APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Kampus di Banyuwangi, Jawa Timur

Banyuwangi memiliki kampus-kampus terbaik yang bisa dipertimbangkan untuk tempat kuliah.

Photo by Hugo Matilla on Unsplash

Kuliah di Banyuwangi, Sobat Pintar? Iya, kabupaten di Jawa Timur ini tak hanya terkenal dengan wisata alam dan budayanya, tetapi juga pendidikannya. Tau nggak kamu, bahwa ada banyak pilihan kampus di Banyuwangi yang bisa kamu pertimbangkan salah satunya sebagai tempatmu kuliah kelak. Apa saja kampus yang ada di Banyuwangi itu?

kampus yang ada di banyuwangi
Photo by Pixabay on Pexels

1. STIKES Rustida

Sebelum menjadi Akademi Kesehatan Rustida, PTS di Banyuwangi ini adalah sebuah sekolah perawat kesehatan yang kemudian berubah menjadi akademi keperawatan. Hingga kini menjadi sebuah sekolah tinggi kesehatan, STIKES Rustida dinaungi oleh Yayasan Rustida.

Berdiri sebagai sebuah sekolah perawat pada tahun 1984, STIKES Rustida saat ini membuka tiga program studi, yaitu S1 Fisioterapi, D3 Keperawatan, dan D3 Kebidanan. Perguruan tinggi swasta di Banyuwangi ini beralamat di Jl. RSU Bhakti Husada Krikilan – Glenmore.

universitas negeri di banyuwangi
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

2. Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

Banyuwangi punya sekolah pilot! Iya, Sobat Pintar. PTN di Banyuwangi ini berdiri berdasarkan Permenhub tahun 2013 sebagai sebuah Sekolah Pilot Negeri. Sekolah pilot ini adalah yang kedua di Indonesia setelah Politeknik Penerbangan Indonesia Curug berdiri.

Dalam perkembangannya, perguruan tinggi negeri di Banyuwangi ini menjadi Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi berdasarkan Permenhub tahun 2019. Ada dua program studi yang dibuka di kampus negeri di Banyuwangi ini, yaitu D3 Penerbang Sayap Tetap dan D3 Operasi Pesawat Udara .

Ingin kuliah di Banyuwangi dan menjadi mahasiswa API Banyuwangi, Sobat Pintar? Kamu harus mengikuti Sipencatar (Seleksi Penerimaan Calon Taruan/Taruni) pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan terlebih dahulu. Untuk lokasi kuliahnya, kampus negeri di Banyuwangi ini berada di Kompleks Bandar Udara Banyuwangi Jl. Pantai Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi.

universitas swasta di banyuwangi
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

3. Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi adalah sebuah PTS di Banyuwangi yang dinaungi oleh Yayasan Darussalam Blokagung Banyuwangi. Berawal sebagai sebuah sekolah tinggi, IAIDA Blokagung Banyuwangi resmi berstatus sebagai institut berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam tahun 2014.

Kampus swasta di Banyuwangi ini berada di PP Darussalam Dusun Blokagung Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Ada 11 program studi yang dibuka di IAIDA Blokagung Banyuwangi, sebagian diantaranya adalah Manajemen Pendidikan Islam (MPI), PGSD/MI, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Ekonomi Syariah.

Perguruan Tinggi Negeri di Banyuwangi
Photo by Enzo Munoz on Pexels

4. Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi

Berkembang dari Fakultas Tarbiyah Universitas Ibrahimy cabang Situbondo, Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi berdiri pada tahun 1984 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Ibrahimy. Beralamat di Jl. KH. Hasyim Asy'ari No. 01 Kembiritan, Genteng, perguruan tinggi swasta di Banyuwangi ini terdiri dari fakultas dan program studi di bawah ini.

Fakultas

Jurusan

Tarbiyah

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Ekonomi dan Bisnis Islam

Ekonomi Syariah

Perbankan Syariah

Syariah

Hukum Keluarga Islam

Dakwah

Manajemen Dakwah

Perguruan Tinggi Swasta di Banyuwangi
Photo by cottonbro studio on Pexels

5. Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Banyuwangi berdiri berdasarkan SK Kemenristekdikti tahun 2019. Dinaungi oleh Persyarikatan Muhammadiyah, PTS di Banyuwangi ini membuka tiga program studi, yaitu Agribisnis, Teknik Industri, dan Teknik Kimia. ITBM Banyuwangi beralamat di Jl. Diponegoro 60 Genteng – Banyuwangi.

kampus negeri di banyuwangi
Photo by Aline Viana Prado on Pexels

6. Politeknik Negeri Banyuwangi

Dikenal dengan akronim Poliwangi, Politekknik Negeri Banyuwangi adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Banyuwangi yang berada di Jl. Raya Jember KM 13 Banyuwangi. Program D3 yang dibuka di Poliwangi adalah Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan Teknik Mesin. Sementara Program D4 yang ada di kampus di Banyuwangi ini adalah Teknik Manufaktur Kapal, Manajemen Bisnis Pariwisata, Agribisnis, Teknologi Pengolahan Hasil Ternak.


Photo by Huynh Dạt on Pexels

7. Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Abror Al-Robbaniyin

Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Abror Al-Robbaniyin (STAINAA) berlokasi di kawasan Alasbuluh Wongsorejo Banyuwangi. Kampus swasta di Banyuwangi ini menaungi dua fakultas, yakni Tarbiyah dan Syariah, yang berturut-turut terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.


Photo by Monstera on Pexels

8. Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi

Kampus di Banyuwangi ini adalah sebuah PTS yang berdiri berdasarkan keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam tahun 2004 di bawah naungan Yayasan Puspa Dunia. Untuk Program Sarjana, perguruan tinggi swasta di Banyuwangi ini membuka Program Studi PAI, PGMI, dan Ekonomi Syariah. Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi (STIB) berlokasi di kawasan Bumi Cempoko Sari No. 40 Cluring.


Photo by Ylanite Koppens on Pexels

9. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuwangi

Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuwangi (STAIDU) beralamat di Jl. Kh. Askandar KM. 02 Wringinputih Muncar Banyuwangi. Kampus swasta di Banyuwangi ini membuka Program S1 Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Indonesia, dan KPI.


Photo by Huynh Dạt on Pexels

10. Akademi Kelautan Banyuwangi

Akademi Kelautan Banyuwangi (AKABA) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Banyuwangi yang berdiri tahun 2001. Ada dua program studi di AKABA saat ini, yaitu D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan dan D3 Manajemen Logistik. Program D3 Nautika masih dalam tahap pengajuan izin Kementerian Perhubungan. Kampus swasta di Banyuwangi ini beralamat di Jl. Transmigrasi No. 5, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Itulah 10 kampus yang ada di Banyuwangi. Jika Sobat perhatikan, PTS dan PTN di Banyuwangi yang berbentuk universitas. Meskipun begitu, ada perkuliahan Universitas Airlangga yang diselenggarakan di Banyuwangi, antara lain S1 Kedokteran Hewan, S1 Kesehatan Masyarakat, dan S1 Budidaya Perairan. Nah, siapa nih Sobat Pintar yang bakal kuliah di Banyuwangi?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog