APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Matematika

Trigonometri

MATERI

Ukuran Sudut

 

Sebelum Sobatpintar memahami hubungan derajat dengan radian, mari pelajari teori mengenai radian berikut.

Satu radian diartikan sebagai besar ukuran sudut pusat  yang panjang busurnya sama dengan jari-jari

 

Jika  maka 

Jika panjang busur tidak sama dengan r, maka cara menentukan besar sudut tersebut dalam satuan radian dapat dihitung menggunakan perbandingan:

Lebih lanjut, dapat dikatakan bahwa hubungan satuan derajat dengan satuan radian, adalah 1 putaran sama dengan  Oleh karena itu, berlaku

seinggadapat disimpulkan :

bagaimana sobat pintar,udah sekali bukan?
 

Sudut Istimewa

coba sobat pintar perhatikan tabel sudut istimewa berikut

 

Dalam kajian geometris, sudut didefinisikan sebagai hasil rotasi dari sisi awal (initial side) ke sisi akhir (terminal side). Selain itu, arah putaran memiliki makna dalam sudut. Suatu sudut bertanda “positif” jika arah putarannya berlawanan dengan arah putaran jarum jam, dan bertanda “negatif” jika arah putarannya searah dengan arah putaran jarum jam. Arah putaran sudut juga dapat diperhatikan pada posisi sisi akhir terhadap sisi awal. Untuk memudahkannya, mari kita cermati deskripsi berikut ini.

 

Dalam koordinat kartesius, jika sisi awal berimpit dengan sumbu dan sisi terminal terletak pada salah satu kuadran pada koordinat kartesius, disebut sudut standar (baku). Jika sisi akhir berada pada salah satu sumbu pada koordinat tersebut, sudut yang seperti ini disebut pembatas kuadran, yaitu 

 

Sebagai catatan bahwa untuk menyatakan suatu sudut, lazimnya menggunakan huruf-huruf Yunani, seperti,  juga menggunakan huruf-huruf kapital, seperti A, B, C, dan D. Selain itu, jika sudut yang dihasilkan sebesar  maka sudut  disebut sudut koterminal, seperti yang dideskripsikan pada gambar di bawah ini.


 

redesain-navbar Portlet