PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via mdc.edu

10 Kampus Pilihan untuk Belajar Filsafat

Jurusan Filsafat

Kuliah Filsafat di Indonesia memang lebih menantang – ada-ada saja stereotipenya, euy! Namun sebenarnya, jurusan ini dapat memberimu gambaran tentang tren-tren pemikiran jaman old (dark age maupun renaissance) hingga jaman now. Nah, kuliahnya di mana, nih? Berikut ini adalah kampus-kampus di mana kamu bisa memperdalam Ilmu Filsafat.

 

1. Universitas Indonesia

Program Studi Filsafat UI berada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Inilah kampus yang layak kamu tuju jika menginginkan pencerahan pemikiran tentang kehidupan manusia. Dian Sastrowardoyo jebolan kampus ini, jadi kamu bisa lihat sendiri bagaimana hasil kuliah dan dialog tentang perkembangan zaman disini.

 

2. Universitas Gadjah Mada

Di UGM, Filsafat menjadi sebuah fakultas dimana kamu bisa belajar tentang Logika, Filsafat Cina, Filsafat Barat, Filsafat Nusantara, Filsafat India, Metafisika, Filsafat Pancasila, Epistemologi, Etika, Aksiologi, Filsafat Sejarah, Filsafat Politik, Filsafat Pendidikan, dan lain sebagainya. Filsafat UGM menawarkan empat konsentrasi studi, yaitu Etika Terapan, Religi dan Budaya, Sosial dan Politik, serta Ilmu dan Teknologi.

 

3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Kamu juga bisa belajar filsafat di UIN Syarif Hidayatullah, tepatnya di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Jurusan Akidah Filsafat. Sama seperti UI dan UGM, filsafat UIN Jakarta terakreditasi A. Filsafat UIN Jakarta akan membuka wawasanmu tentang Tasawuf dan Ilmu Kalam, termasuk pula naskah-naskah Filsafat.

 

4. Universitas Katolik Santo Thomas

Mahasiswa Fakultas Filsafat di Unika St. Thomas adalah para calon imam dan suster. Fakultas Filsafat Unika St. Thomas memiliki Program Studi Ilmu Filsafat dengan jurusan Filsafat Keilahian. Akreditasi BAN-PT saat ini adalah B.

 

5. Universitas Sanata Dharma

Dahulunya merupakan Jurusan Filsafat-Teologi, kemudian menjadi Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Program Studi Teologi. Sejak 1993, USD memiliki Fakultas Teologi, Jurusan Teologi, Program Studi Teologi Sistematik.  Pada 1999, nama prodi berubah menjadi Ilmu Teologi. Saat ini, status akreditasinya adalah B.

 

6. Universitas Katolik Widya Mandala

Program Studi Filsafat UKWMS akan membawamu belajar tentang sejarah filsafat, cabang-cabang filsafat, dasar-dasar filsafat, dan aplikasi pemikiran-pemikiran filosofis. Selain itu, kamu juga bisa memilih fokus pada Studi Etika atau Filsafat Keilahian.

 

7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jurusan atau Program Studi Aqidah dan Filsafat UIN Yogyakarta berada di Fakultas Ushuluddin. Jurusan atau prodi ini mengedepankan perpaduan dan perkembangan Filsafat Alam, Ilmu Kalam, dan Tasawuf dengan Ilmu-Ilmu Sosial-Humaniora.

 

8. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam UIN Bandung terkait dengan kajian tafsir Hadits. Harapannya, pemikiran filosofis yang dikembangkan mahasiswa berdasar pada aqidah Islam. Selain mempelajari filsafat Barat, mahasiswa jurusan ini juga mengkaji pemikiran al-Ghazali, al-Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Mulla Sadra, Syuhrawardi, Muhammad Iqbal, dan pemikir-pemikir Islam besar yang lain.

 

9. Universitas Negeri Yogyakarta

UNY juga membuka jurusan atau prodi filsafat, sesuai dengan corak universitasnya: Filsafat dan Sosiologi Pendidikan. Yup, jurusan ini berada di Fakultas Ilmu Pendidikan. Meskipun demikian, filsafat sendiri pada awalnya memang punya peran penting karena menjadi bagian dari nama fakultas: Fakultas Sastera, Pedagogik, dan Filsafat UGM. Pada tahun 1955, perubahan di UGM-pun membawa dampak pada UNY sehingga sekarang ada Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan.

 

10. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jurusan Aqidah Filsafat UIN Surabaya berada di Fakultas Ushuluddin. Dengan latarbelakang wawasan yang luas dibidang Filsafat dan Teologi Islam, nantinya kamu dapat bersikap analitis terhadap pemikiran-pemikiran kontemporer. Selain memiliki sikap beragama yang kokoh, kamupun dapat tetap kritis dan rasional menghadapi perubahan zaman.

 

Memang, kuliah filsafat dapat memberimu manfaat dengan belajar bagaimana berpikir kritis dan runtut. Apalagi, jika kamu tipe pemikir yang punya minat dengan eksistensialisme, Filsafat akan menjadi bidang ilmu yang sangat menarik. Jadi, nggak asal tanya kenapa ya, Sobat Pintar!

Lebih masukan Blog

Terakreditasi A: Ilmu Komputer di 6 PTN Ini

Tak hanya cerdas dalam memilih jurusan kuliah, kamu juga harus cermat memilih kampusnya....

Kuliah Filsafat, Inikah Pilihan Jurusanmu?

Dari generasi apapun, kamu pasti tahu Dian Sastrowardoyo. 'Aset negara' ini adalah salah satu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru