APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Sistem Pernapasan Manusia

MATERI

Organ Pernapasan Manusia

Sobat pintar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja organ yang menyusun sistem pernapasan manusia? Sistem pernapasan manusia tersusun atas hidung, faring (tekak), laring (ruang suara), trakea (tenggorokan), bronkus, dan paru-paru. Gambar di bawah menunjukkan susunan organ-organ dalam sistem pernapasan. Organ penyusun sistem pernapasan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan struktur maupun fungsinya.

Secara struktural, sistem pernapasan tersusun atas dua bagian utama.

  1. Sistem pernapasan bagian atas, meliputi hidung dan faring.
  2. Sistem pernapasan bagian bawah, meliputi laring, trakea, bronkus, dan paru-paru.

Secara fungsional, sistem pernapasan tersusun atas dua bagian utama.

Zona penghubung, tersusun atas serangkaian rongga dan saluran yang saling terhubung baik di luar maupun di dalam paru-paru. Bagian penghubung, meliputi hidung, faring, laring, trakea, bronkus, dan bronkiolus. Fungsi dari bagian penghubung yaitu menyaring, menghangatkan, dan melembapkan udara serta menyalurkan udara menuju paru-paru.

Zona respirasi, tersusun atas jaringan dalam paru-paru yang berperan dalam pertukaran gas yaitu alveolus.

 

Hidung, Faring, dan Trakea

Kita lanjut ke topik berikutnya ...

Hidung
Hidung merupakan organ pernapasan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Hidung dilengkapi dengan rambut-rambut hidung, selaput lendir, dan konka. Rambut-rambut hidung berfungsi untuk menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara.

Selaput lendir sebagai perangkap benda asing yang masuk terhirup saat bernapas, misalnya debu, virus, dan bakteri. Konka mempunyai banyak kapiler darah yang berfungsi menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh atau menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.

 

Faring
Faring merupakan organ pernapasan yang terletak di belakang (posterior) rongga hidung hingga rongga mulut dan di atas laring (superior). Dinding faring, tersusun atas otot rangka yang dilapisi oleh membran mukosa. Kontraksi dari otot rangka tersebut membantu dalam proses menelan makanan.

Faring berfungsi sebagai jalur masuk udara dan makanan, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil yang berpartisipasi pada reaksi kekebalan tubuh dalam melawan benda asing.

 

Trakea
Udara yang telah masuk ke laring selanjutnya masuk ke trakea (batang tenggorokan). Trakea adalah saluran yang menghubungkan laring dengan bronkus. Trakea memiliki panjang sekitar 10-12 cm dengan lebar 2 cm. Dindingnya tersusun dari cincin-cincin tulang rawan dan selaput lendir yang terdiri atas jaringan epitelium bersilia. Fungsi silia pada dinding trakea untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan.

Paru-Paru

Sobat pintar, mari kita lanjut ke topik berikutnya...

Paru-paru merupakan alat pernapasan utama. Paru-paru terbagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) yang terdiri atas 3 lobus dan paru-paru kiri (pulmo sinister) yang terdiri atas 2 lobus. Paru-paru dibungkus oleh selaput rangkap dua yang disebut pleura. Pleura berupa kantung tertutup yang berisi cairan limfa. Pleura berfungsi melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis. Di dalam paru-paru terdapat bagian yang berperan dalam pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida yaitu alveolus.

 

Bronkus
Pada bagian paling dasar dari trakea, trakea bercabang menjadi dua. Percabangan trakea tersebut disebut dengan bronkus, masingmasing bronkus memasuki paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Struktur bronkus hampir sama dengan trakea, tetapi lebih sempit. Bentuk tulang rawan bronkus tidak teratur, tetapi berselang-seling dengan otot polos.

 

Bronkiolus
Di dalam paru-paru bronkus bercabang-cabang lagi. Bronkiolus merupakan cabang-cabang kecil dari bronkus. Pada ujung-ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung yang sangat kecil dan berdinding tipis yang disebut alveolus (jamak = alveoli).

 

Alveolus
Dinding alveolus tersusun atas satu lapis jaringan epitel pipih. Struktur yang demikian memudahkan molekulmolekul gas melaluinya. Dinding alveolus berbatasan dengan pembuluh kapiler darah, sehingga gas-gas dalam alveolus dapat dengan mudah mengalami pertukaran dengan gas-gas yang ada di dalam darah. Adanya gelembung-gelembung alveolus memungkinkan pertambahan luas permukaan untuk proses pertukaran gas. Luas permukaan alveolus 100 kali luas permukaan tubuh manusia. Besarnya luas permukaan seluruh alveolus dalam paru-paru menyebabkan penyerapan oksigen lebih efisien.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Suatu katup akan menutup saluran pernapasan ketika kita menelan makanan sehingga makanan akan masuk ke saluran pencernaan disebut….


A. Glottis
B. Epiglotis
C. Faring
D. Lobus Olfaktorius

JAWABAN BENAR

B.

Epiglotis

PEMBAHASAN

Pada jawaban (a) Glotis merupakan saluran pernapasan, (c) sel goblet adalah penghasil lender yang berfungsi menyaring debu, (d) Lobus Olfaktorius merupakan bagian atap atau rongga hidung yang menghasilkan sel-sel pembau, (e) faring merupakan percabangan antara saluran pencernaan dan pernapasan.

 

2.

Jawablah soal berikut ini!

Dalam sistem pernapasan, pertukran udara bersih dan kotor (O2 dan CO2) terjadi di....


A. Hidung
B. Bronkus
C. Trakea
D. Alveolus

JAWABAN BENAR

D.

Alveolus

PEMBAHASAN

Pertukaran udara bersih dan kotor terjadi di dalam paru-paru tepatnya di dalam alveolus yang terjadi secara difusi. Di dalam paru-paru manusia terdapat sekitar 300 juta alveolus yang mengandung kapiler darah. Kapiler-kapiler ini membawa darah bersih dan darah kotor untuk di difusikan dalam alveolus. Meskipun terjadi di paru-paru,proses tersebut terjadi pada bagian di dalam paru-paru bernama alveolus.

3.

Jawablah soal berikut ini!

Organ utama dalam sistem pernapasan manusia adalah...


A. Paru-paru
B. Jantung
C. Hati
D. Lambung

JAWABAN BENAR

A.

Paru-paru

PEMBAHASAN

Paru-paru merupakan organ utama dalam sistem pernapasan manusia yang berperan dalam pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Proses pernapasan yang terjadi pada paru-paru disebut...


A. Inhale
B. Exhale
C. Diffusi
D. Circulation

JAWABAN BENAR

C.

Diffusi

PEMBAHASAN

Proses pernapasan yang terjadi pada paru-paru adalah diffusi, di mana oksigen dari udara dihirup masuk ke dalam darah dan karbon dioksida yang dihasilkan oleh tubuh dieliminasi ke udara.

5.

Jawablah soal berikut ini!

Alat pernapasan yang berperan sebagai jalur udara utama dan menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru adalah...


A. Laring
B. Trakea
C. Bronkus
D. Faring

JAWABAN BENAR

B.

Trakea

PEMBAHASAN

Trakea atau saluran napas adalah alat pernapasan yang berperan sebagai jalur udara utama dan menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru.

redesain-navbar Portlet