APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Life Skill – Penting untuk Dikuasai Saat Ini

Life skill yang baik mampu membantu menghadapi masa-masa sulit dalam hidup. 

Life Skill, image credit DAQ

By now, you must have been familiar with soft skill and hard skillKalau hard skill, kita sudah banyak mendapatkan bekal dari bangku sekolah dan kuliah. Sementara untuk soft skill, kita bisa memupuknya melalui kelas-kelas nonformal seperti Kursus Pintar.

Tapi bagaimana dengan life skill, Sobat? Life skill adalah kemampuan, keberanian kita untuk menghadapi berbagai masalah dalam hidup. Perilaku kita dalam menghadapi tantangan hidup itulah skill yang perlu kita kembangkan. Langsung saja, berikut ini 10 life skill inti yang disebutkan oleh WHO.

 

1. Mengenal Diri Sendiri

Kita perlu mengenal diri sendiri – bagaimana karakter kita, kekuatan dan kelemahan kita, apa yang kita inginkan dan tidak kita sukai. Semakin baik kita mengenal diri sendiri, semakin cepat pula kita mampu menyadari ketika sedang merasa tertekan atau stres.

 

2. Empati

Empati membuat kita mampu memahami kebutuhan, perasaan, dan keinginan orang lain. Empati membuat kita mampu menerima, membayangkan bagaimana bila kita berada pada posisi orang lain. Dengan empati, interaksi sosial kita menjadi lebih baik. Sebaliknya tanpa empati, komunikasi kita dengan orang lain akan menjadi satu arah saja.

 

3. Berpikir Kritis

Dengan berpikir kritis, kita mencerna informasi secara lebih obyektif. Semakin kritis cara berpikir kita, semakin sehat juga kita jadinya. Sama seperti saat sekarang kita menghadapi pandemi. Dengan membanjirnya informasi, pemikiran yang kritis dapat memandu bagaimana kita harus bersikap.

 

4. Berpikir Kreatif

Apa artinya kreatif? Ketika kita mampu memandang atau melakukan sesuatu dengan cara yang benar-benar baru, saat itulah kita kreatif. Tapi masih ada pula faktor-faktor lain yang menentukan tingkat kreativitas kita, Sobat – misalnya, mampu menciptakan ide-ide baru, sudut pandang yang fleksibel, originalitas, dan elaborasi dengan ide-ide lain.

 

5. Membuat Keputusan

Saat harus memilih jurusan kuliah, terasa mudah atau sulit, Sobat? Making a decision isn't always easy for most of us. Namun skill ini akan terus kita butuhkan, mulai dari hal kecil sehari-hari hingga hal besar yang mampu mengubah arah hidup kita.

 

6. Memecahkan Masalah

Kemampuan kita dalam memecahkan masalah akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup. Pasalnya, persoalan-persoalan yang tak kunjung mendapati jalan keluar dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Lambat laun, kesehatan fisik juga akan terganggu.

 

7. Relasi Interpersonal

Bagaimana hubunganmu dengan orang-orang disekitarmu, Sobat? Semakin positif hubungan yang terjalin, tandanya Sobat memiliki interpersonal skill yang baik. Skill ini pun membantu kita mengakhiri hubungan dengan orang lain, ketika diperlukan, secara konstruktif.

 

8. Komunikasi yang Efektif

Kita berkomunikasi secara efektif ketika mampu mengekspresikan diri secara verbal dan non-verbal sesuai dengan situasi tertentu dan budaya setempat. Masing-masing kita memiliki kebutuhan untuk mengungkapkan pendapat, keinginan, kebutuhan, bahkan rasa takut.

Dengan komunikasi yang baik, kita dapat meminta saran dan bantuan dari orang lain ketika membutuhkan. Itulah sebabnya, komunikasi yang efektif dapat membantu kita mengatasi stres dan mengelola emosi.

 

9. Mengatasi Rasa Stres

It's almost impossible to live without stress. Dalam setiap langkah, kita akan selalu menghadapi tantangan yang mungkin saja memicu rasa stres. Tapi kemampuan kita untuk mengatasi dan mengelola stres, itulah yang menentukan kualitas hidup kita – dan kesehatan fisik kita, terutama disaat pandemi seperti sekarang.

 

10. Mengelola Emosi

Emosi sebenarnya adalah bagian dari hidup kita yang cukup alami. Namun ketika muncul emosi yang kuat, seperti rasa marah atau sedih, dampak negatifnya dapat berpengaruh pada kesehatan fisik kita.

 

Harus berada di rumah selama masa pandemi dapat memicu berbagai macam emosi. Stres, bosan, takut, marah dan berbagai emosi negatif yang lain dapat mempengaruhi kesehatan badan kita. Bila perlu, gunakan Konseling Pintar untuk membantumu mengatasi berbagai macem emosi yang timbul selama karantina mandiri di rumah.

240

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog