APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

MATERI

Pendahuluan

Apakah Partikel Terkecil Penyusun Makhluk Hidup ?

Tahukah Sobat Pintar bahwa tubuh makhluk hidup tersusun dari milyaran atom-atom?

Atom-atom berikatan satu sama lain membentuk senyawa yang tersusun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu bentuk tertentu. Misalnya rambut kita yang tersusun dari molekul-molekul yang mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), nitrogen (N), dan sulfur (S), serta tulang kita antara lain mengandung unsur kalsium (Ca), fosfor (P), dan oksigen (O).

Selain pada makhluk hidup, benda mati seperti kayu, plastik, air, udara, kain pakaian, dan benda-benda yang lain merupakan zat kimia yang tersusun atas molekul-molekul tertentu. Dalam senyawa, molekul-molekul tertata sedemikian rupa sehingga memberikan sifat-sifat tertentu.

Misalnya plastik bersifat lentur karena molekul-molekul penyusunnya mempunyai rantai panjang, sedangkan arang mudah patah karena susunan antar atom-atom penyusunnya banyak terdapat ruang-ruang kosong. Tubuh kita dan tubuh makhluk hidup yang lainnya juga tersusun atas berbagai molekul kimia. Molekul ukurannya sangat kecil sehingga tidak dapat diamati dengan mata telanjang dan bahkan tidak dapat diamati dengan mikroskop biasa.

Bagaimana Sobat PIntar dapat mengetahui bahwa materi yang ada di sekitarmu mengandung zat yang berbeda? Yuk lanjut ke bab selanjutnya!

Partikel Sub Atom

Tahukah Sobat Pintar, walaupun atom merupakan unit terkecil penyusun molekul, materi yang sudah sangat kecil ini ternyata tersusun dari bagian yang lebih kecil lagi yang disebut partikel sub atom.

Bagaimana kita tahu bahwa atom tersusun atas partikel-partikel sub atom? Amati warna lampu-lampu neon pada di bawah.

Masing-masing lampu tersebut berisi gas mulia berturut-turut helium (He), neon (Ne), argon (Ar), kripton (Kr), dan xenon (Xe).

Atom tersusun atas partikel-partikel penyusun atom atau partikel sub atom yaitu neutron (n), proton (p), dan elektron (e).

Neutron dan proton membentuk inti atom.

Elektron menempati kulit-kulit atom yang ada di sekitar inti. Elektron-elektron tersebut mengelilingi inti dengan kecepatan tinggi membentuk awan elektron. Elektron dan proton merupakan partikel sub atom yang mempunyai muatan berlawanan, sedangkan neutron tidak bermuatan. Elektron memiliki muatan negatif sedangkan proton memiliki muatan positif.

Pada atom netral, jumlah proton dan jumlah elektron sama banyaknya. Masing-masing partikel penyusun sub atom tersebut mempunyai massa. Elektron mempunyai massa sangat kecil dibandingkan dengan massa proton dan neutron. Oleh sebab itu massa atom akan terpusat pada inti atom saja. Para ilmuwan telah mempelajari atom sejak ratusan tahun lalu.

Para ilmuwan tersebut mengemukakan teori-teori tentang atom. Teori yang satu akan runtuh atau ditolak ketika ada data atau fakta baru yang ditemukan tentang atom sehingga melahirkan teori atom yang baru.

Teori Atom

Sobat Pintar, coba cermati dan pahami beberapa teori atom beberapa peniliti berikut.

John Dalton

Atom sebagai bola pejal dan merupakan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Setiap unsur terdiri atas atom-atom yang identik satu sama lain. Atom-atom dari unsur berbeda mempunyai atom berbeda. Atom-atom dapat bergabung dengan perbandingan tertentu membentuk senyawa.

Joseph John Thomson

Atom merupakan bola bermuatan positif dan di tempat-tempat tertentu terdapat elektron-elektron yang bermuatan negatif seperti kismis dalam roti.

Ernest Rutherford

Atom sebagai bola yang di tengahtengahnya terdapat inti atom yang merupakan pusat muatan positif dan pusat massa. Sedangkan elektron-elektron berputar mengelilingi inti.

Niels Bohr

Atom terdiri terdiri atas inti yang menjadi pusat massa atom dan pusat muatan positif. Sedangkan elektron bergerak disekeliling inti pada lintasan tertentu (orbit) yang disebut kulit-kulit atom. Selama elektron mengelilingi inti, electron tidak memancarkan energi.

Modern (Mekanika Gelombang)

Atom tersusun atas partikel sub atom yaitu neutron (n), proton (p), dan elektron (e). Neutron dan proton menjadi satu membentuk inti yang padat disebut nucleus atau inti atom. Elektron bergerak disekeliling inti hampir dalam kecepatan cahaya membentuk awan elektron.

Nomor Atom dan Nomor Massa

Masih ingatkah kamu dengan materi tentang unsur?

Unsur merupakan zat tunggal (murni) yang tidak dapat diubah lagi menjadi bahan lain dengan reaksi kimiawi, seperti emas, besi, perak, oksigen, dan masih banyak yang lain. Saat ini ada sekitar 105 unsur yang ditemukan di alam (lihat sistem periodik unsur pada lampiran). Masing-masing unsur tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Pada penulisan lambang unsur, nomor atom ditulis subscrip (turun) di kiri lambang unsur, sedangkan nomor massa ditulis superscrip (naik) di kiri atas lambang unsur, sebagaimana berikut.

Sebagai contoh, penulisan lambang unsur litium (Li) yang mempunyai nomor atom 3 dan nomor massa 7 adalah 3Li7.

Coba Sobat Pintar kerjangan latihan soal untuk menguji pemahaman kalian.

1.

Jika jumlah proton lebih banyak dari jumlah elektron maka pada atom tersebut bermuatan....


A. Positif
B. Negatif
C. Netral
D. Tidak ada

JAWABAN BENAR

A.

Positif

PEMBAHASAN

Proton bermuatan positif, sedangkan elektron bermuatan negatif. Jika jumlah proton melebihi jumlah elektron maka atom tersebut bermuatan positif.

2.

Diketahui nomor atom dan massa klorin adalah 17 dan 27. Jumlah proton dan elektron dalam ion klorida Cl adalah....


A. 17 dan 17
B. 17 dan 18
C. 17 dan 20
D. 17 dan 16

JAWABAN BENAR

B.

17 dan 18

PEMBAHASAN

Jumlah proton = 17

jumlah elektron = 18

jumlah neutron = 37 - 17 = 20

redesain-navbar Portlet