APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan

MATERI

Sensus Penduduk

Sensus Penduduk

Menurut pelaksanaannya ada 2 macam sensus, yaitu sensus de jure dan sensus de facto.

Sensus de jure, yaitu pencacahan yang hanya dikenakan kepada setiap orang, yang benar-benar berdiam atau bertempat tinggal di daerah negara yang bersangkutan.

Sensus de facto, yaitu pencacahan yang dikenakan kepada setiap orang, yang pada waktu diadakan sensus berada di dalam negara yang bersangkutan.

Di Indonesia, sensus telah diadakan pada tahun 1930, 1961, 1971, 1980, 1990, dan 2000. Pada tahun 1940 dan 1950 karena pada waktu itu dalam keadaan Perang Dunia II dan Perang Kemerdekaan, sensus tidak dapat diselenggarakan.

Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun, yaitu sebagai berikut.

Adapun berdasarkan urutannya di dunia, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat terbesar.

Untuk lebih jelasnya, amatilah tabel berikut. Dari data di atas terlihat bahwa penduduk Indonesia menempati urutan keempat terbesar di dunia. Tiga negara pada tabel di atas adalah negara di Benua Asia. Indonesia berada pada posisi ketiga di Asia jumlah penduduknya, sedangkan di Asia Tenggara, jumlah penduduk Indonesia terbesar pertama.

Susunan Penduduk

 Susunan Penduduk

Penduduk pada suatu wilayah/negara dapat digolongkan atau disusun menurut umur jenis kelamin, mata pencaharian, pendapatan, kebangsaan, agama, pendidikan, tempat tinggal (provinsi atau pulau), dan sebagainya. Susunan penduduk disebut juga komposisi penduduk.

Susunan penduduk ini penting sekali diketahui karena berbagai susunan ini beserta perubahan-perubahannya dari satu tahun ke tahun, dapat ditarik kesimpulan yang dapat menjadi dasar daripada berbagai kebijakan dan program-program pemerintah, misalnya menyusun susunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin.

Piramida Penduduk/Piramida Umur

Cara menyusun piramida penduduk sebagai berikut.

  1. Penduduk dibagi menurut jenis kelamin (dari hasil sensus), golongan pria (laki-laki) ada di sebelah kiri garis umur, golongan wanita (perempuan) ada di sebelah kanan.
  2. Tiap-tiap golongan (L dan P) dibagi menurut umur, misalnya dengan periode 5 tahunan (dalam contoh tersebut periode 4 tahunan), diwujudkan pada garis tegak lurus.

Berikut ini contoh piramida penduduk 

Macam-macam Piramida Penduduk

Piramida Penduduk Muda (Ekspansif)

Grafik ini menggambarkan penduduk yang tumbuh. Jadi, jumlah pertumbuhannya masih terus meningkat, jumlah kelahiran lebih besar dari jumlah kematian. Piramida penduduk stasioner ini biasanya terdapat di negara-negara berkembang. Seperti : Argentina, Brazil, Bangladesh, India, Indonesia, Malaysia.

Piramida Penduduk Seimbang (Stasioner)

Grafik ini menunjukkan penduduk yang tidak berubah-ubah, jumlah kelahiran dan kematian dalam keadaan seimbang. Bentuk ini menggambarkan penurunan angka kelahiran lebih pesat daripada angka kematian. Piramida penduduk ini biasanya terdapat di negara-negara maju yang memiliki tingkat harapan hidup tinggi. Seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

Bila hal ini terjadi terus-menerus, akan menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk daerah/ negara yang bersangkutan.

Piramida Penduduk Tua (Konstruktif)

Piramida Penduduk dan Angka Ketergantungan Piramida penduduk dapat kita lihat bahwa bagian bawah merupakan kelompok umur muda. Kelompok ini merupakan kelompok yang belum ekonomis produktif, artinya masih menjadi tanggungan kelompok umur dewasa yang ekonomis produktif. Biasanya terdapat di negara-negara maju seperti : Denmark, Jepang, Norwegia, Swedia, dan Swis.

Bagian atas dari piramida merupakan kelompok umur tua, yang sudah tidak ekonomis produktif. Kelompok ini juga menjadi tanggungan kelompok umur dewasa yang ekonomis produktif.

Rasio ketergantungan (depedency ratio) atau angka beban ketergantungan adalah suatu angka yang menunjukkan besar beban tanggungan kelompok usia produktif atas penduduk usia nonproduktif.

Untuk mengetahui berapa besar angka ketergantungan, secara umum digunakan rumus sebagai berikut

Semakin besar rasio ketergantungan berarti semakin besar beban tanggungan bagi kelompok usia produktif. Tinggi rendahnya angka ketergantungan dapat dibedakan tiga golongan, yaitu angka ketergantungan rendah bila kurang dari 30, angka ketergantungan sedang bila 30 - 40, dan angka ketergantungan tinggi bila lebih dari 41.

1.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Kajian geografi meliputi dua aspek yaitu aspek fisik dan aspek sosial, yang disebut fenomena geosfer. Fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik adalah …


A. Litosfer, demografi dan barisfer
B. Hidrosfer, biosfer dan antroposfer
C. Atmosfer, hidrosfer dan litosfer
D. Biosfer, listhosfer dan antroposfer
E. Hidrosfer, mesosfer dan antroposfer

JAWABAN BENAR

C.

Atmosfer, hidrosfer dan litosfer

PEMBAHASAN

Dari 5 fenomena geosfer yang telah dijelaskan pada soal No.1 di atas, atmosfer, litosfer, dan hidrosfer termasuk ke dalam aspek fisik. Sedangkan biosfer dan antroposfer termasuk ke dalam aspek sosial.

2.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Ciri-ciri piramida penduduk stasioner adalh tingkat...


A. kelahiran tinggi dan kematian rendah
B. kelahiran tinggi dan migrasi rendah
C. kelahiran dan kematian sama-sama rendah
D. kelahiran rendah dan kematian tinggi
E. kematian rendah dan migrasi tinggi

JAWABAN BENAR

C.

kelahiran dan kematian sama-sama rendah

PEMBAHASAN

Pada piramida stasioner tingkat kelahiran dan kematian seimbang atau tetap (stationer). Biasanya terdapat di negara maju seperti: Singapura, Jepang. Ciri-ciri : Penduduk pada tiap kelompok umur hampir sama, tingkat kelahiran rendah, tingkat kematian rendah dan pertumbuhan penduduk mendekati nol atau lambat.

3.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Negara India pada umumnya mempunyai bentuk piramida jenis .…


A. Konstruktif
B. Stasioner
C. Ekspansif
D. Sistematik
E. Gradual

JAWABAN BENAR

C.

Ekspansif

PEMBAHASAN

India merupakan salah satu negara berkembang dengan tingkat kelahiran tinggi, sehingga bentuk piramidanya yaitu ekspansif/ kerucut yang menunjukkan jumlah kelahiran lebih tinggi dari kematian.

4.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Manfaat utama yang diperoleh dari sebuah susunan penduduk menurut umur adalah ….


A. mengetahui tingkat daya beli masyarakat
B. mengetahui besar kecilnya angka ketergantungan
C. mengetahui penyebaran penduduk disuatu wilayah tertentu
D. mengetahui sejarah perkembangan penduduk di masa lalu
E. mengetahui tingkat pendidikan penduduk di daerah tertentu

JAWABAN BENAR

B.

mengetahui besar kecilnya angka ketergantungan

PEMBAHASAN

Manfaat utama yang diperoleh dari sebuah susunan penduduk menurut umur adalah mengetahui angka ketergantungan atau dependency ratio.

5.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Faktor yang tidak dicatat dalam registrasi penduduk adalah .…


A. kelahiran
B. kematian
C. pengangguran
D. migrasi
E. perceraian

JAWABAN BENAR

C.

pengangguran

PEMBAHASAN

Yang dicatat dalam registrasi penduduk di antaranya:

  • Kelahiran
  • Kematian
  • Pernikahan
  • Perceraian
  • Migrasi

6.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Benua Amerika Selatan adalah…


A. Argentina
B. Bolivia
C. Brazil
D. Peru
E. Uruguay

JAWABAN BENAR

C.

Brazil

PEMBAHASAN

Negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Benua Amerika Selatan adalah Brazil yaitu sekitar 184, 2 juta penduduk. Brazil juga menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-5 di dunia setelah Indonesia, AS, India, dan Cina. 

7.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Metode perhitungan penduduk yang hanya dilakukan pada penduduk yang benar-benar bertempat tinggal dalam suatu wilayah adalah…


A. sensus de facto
B. sensus de jure
C. registrasi penduduk
D. survei penduduk
E. pencacahan penduduk

JAWABAN BENAR

B.

sensus de jure

PEMBAHASAN

Sensus de jure merupakan perhitungan penduduk yang hanya dikenakan kepada setiap orang, yang benar-benar berdiam atau bertempat tinggal di daerah negara yang bersangkutan.
 

redesain-navbar Portlet