APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Kampus di Cirebon, Jawa Barat

Ketahui apa saja kampus yang ada di Cirebon.

Photo by Ervan Sugiana on Unsplash

Kampus yang ada di Cirebon terdiri dari akademi, sekolah tinggi, dan institut. Soal institusi pendidikan tinggi, Kabupaten di Jawa Barat ini punya beragam pilihan tempat kuliah di Cirebon. Nah, apa saja pilihan kampus terbaik di Cirebon?

kampus negeri di Cirebon
Photo by freddie marriage on Unsplash

1. Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon

PTS di Cirebon ini berdiri berdasarkan SK Menristek Dikti tahun 2017. Nama Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon merupakan perubahan dari Akademi Farmasi Muhammadiyah Cirebon.

Sebagai sebuah sekolah tinggi yang fokus pada bidang farmasi, kampus swasta di Cirebon ini membuka dua program studi, yakni Program D3 dan S1 Farmasi. Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon beralamat di Jl. Cideng Indah No 3A Kelurahan Kertawinangun Kecamatan Kedawung Kabuptaen Cirebon.

kampus swasta di Cirebon
Photo by Jessica Ruscello on Unsplash

2. Institut Agama Islam Cirebon

Sebelum menjadi sebuah institut, kampus di Cirebon ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon (STAIC). Berdasarkan Keputusan Menag, Institut Agama Islam (IAI) Cirebon resmi dikenal sejak tahun 2020. Lokasi PTS di Cirebon ini berada di Komplek Islamic Centre, Jl. Tuparev No. 111, Kertawinangun, Kedawung, Cirebon.

Saat ini IAI Cireabon menaungi tiga fakultas. Ini dia, daftar fakultas dan jurusan yang wajib kamu tahu jika Sobat Pintar berencana kuliah di Cirebon.

Fakultas

Jurusan

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Bahasa Arab

Pendidikan Guru Madrasah

Manajemen Pendidikan Islam

Syari'ah

Ekonomi Syari'ah

Al Ahwal Al Syakhshiyah

Ushuluddin dan Dakwah

Ilmu Alqur'an dan Tafsir

kampus yang ada di Cirebon
Photo by Sixteen Miles Out on Unsplash

3. Akademi Analis Kesehatan An Nasher

Akademi Analis Kesehatan (AAK) An Nasher berdiri berdasarkan SK Mendiknas tahun 2003. Beralamat di Jl. Pondok Pesantren Tarbiyahtul Banin, Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Cirebon, kampus swasta di Cirebon ini membuka satu program studi, yakni D3 Analis Kesehatan.

universitas swasta di Cirebon
Photo by George Milton on Pexels

4. Akademi Kebidanan Graha Husada Cirebon

Akademi Kebidanan (AKBID) Graha Husada Cirebon berada di Jl.Widarasari III Tuparev Cirebon. PTS di Cirebon yang berdiri berdasarkan SK tahun 2008 ini membuka satu program studi, yakni D3 Kebidanan.

kampus terbaik di cirebon
Photo by Richa Sharma on Pexels

5. Akademi Maritim Suaka Bahari

Akademi Maritim (AKMI) Suaka Bahari adalah salah satu kampus terbaik di Cirebon yang berdiri pada tahun 1987. PTS di Cirebon ini berada di bawah naungan Yayasan Suaka Bahari Cirebon, beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 156 Kabupaten Cirebon. Ada tiga program studi atau jurusan di Akademi Maritim Suaka Bahari, yaitu Nautical Studies, Marine Engineering, serta Port and Shipping Management.

universitas negeri di cirebon dan jurusannya
Photo by Christin Hume on Unsplash

6. Institut Studi Islam Fahmina

Lebih dikenal sebagai ISIF, Institut Studi Islam Fahmina adalah sebuah PTS di Cirebon yang berdiri pada tahun 2007 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Kampus di Cirebon ini beralamat di Jln. Swasembada No. 15, Majasem, Karyamulya, Kota Cirebon.

Apa saja pilihan jurusan kuliah di PTS di Cirebon ini? Institut Studi Islam Fahmina menaungi beberapa fakultas dan program studi di bawah ini.

Fakultas

Jurusan

Tarbiyah

Pendidikan Agama Islam

Syari'ah

Hukum Keluarga Islam

Ekonomi Syari'ah

Ushuluddin

Ilmu Alqur'an dan Tafsir

Filsafat Agama

Akhlaq Tasawuf

universitas negeri di Cirebon
Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

 7. Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Invada

Ada dua program studi di Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Invada, yakni Sastra Inggris dan Sastra Jepang. PTS di Cirebon ini berdiri berdasarkan SK Mendiknas RI tahun 2005 dan  beralamat di Jl. Brigjend Dharsono No.20 Kedawung – Cirebon.


Photo by Richa Sharma on Pexels

8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cirebon didirikan atas dasar SK Mendiknas tahun 1996. Untuk Program Sarjana, kampus swasta di Cirebon ini membuka dua jurusan, yakni Manajemen dan Akuntansi. Ingin kuliah di Cirebon, Sobat Pintar? Alamat PTS di Cirebon ini berada di kawasan Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.


Photo by Streetwindy on Pexels

9. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasmi

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yasmi adalah sebuah PTS di Cirebon yang beralamat di JL. Tuparev No.13, Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Berdiri pada tahun 1999, kampus swasta di Cirebon ini membuka Program D3 dan S1 Akuntansi serta S1 Manajemen.


Photo by cottonbro studio on Pexels

10.  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Cirebon menyediakan pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan yang terbilang lengkap. Kampus swasta di Cirebon ini membuka Program D3 Keperawatan, Kebidanan, Fisioterapi, dan Radiologi. Untuk Program S1, pilihan jurusan kuliah di Cirebon untuk Sobat Pintar ada Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat.

Kampus di Cirebon ini berdiri berdasarkan SK Mendiknas tahun 2001 dengan nama STIK Yasri Cirebon. Dinaungi oleh Yayasan Rise Indonesia, alamat STIKes Cirebon adalah di Jl. Brigjen Dharsono No. 12 B ByPass Cirebon.

Sejauh ini memang belum ada kampus negeri di Cirebon, terutama yang berbentuk universitas. Namun bukan berarti kamu enggak bisa mendapatkan akses pendidikan tinggi yang baik tanpa universitas di Cirebon kan, Sobat Pintar? Kampus-kampus di atas sudah dapat memberi alternatif pilihan tempat kuliah juga, loh.

Akan tetapi, sekolah, institut, maupun akademi di atas masih membatasi bidang keahliannya pada kesehatan, agama, bahasa, atau ekonomi. Terus, apa kata kalian yang penginnya kuliah teknik? Look no further, Sobat Pintar. Ada bonus satu kampus nih, buat kamu: Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon.

Lebih dikenal dengan kependekan STTC, kampus ini pada awalnya didirikan untuk memenuhi kebutuhan negara akan tenaga teknik. Puluhan tahun berkiprah di dunia pendidikan tinggi, STTC Cirebon saat ini menaungi dua Program Sarjana. Jurusan Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon yang dimaksud adalah Teknik Sipil dan Arsitektur.

Nah, Sobat Pintar yang pengin kuliah di Cirebon, Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon bisa menjadi pilihan kampus terbaik di bidang ilmu teknik. Lagipula, kamu bisa mendapatkan formulir pendaftaran mahasiswa baru STTC Cirebon melalui Aku Pintar.

Enggak sedikit loh, calon mahasiswa yang lebih memilih daftar online. Habisnya, harga form pendaftarannya lebih murah daripada daftar secara offline. Udah gitu, kamu enggak perlu panas-panasan dan berdesak-desakan mendaftar langsung ke sekolah tinggi di Cirebon ini.

Terus, gimana caranya untuk daftar online? Gampang, kamu tinggal klik link pendaftaran Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon ini dan mengikuti instruksi pendaftarannya.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog