APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Universitas Tertua di Indonesia: Kampus Negeri dan Swasta

Sebagian kampus tertua di Indonesia telah ada sejak sebelum proklamasi kemerdekaan.

Universitas Tertua di Indonesia, photo by vloveland on pixabay

Out of curiousity, pernah nggak sih, Sobat Pintar bertanya-tanya tentang universitas pertama di Indonesia? Setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, universitas-universitas kolonial yang telah berdiri di masa pendudukan Belanda mengalami perubahan nama. Sejak masa itu, manakah perguruan tinggi tertua di Indonesia?

Biar nggak makin penasaran, inilah 10 urutan kampus tertua di Indonesia sejak bangsa kita merdeka. Let's go into them all, one by one, Sobat!

 

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah universitas Islam tertua di Indonesia. Pada awal berdirinya, 8 Juli 1945, kampus swasta ini merupakan sebuah sekolah tinggi (Sekolah Tinggi Islam). Kemudian pada 3 November 1947, dua tahun setelah proklamasi kemerdekaan, UII berdiri sebagai sebuah universitas swasta tertua di Indonesia.

 

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 19 Desember 1949. Menyandang status sebagai universitas negeri tertua di Indonesia, UGM mengawali kiprahnya di dunia pendidikan tinggi dengan enam fakultas saja. Kini, salah satu universitas pertama di Indonesia ini telah memiliki 18 fakultas.

 

3. Universitas Indonesia

Sejarah Universitas Indonesia (UI) terukir sejak abad ke-19, tepatnya pada tahun 1849. Di masa pendudukan Belanda, perguruan tinggi ini bernama Dokter Djawa School Batavia. Karena tonggak sejarah yang panjang ini, tak jarang UI dinobatkan sebagai universitas pertama di Indonesia.

Akan tetapi, baru pada 2 Februari 1950 universitas negeri tertua di Indonesia ini menyandang nama Universitas Indonesia. Hingga kini, UI merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia yang paling difavoritkan calon mahasiswa baru.

 

4. Universitas Airlangga

Sebagai salah satu universitas negeri tertua di Indonesia, Universitas Airlangga (Unair) juga memiliki sejarah panjang sejak masa pendudukan Belanda. Tanggal 2 Januari 1849 menandai berdirinya Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Surabaya. Sekolah pendidikan dokter inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran Unair.

Kampus Unair sendiri resmi berdiri pada 10 November 1954. Seiring waktu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini telah berkembang pesat dan sekarang menempati tiga lokasi yang berbeda, yaitu kampus Unair A, B, dan C.

 

5. Universitas Hasanuddin

Universitas negeri tertua di Indonesia timur adalah Universitas Hasanuddin (Unhas). Berada di Makassar, Sulawesi Selatan, Unhas berdiri pada 10 September 1956. Dalam sejarahnya, Unhas berkembang dari Fakultas Ekonomi UI. Dan kini, universitas tertua di Indonesia timur ini telah memiliki 14 fakultas.

 

6. Universitas Padjadjaran

Di Jawa Barat, adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) yang menjadi bagian dari perguruan tinggi tertua di Indonesia. Berdiri pada 11 September 1957, pada awalnya Unpad memiliki empat fakultas saja. Berapa jumlah fakultas salah satu universitas negeri tertua di Indonesia ini sekarang? Ada 16, Sobat!

 

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Tak berselang lama setelah Unpad berdiri, tepatnya pada 10 November 1957, di Jawa Timur berdiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pada saat itu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini masih menjadi bagian dari Yayasan Perguruan Tingggi Teknik (YPTT) hingga resmi menyandang nama ITS pada tahun 1961.

 

8. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mempunyai sejarah panjang sejak masa kolonial Belanda, sehingga layak disematkan sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia. Ketika berdiri pada 3 Juli 1920, kampus tertua di Indonesia ini masih bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH te Bandoeng). Kemudian pada 2 Maret 1959, nama ITB resmi disematkan pada satu dari perguruan tinggi tertua di Indonesia ini.

 

9. Universitas Diponegoro

Tak selamanya perguruan tinggi negeri berdiri sejak awal sebagai universitas negeri. Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satunya. Berdiri sebagai salah satu kampus swasta tertua di Indonesia, Undip lantas berstatus sebagai kampus negeri pada tahun 1961.

 

10. Institut Pertanian Bogor

Usia menunjukkan kematangan – sepertinya itu cukup menggambarkan salah satu kampus tertua di Indonesia ini, Institut Pertanian Bogor (IPB). Cikal bakal IPB adalah Fakultas Pertanian UI, hingga kemudian resmi menyandang nama IPB pada 1 September 1963.

Kekinian, IPB lebih dikenal sebagai IPB University. Dan terbaru, perguruan tinggi tertua di Indonesia ini berhasil meraih Anugerah Perguruan Tinggi Terinovatif dari Kemenristek/ BRIN pada tahun 2020 ini. Selain IPB, penghargaan tersebut juga diraih oleh ITB dan UGM.

 

Itulah 10 perguruan tinggi tertua di Indonesia. Kampus-kampus negeri di atas terbilang cukup difavoritkan, termasuk juga UII yang merupakan kampus swasta tertua di Indonesia. Adakah yang diincar sejak sekarang, Sobat?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog