hal utama yang mempengaruhi cepat rambat bunyi, yaitu :

  • Kerapatan partikel medium perambatannya. Semakin rapat susunan medium tersebut maka akan semakin cepat bunyi merambat. Artinya perambatan bunyi pada zat padat lebih cepat dibandingkan ada zat cair.
  • Suhu medium perambatannya, semakin tinggi suhu medium perambatannya maka akan semakin cepat bunyi merambat, demikian pula sebaliknya.

Rumus cepat rambat bunyi adalah sebagai berikut :

dengan :
v = cepat rambat bunyi (m/s)
s = jarak tempuh bunyi (m)
t = waktu tempuh bunyi (s)

atau jika yang diketahui frekuensi, panjang gelombang atau periodenya, maka dapat digunakan rumus berikut ini :



 

Nah pada rumus sebelumnya terdapat dua besaran fisika yang berhubungan dengan cepat rambat bunyi, yaitu jarak tempuh dan waktu tempuh. Berikutnya akan ada penjelasan lebih lanjut tentang besaran-besaran tersebut

1.

Sebuah gelombang menjalar pada air. Dalam waktu 2 s, gelombang dapat menempuh jarak 10 m. Pada jarak tersebut terdapat 4 gelombang. Tentukan frekuensi gelombang!


A. 2 Hz
B. 4 Hz
C. 6 Hz
D. 8 Hz
E. 9 Hz

JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

N = 4 gelombang

t = 2 s

Sehingga untuk menentukan frekuensi :

f = N/t
f = 4/2
f = 2 Hz

2.

Sebuah gelombang menjalar pada air. Gelombang dapat menempuh jarak 12 m dalam waktu 3 s. Pada jarak tersebut terdapat 6 gelombang. Tentukan periode gelombang!


A. 0,5 s
B. 1 s
C. 1,5 s
D. 2,0 s
E. 2,5 s

JAWABAN BENAR

A.

0,5 s

PEMBAHASAN

t = 3 s

N = 6 gelombang

maka untuk menentukan periode :

T = 3/6 = 1/2 =0,5 s

3.

Sebuah gelombang menjalar pada air. Dalam waktu 4 s gelombang dapat menempuh jarak 20 m. Pada jarak tersebut terdapat 4 gelombang. Tentukan panjang gelombang !


A. 2,5 m
B. 5,0 m
C. 7,5 m
D. 9.0 m
E. 12,5 m

JAWABAN BENAR

B.

5,0 m

PEMBAHASAN

s   = 20 m
N  = 4 gelombang
t   = 4 s

Panjang gelombang memenuhi :
S/N = 20/4 = 5 m

4.

Sebuah gelombang menjalar pada air. Dalam waktu 2 s gelombang dapat menempuh jarak 10 m. Pada jarak tersebut terdapat 4 gelombang. Tentukan cepat rambat gelombang!


A. 5 m/s
B. 8 m/s
C. 10 m/s
D. 12 m/s
E. 15 m/s

JAWABAN BENAR

A.

5 m/s

PEMBAHASAN

5.

Gelombang bunyi pada alat ultrasonografi yang digunakan dalam bidang kesehatan, misalnya pada proses pemeriksaan organ tubuh manusia menerapkan konsep fisika, yaitu …


A. difraksi
B. refraksi
C. interferensi
D. polarisasi
E. refleksi

JAWABAN BENAR

E.

refleksi

PEMBAHASAN

Alat ultrasonografi merupakan sebuah alat yang menggunakan gelombang ultrasonik dalam sistemnya. Dan sistem dalam gelombang ini dimanfaatkan untuk memeriksa organ tubuh manusia dengan cara memantulkan (refleksi).

redesain-navbar Portlet