APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Terbaik: Universitas Swasta Akreditasi A di Pemeringkatan UniRank

Beberapa universitas swasta telah terakreditasi A BAN-PT.

Universitas Swasta Akreditasi A, photo by Helmi Lutvyandi on pexels

Kampus swasta terkadang dipandang sebelah mata, terutama jika disandingkan dengan universitas negeri. Padahal, kualitas beberapa univ swasta terbaik sebenarnya bersaing ketat dengan univ-univ negeri. Kita hanya perlu lebih jeli dalam memandang keduanya.

Pemeringkatan maupun klasterisasi yang menggabungkan baik universitas negeri maupun universitas swasta bisa menjadi salah satu acuan – UniRank/ 4ICU, misalnya. Dan tolok ukur yang tak kalah penting yaitu... Bisa nebak, Sobat? Yup! Akreditasi A dari BAN-PT.

Beberapa waktu lalu UniRank mempublikasikan university ranking di Indonesia. Sejumlah 577 PTN dan PTS terbaik masuk dalam daftar universitas negeri dan universitas swasta terbaik di Indonesia. Nah, inilah 10 universitas swasta terbaik di Indonesia dalam daftar tersebut yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

 

1. Universitas Bina Nusantara

Dalam berbagai versi pemeringkatan PTS terbaik di Jakarta, Binus nyaris tak pernah ketinggalan dan selalu menjadi bagian. Apalagi, jika salah satu kriteria terbaik itu adalah akreditasi A. Tentu saja, Binus berada di dalamnya. Setelah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, kampus swasta ini sekarang ada pula di Bandung dan Malang.

 

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Ini dia, UMM, salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Let's be more specific, kampus swasta dengan akreditasi A ini berada di Malang, Sobat. Ada tiga lokasi kampus UMM untuk program D3 sampai doktoral. Seluruh kampus berada di wilayah dalam kota, sehingga memudahkan mobilitas mahasiswa UMM.

 

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pada awal berdirinya, salah satu univ swasta terbaik di Jawa Tengah ini merupakan IKIP Muhammadiyah Surakarta. UMS juga punya beberapa lokasi kampus, Sobat. Mulai dari gedung kuliah hingga edupark, seluruhnya ada 11 lokasi di Surakarta. Fasilitas PTS terbaik di Surakarta ini pun mendukung akreditasi A yang diperolehnya.

 

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ingin kuliah di Jogja? Daerah ini memang istimewa dengan sederet pilihan universitas swasta akreditasi A. Sampai bingung ga sih, milihnya? Eitts, biar nggak lama-lama bingungnya, ini salah satu universitas swasta terbaik di Jogja: UMY! Psstt... salah satu Duta Besar RI saat ini merupakan alumnus UMY, Sobat. Beliau adalah Dr. Lalu Muhammad Iqbal.

 

5. Universitas Gunadarma

Salah satu keunikan UG adalah kampusnya yang berada di beberapa lokasi terpisah, dengan kampus utamanya berada di wilayah Depok. Menariknya, UG cukup sering dianggap sebagai salah satu PTS terbaik di Jakarta – akreditasinya pun A. Sebenarnya nggak aneh banget sih, Sobat. Enam lokasi kampus swasta ini memang berada di wilayah Jakarta.

 

6. Universitas Telkom

Kekinian, kampus swasta ini semakin dikenal sebagai Telkom University (Tel-U). Selain akreditasi A BAN-PT, Universitas Telkom berkali-kali masuk ke dalam berbagai versi pemeringkatan univ swasta terbaik. Jika Sobat Pintar mencari referensi universitas swasta di Bandung, boleh nih, Universitas Telkom masuk hitungan.

 

7. Universitas Mercu Buana

Tak sulit mencari universitas swasta akreditasi A di Jakarta – UMB salah satunya. Kampus UMB berada di empat lokasi yang berbeda, dengan kampus utamanya di Jakarta. Bahkan, tiga dari keempat kampus tersebut memang berada di Jakarta. Okay, it's legit, then. UMB menjadi salah satu PTS terbaik di Jakarta.

 

8. Universitas Islam Indonesia

Dari Jakarta, kita kembali ke Jogja, yuk! UII, begitu akronim kampus swasta ini, telah mengantongi akreditasi A BAN-PT. Semakin mantap pula langkah UII sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jogja. And did you know, Sobat? Bapak Prokalamator kita, Dr. Mohammad Hatta, itu alumnus UII, lho!

 

9. Universitas Dian Nuswantoro

Apa akronim kampus swasta di Semarang ini, Sobat? Yup, it's Udinus. Pada awal berdirinya, Udinus merupakan sebuah lembaga kursus komputer. Seiring tahun, institusi pendidikan ini semakin berkembang hingga Udinus saat ini menjadi sebuah universitas swasta akreditasi A.

 

10. Universitas Pasundan

Bandung masih punya universitas swasta akreditasi A, Sobat. Adalah Unpas, sebuah kampus swasta yang dipayungi oleh Paguyuban Pasundan. Enam fakultas jenjang Sarjana universitas swasta ini tersebar di lima lokasi kampus yang berbeda. Seluruhnya berada di wilayah kota, sehingga mahasiswa Unpas mudah menjangkau beberapa kampus sekaligus.

 

Don't you see, Sobat? Banyak kok, kampus swasta yang keren-keren. Kita hanya harus jeli dalam memilah dan memilih – bila memutuskan untuk lanjut kuliah di kampus swasta.

So... Apakah univ swasta terbaik menurutmu adalah satu dari sepuluh PTS terbaik di atas, Sobat?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog