redesain-navbar Portlet

null

Blog

10 Jurusan Tersulit: Tak Hanya Masuknya, Tapi Juga Lulusnya!

Beberapa jurusan tertentu harus diperjuangkan dengan lebih dari sepenuh usaha.

Jurusan Tersulit, photo by Aaron Burden on unsplash

Tau nggak Sobat, kalau ternyata ada lho, beberapa jurusan paling sulit ditembus pada saat seleksi masuk PTN? Baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri, jurusan-jurusan ini terhitung lebih kecil peluang lolosnya. Udah gitu, lulus dan wisudanya juga nggak gampang.

Kenapa kita perlu tahu tentang jurusan kuliah tersulit? Bukan untuk nakut-nakutin, tapi agar kita punya persiapan yang lebih matang untuk berjuang masuk, kuliah, dan kelak lulus Dengan Pujian. So, apa saja 10 jurusan kuliah tersulit itu?

 

1. Pendidikan Dokter/ Kedokteran

Mau bukti kalau Pendidikan Dokter adalah salah satu jurusan kuliah paling sulit? Pada SBMPTN 2020, Kedokteran UGM menghasilkan skor UTBK tertinggi se-Indonesia, Sobat! Definitely bukan jurusan yang mudah ditembus di SBMPTN. Lagipula, kuliah di Jurusan Kedokteran, di manapun kampusnya, terkenal nggak mudah.

Disebut sebagai jurusan paling sulit karena di jurusan ini kita belajar tentang biokimia, fisiologi, anatomi, farmakologi, patologi, hingga psikiatri. Mahasiswa Kedokteran belajar tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit pada tubuh manusia. Selain diagnosis medis, ada aspek sosial, budaya, hingga psikis yang terlibat dalam pengobatan.

 

2. Teknik Informatika

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB masuk dalam 10 besar rerata skor UTBK 2020 terbaik. Well, masuk STEI ITB memang butuh kerja keras, tapi bukan berarti Teknik Informatika di kampus lain tidak menjadi jurusan kuliah tersulit untuk diperjuangkan – dan kemudian dilakoni.

Ya, Informatika merupakan salah satu jurusan teknik tersulit untuk dijalani. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang analisis matematis dan ilmu komputer untuk men-design, develop, test, hingga mengevaluasi software, operation system, dan kerja komputer. Bukan hal yang mudah memang untuk memastikan kelancaran kerja suatu sistem operasi.

 

3. Teknik Sipil

Siapa bilang jurusan teknik tersulit itu hanya Teknik Informatika? Masih ada Teknik Sipil, Sobat. Mahasiswa jurusan ini harus belajar banyak hal karena begitu luasnya ruang lingkup keilmuan Teknik Sipil. Di sini ada Matematika, Biologi, Fisika, ilmu tentang lingkungan, Geologi, hingga komputer.

Mahasiswa Teknik Sipil belajar untuk merancang, membangun, maupun merenovasi infrastruktur dan gedung yang sesuai dengan pergerakan dan kebutuhan manusia tanpa mengabaikan keadaan lingkungan. On top of it, peminatnya secara umum cukup tinggi sehingga Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan kuliah paling sulit dimasuki.

 

4. Arsitektur

Sama-sama menjadi jurusan kuliah paling sulit, Arsitektur terkadang dianggap sebagai "kembarannya" Teknik Sipil. Namun bukan hanya faktor kekuatan dan fungsi bangunan yang diperhitungkan dalam bidang Arsitektur. Melainkan, keindahan suatu desain menjadi faktor penting yang tak boleh ketinggalan.

Selain tentang desain konstruksi bangunan, mahasiswa Arsitektur juga belajar bagaimana agar gagasan, konsep, dan desain yang dimilikinya tertuang ke atas kertas. Is it difficult or challenging? It depends on your view, Sobat. Yang pasti, Arsitektur UI dan UGM menjadi jurusan paling sulit ditembus pada SBMTPN 2020 karena keketatannya yang tinggi.

 

5. Teknik Elektro

Walaupun persaingan masuknya tak seketat jurusan-jurusan teknik yang lain, kuliah di Jurusan Teknik Elektro tak bisa dibilang mudah. Sebagai salah satu bidang ilmu teknik yang tertua, Teknik Elektro dikenal sebagai induknya Ilmu Teknik. Jadi jangan heran kalau jurusan ini termasuk ke dalam 10 jurusan kuliah tersulit untuk dituntaskan.

Perjuangan mahasiswa Teknik Elektro tak hanya harus bergumul dengan mata kuliah yang penuh dengan hitung-hitungan rumit. Tapi menjadi mahasiswa jurusan ini artinya harus mau praktikum yang langsung mengotak-atik rangkaian listrik. Meskipun menjadi jurusan kuliah tersulit untuk dilakoni, prospek lulusannya bagus banget, Sobat!

 

6. Statistika

Ilmu Statistika berkaitan dengan pengumpulan dan perhitungan data. Does it sound simple, Sobat? Well, it's not quite so. Bilangan yang dianalisis dalam Statistika berupa kuantitas yang besar. Akan tetapi, bukan hanya kuantitas data yang besar yang membuat Statistika sebagai salah satu jurusan paling sulit, Sobat.

More specifically, Statistika menjadi bagian dari 10 jurusan kuliah tersulit karena di jurusan ini kita belajar tentang merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan membuat interpretasi data agar nantinya dapat digunakan dalam membuat perencanaan. Ilmu ini memang penting, jadi jangan heran bila keketatan masuk Jurusan Statistika cukup tinggi.

 

7. Farmasi

Bukan hanya di Indonesia, tapi Farmasi juga menjadi salah satu jurusan kuliah paling sulit di dunia. Bagaimana tidak, Sobat. Di jurusan ini kita belajar tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, hingga kosmetik. Pemasaran dan Manajemen pun tak luput dipelajari!. Lengkap! Jadi, Farmasi itu nggak melulu tentang obat, ya!

Di Indonesia, salah satu sebab yang membuat Farmasi menjadi jurusan paling sulit dimasuki adalah tingginya peminat. Bahkan dalam dua tahun terakhir, Farmasi selalu masuk ke dalam 10 jurusan kuliah tersulit untuk dimasuki.

 

8. Matematika

Lucky you, when you enjoy learning Math. Matematika itu induknya ilmu pengetahuan, terutama sains dan teknologi. Hari gini, nggak ada yang meragukan betapa penting keduanya. In fact, Statistika dan Akuntansi juga "diturunkan" dari Matematika (Matematika Terapan). Saking luasnya cakupan ilmunya, definitely, Matematika adalah jurusan kuliah tersulit.

 

9. Ilmu Ekonomi

Kebayang nggak Sobat, rumitnya tugas Ibu Menkeu saat resesi karena pandemi seperti sekarang ini? Nah, untuk membekali diri dengan kemampuan seperti itu, di jurusan inilah kita belajar tentang inti dan cabang Ilmu Ekonomi. Sulit? Pasti. Bahkan di rumpun Soshum, Ilmu Ekonomi terhitung sebagai jurusan paling sulit.

As a matter of fact, Ilmu Ekonomi UI, alma mater Ibu Menkeu saat ini, masuk ke dalam 10 jurusan kuliah tersulit untuk ditembus pada SBMPTN 2020. Pasalnya, rerata UTBK yang dihasilkan masuk ke dalam 10 nilai tertinggi.

 

10. Akuntansi

Our list won't be complete without Accounting. As it's mentioned earlier, Akuntansi merupakan bagian dari Matematika Terapan. Untuk alasan itu saja, Akuntansi sudah layak menjadi bagian dari 10 jurusan kuliah tersulit di dunia. Apalagi, dalam era digital ini, menjadi seorang akuntan berarti kita harus menguasai teknologi dalam pelaporan keuangan.

Ya udah, nggak perlu jauh-jauh melihat Akuntansi sebagai jurusan kuliah paling sulit di dunia dulu, deh. Di SBMPTN 2020 saja, Akuntansi UI dan UGM menjadi jurusan dengan rerata nilai UTBK tertinggi. Peminat Akuntansi di kampus-kampus lain setiap tahunnya juga hampir selalu yang tertinggi. Intinya, jurusan Soshum ini sulit ditembus, Sobat.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Jangan keburu patah semangat, meyakini kalau jurusan paling sulit ditembus itu berarti nggak mungkin lolos seleksi masuk ya, Sobat. Yakinlah, selama kita punya kemauan, di situ pasti akan ada jalan. Bahkan, bukan tak mungkin Sobat Pintar bisa lolos seleksi masuk jurusan paling sulit di dunia sekalipun.

0
150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet