APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta versi Kemenristekdikti 2019

Kampus-kampus swasta di Jakarta merupakan salah satu alternatif pendidikan tinggi bagi calon mahasiswa baru.

Universitas Swasta di Jakarta, image credit Pixabay

Bukan hanya kampus negeri, tapi kampus swasta juga dilirik oleh banyak calon mahasiswa baru – terutama beberapa kampus swasta terbaik di Jakarta. Pada 2019 ketika pendidikan tinggi masih berada di bawah Kemenristekdikti, kampus-kampus negeri dan swasta diperingkatkan dan digolongkan kedalam klaster-klaster.

 

Kriteria Klasterisasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Alih-alih memisahkan, sistem klasterisasi Kemenristekdikti tersebut menggabungkan PTN dan PTS ke dalam satu kelompok. Indikator penilaian yang digunakan untuk pemeringkatan PTN dan PTS pun sama.

1. Kinerja input (15%) yang mencakup jumlah dosen dengan pendidikan S3, jumlah lektor kepala, jumlah mahasiswa WNA, jumlah dosen WNA, serta rasio jumlah dosen dan mahasiswa.

2. Kinerja output (25%) yang mencakup jumlah karya tulis ilmiah terindeks setiap dosen, jumlah jurusan dengan akreditasi internasional, serta kinerja penelitian dosen dan mahasiswa.

3. Proses (25%) yang mencakup akreditasi institusi dan jurusan, kerja sama institusi, perkuliahan daring, dan kelengkapan laporan keuangan.

4. Outcome (35%) yang mencakup inovasi, sitasi dan paten setiap dosen, pengabdian masyarakat, dan berapa banyak mahasiswa yang diterima bekerja setelah enam bulan lulus.

Are you challenged to find your own version of best university, Sobat? Kriteria di atas bisa digunakan, dalam versi yang lebih sederhana tentunya, untuk memilih PTN dan PTS terbaik di Jakarta.

 

Universitas Swasta Terbaik di Jakarta versi Kemenristekdikti

Ingin cara yang lebih mudah? Kita bisa mengacu pada klasterisasi yang sudah disusun oleh Kemenristekditi pada tahun 2019. Kita masih bisa menggunakan klasterisasi tersebut untuk memilah perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta maupun kota-kota lain meskipun pendidikan tinggi sekarang berada di bawah Kemendikbud.

Khusus di wilayah Jakarta, berikut ini 10 PTS dengan peringkat tertinggi dalam klasterisasi Kemendikbud 2019 beserta akreditasi institusi BAN-PT yang sedang berlaku saat ini.

1. Universitas Bina Nusantara, peringkat ke-20, akreditasi A

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, peringkat ke-32, akreditasi A

3. Universitas Tarumanagara, peringkat ke-34, akreditasi A

4. Universitas Trisakti, peringkat ke-42, akreditasi A

5. Universitas Pancasila, peringkat ke-45, akreditasi A

6. Universitas Mercu Buana, peringkat ke-49, akreditasi A

7. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, peringkat ke-64, akreditasi A

8. Universitas Al-Azhar Indonesia, peringkat ke-69, akreditasi C

9. Universitas Kristen Indonesia, peringkat ke-86, akreditasi B

10. Universitas Budi Luhur, peringkat ke-89, akreditasi B

 

Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Bagimu

Referensi 10 universitas swasta terbaik di Jakarta di atas berpatokan pada kriteria Kemenristekdikti 2019 dan akreditasi BAN PT. Bagaimana dengan universitas swasta terbaik di Jakarta 2020? Relevankah kita menggunakan klasterisasi Kemenristekdikti tersebut saat ini?

Ada berbagai kriteria untuk menentukan pemeringkatan universitas, baik dalam skala nasional maupun global. Kampus yang tak masuk dalam salah satu versi pemeringkatan belum tentu kampus yang tak layak dipilih. Pasalnya, masing-masing kita tentu memiliki kriteria sendiri saat menjatuhkan pilihan.

Nah, selain nama-nama universitas swasta terbaik di Jakarta di atas, masih ada pula kampus-kampus swasta lain. Sebutlah, beberapa diantaranya, Universitas Gunadarma, Universitas Presiden, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Multimedia Nusantara, dan lain-lain.

Bagaimana dengan kampus terbaik menurut versimu, Sobat? Boleh jadi itu adalah kampus negeri atau swasta. Namun di manapun kita belajar, di situlah kita berkembang dan kemudian menjadi versi terbaik diri kita sendiri.

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog