APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Universitas di Sulawesi, Ada Berapa di Makassar?

Ketahui apa saja universitas-universitas terbaik pilihanmu di Sulawesi.

universitas di sulawesi, Photo by Jason Goodman on Unsplash

Apa sajakah universitas terbaik di Sulawesi? Buat calon mahasiswa seperti kamu, wajib banget tahu apa saja alternatif universitas, termasuk di Sulawesi. Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini terdiri dari lima provinsi, yang masing-masing punya universitas unggulannya sendiri. Sebagai referensi buat Sobat Pintar, berikut ini daftar universitas di Sulawesi.

 Photo by Erge Mahindra on Unsplash
Photo by Gift Habeshaw on Unsplash

1. Universitas Hasanuddin

Universitas di Sulawesi Selatan ini memiliki tiga kampus. Pertama, Kampus Tamalanrea berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea, Makassar. Kedua, Kampus Gowa berada di Jalan Poros Malino Km. 6, Bontomarannu, Gowa. Terakhir, Kampus Sidrap berada di Jalan Jend. Sudirman No.176, Pangkajene, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang.

Terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Sulawesi, Universitas Hasanuddin (Unhas) terakreditasi A oleh Ban-PT. Ada empat rumpun fakultas di universitas negeri di Makassar ini, yaitu Sains dan Teknologi, Sosial Humaniora, Ilmu Kesehatan, dan Ilmu Pertanian.

 

2. Universitas Sam Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) adalah salah satu universitas di Sulawesi Utara yang terkreditasi Unggul oleh Ban-PT. Kampus Unsrat di Bahu, Manado, menjadi rumah bagi 11 fakultas Program Sarjana, yaitu Kedokteran, Teknik, Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Kesehatan Masyarakat.

 

3. Universitas Tadulako

Universitas di Sulawesi Tengah ini berada di Jalan Soekarno Hatta Km. 9 Tondo, Palu. Dengan status akreditasi institusi B, Universitas Tadulako (Untad) terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Hukum Pertanian, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kehutanan, Kedokteran, Peternakan dan Perikanan, serta Kesehatan Masyarakat.

 

4. Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo (UHO) adalah sebuah universitas di Sulawesi Tenggara, beralamat di Anduonou, Kendari. Institusi pendidikan negeri dengan akreditasi B ini menaungi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Hukum, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Peternakan, Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, Ilmu Budaya, Farmasi, Teknologi dan Ilmu Pertanian, Ilmu dan Teknologi Kebumian, serta Ilmu Administrasi.

 

5. Universitas Negeri Manado

Berstatus sebagai perguruan tinggi negeri sama seperti Unsrat, Universitas Negeri Manado (Unima) juga berada di universitas di Sulawesi Utara. Bedanya, lokasi kampus Unima berada di Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano Selatan. Saat ini terakreditasi B, Unima memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa dan Seni, Ekonomi, dan Teknik.

 

6. Universitas Negeri Makassar

Tentu saja, ada lebih dari satu perguruan tinggi di Makassar. Universitas yang ada di Makassar tak hanya Unhas, tapi juga Universitas Negeri Makassar (UNM). Dua kampus di Makassar ini sama-sama berstatus sebagai perguruan tinggi negeri, keduanya juga terakreditasi A.

Kampus UNM berlokasi di Jalan AP. Pettarani, Makassar. Universitas negeri di Makassar ini menaungi Fakultas Psikologi, Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Bahasa dan Sastra, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Seni dan Desain, serta Ekonomi.

universitas terbaik di sulawesi
Photo by Erge Mahindra on Unsplash

7. Universitas Muslim Indonesia

Ini dia, universitas swasta di Makassar dengan akreditasi Unggul. Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo KM. 5, Makassar. Perguruan swasta di Makassar ini memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Agama Islam, Farmasi, Hukum, Ilmu Komputer, Kedokteran, Perikanan, dan Ilmu Kelautan, Kesehatan Masyarakat, Pertanian, Kedokteran Gigi, Sastra, Teknik, dan Teknologi Industri.

 

8. Universitas Kristen Indonesia Paulus

Universitas swasta di Makassar ini terakreditasi B. Universitas Kristen Indonesia Paulus (Ukipaulus) membuka Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, serta Informatika dan Komputer untuk Program Sarjana. Kampus Ukipaulus beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 13 , Daya, Kota Makassar.

 

9. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) adalah universitas swasta di Makassar dengan akreditasi B. Ada tujuh fakultas di Unismuh saat ini, yaitu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Agama Islam, Teknik, Pertanian, dan Kedokteran. Kampus di Makassar ini berlokasi di Jalan Sultan Alauddin No.259, Makassar.

 

10. Universitas Kristen Indonesia Tomohon

Universitas di Sulawesi Utara ini merupakan universitas swasta dengan akreditasi Baik. Di Universitas Kristen Indonesia Tomohon (Ukit) ada Fakultas Teologi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hukum, Teknik, Psikologi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Pertanian. Universitas di Sulawesi ini beralamat di Jalan Raya Manado – Tomohon Kakaskasen, Kota Tomohon.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog