redesain-navbar Portlet

null

Blog

10 Jurusan Saintek Baru pada SBMPTN 2020

Jurusan-jurusan yang baru dibuka boleh jadi memberikan peluang lolos seleksi masuk PTN yang lebih baik.

Jurusan Saintek Baru, image via poverty.ucdavis.edu

Peluang seorang pioneer atau pelopor cukup sulit ditebak. Limapuluh persen kemungkinan jalanmu mudah karena belum banyak rival disitu. Sedangkan limapuluh persen sisanya, jalan baru yang ditempuh justru lebih sulit karena semua orang berpikir persis seperti kalimat sebelumnya.

Bagaimana dengan jurusan kuliah? Sejauh ini ada 32 jurusan Saintek baru yang akan muncul pada SBMPTN 2020. Tapi sebelum terlalu jauh, mari lihat dulu 10 jurusan Saintek yang baru dibuka tahun ini.

 

1. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

Seleksi masuk ITB memang unik, beda dari yang lain. Calon mahasiswa ITB bukan memilih jurusan, melainkan fakultasnya. Dan pada tahun 2020 ini, ITB membuka fakultas baru – tepatnya kampus baru untuk fakultas ini.

Fakultas yang dimaksud adalah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB). Fakultas ini memang sudah ada di kampus Ganesa, tapi ITB membuka kampus baru di Cirebon khusus untuk FITB. Di Kampus Cirebon ini, daya tampung SBMPTN 2020 sebanyak 14 kursi.

 

2. Keperawatan

Jurusan baru untuk Prodi Keperawatan dibuka di UPI (Kampus Sumedang) dan Universitas Borneo Tarakan. Daya tampung SBMPTN untuk Keperawatan UPI sebanyak 45 kursi, sedangkan di Universitas Borneo sebanyak 32 kursi.

 

3. Teknik Biomedis

Sobat Pintar yang ingin kuliah dijurusan Teknik Biomedis, pilihanmu pada SBMPTN 2020 bertambah di UGM. Jurusan ini masih terbilang langka, beberapa diantaranya yang sudah ada saat ini berada di ITS, ITB, UI, dan Unair. Sekarang bertambah lagi UGM yang membuka Jurusan Teknik Biomedis, dengan daya tampung SBMPTN-nya sebanyak 14 kursi.

 

4. Kehutanan

Universitas Brawijaya membuka jurusan baru pada SBMPTN tahun ini. Jurusan baru tersebut adalah Kehutanan, dengan daya tampung SBMPTN sebanyak 36 kursi.

 

5. Aktuaria

Pada SBMPTN 2020, jurusan baru di UB bukan hanya Kehutanan, tapi juga Aktuaria. Daya tampung jurusan yang semakin populer ini sebanyak 36 kursi. Aktuaria baru juga ada di Universitas Hasanuddin, dengan daya tampung SBMPTN sebanyak 36 kursi.

 

6. Teknik Industri

Walaupun jurusan ini cukup banyak dijumpai di berbagai kampus, Unair baru membuka Teknik Industri pada tahun 2020. Daya tampung SBMPTN Teknik Industri Unair sebanyak 30 kursi. Universitas Udayana turut membuka Teknik Industri, dengan daya tampung sebanyak 24 kursi.

 

7. Teknik Elektro

Sama halnya dengan Teknik Industri, Teknik Elektro merupakan jurusan teknik baru di Unair. Daya tampungnya pada SBMPTN 2020 pun sama, yaitu 30 kursi.

 

8. Rekayasa Nanoteknologi

Tak hanya baru di Unair, Rekayasa Nanoteknologi juga masih baru di Indonesia. Ingin menjadi pelopor dibidang rekayasa nano, Sobat? Jurusan ini membuka daya tampung sebanyak 30 kursi pada SBMPTN 2020.

 

9. Teknologi Sains Data

Again, Teknologi Sains Data merupakan jurusan baru di Fakultas Teknik Unair tahun ini. Sains Data yang sebelumnya hanya dapat dipelajari dijenjang Magister, sekarang sudah dapat dipelajari sejak jenjang Sarjana di Unair. Peminat jurusan ini masih terbilang sedikit, Sobat. Dan berapa daya tampungnya pada SBMPTN 2020? Ada 30 kursi untukmu!

 

10. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Satu lagi jurusan baru di Teknik Unair: Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Dengan daya tampung sebanyak 30 kursi, SBMPTN-mu tahun ini sepertinya akan cukup menantang. Salah satu sebabnya? Banyak pilihan jurusan yang menarik!

 

So, have you made up your mind? Mengadu untung pada jurusan baru, atau berkompetisi dengan peserta SBMPTN lain di jurusan populer yang sudah ada?

40

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp