APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

11 Fakultas Kedokteran di Jawa Timur – Ada yang Baru!

Ketahui apa saja kampus di Jawa Timur yang punya Fakultas Kedokteran.

Photo by Sylvia Yang on Unsplash

Kuliah kedokteran di Surabaya biasanya pilihan jatuh di Universitas Airlangga. Siapa sih, yang ga tau popularitas salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Jawa Timur ini?

Namun lantaran satu dan lain hal, enggak semua calon mahasiswa Kedokteran kuliah di Universitas Airlangga. Bukan berarti tempat kuliah Kedokteran selain di Universitas Airlangga itu second class loh, Sobat Pintar. Setiap kita punya alasan masing-masing untuk memilih tempat kuliah Kedokteran universitas tertentu. Sah-sah aja, kan?

Pertanyaannya, mana sajakah kampus atau tempat kuliah Kedokteran yang ada di Jawa Timur? Ini dia, pilihan Fakultas Kedokteran di Jawa Timur yang bisa dijadikan referensi.

fakultas kedokteran di jawa timur
Photo by Ron Lach on Pexels

1. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Universitas kedokteran di Jawa Timur ini menerapkan kurikulum sistem blok di Prodi Kedokteran. Berdasarkan kurikulum tersebut, metode perkuliahan mahasiswa Kedokteran UKWMS adalah problem-based learning. Di samping S1 Kedokteran, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya juga membuka Prodi Pendidikan Profesi Dokter. Setelah lulus kuliah Kedokteran di Surabaya, alumni UKWMS berhak untuk menyandang gelar dr. dan S.Ked.

universitas kedokteran di jawa timur
Photo by Thirdman on Pexels

2. Universitas Surabaya

Pilihan Fakultas Kedokteran di Surabaya berikutnya berada di Universitas Surabaya, yang lebih sering disingkat Ubaya. Sama seperti UKWMS, Ubaya juga membuka dua prodi sekaligus di Fakultas Kedokterannya, yaitu S1 Kedokteran dan Profesi Dokter.

Prodi Kedokteran Ubaya juga menggunakan sistem blok. Dalam delapan semester pertama perkuliahan akademik, mahasiswa Kedokteran belajar ilmu kedokteran dan pendidikan kedokteran dasar. Berikutnya, pada tahap pendidikan profesi, mahasiswa Prodi Kedokteran Ubaya mengikuti rotasi klinik selama empat semester.

kuliah kedokteran di surabaya
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

3. Universitas Negeri Malang

Ini dia, Sobat Pintar, Jurusan Kedokteran terbaru di Jawa Timur! Universitas Negeri Malang dikabarkan membuka Fakultas Kedokteran di Jawa Timur. Mahasiswa FK UM 2022 diseleksi melalui Seleksi Mandiri. Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, diperkirakan seluruh jalur seleksi sudah dapat dibuka.

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret berperan sebagai Fakultas Pembina dalam pembukaan Jurusan Kedokteran terbaru di Jawa Timur ini. Ke depannya, Universitas Negeri Malang berencana untuk membuka Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, dan Gizi.

fakultas kedokteran di surabaya
Photo by Maksim Goncharenok on Pexels

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Jangan lewatkan Universitas Muhammadiyah Malang jika kamu mencari Fakultas Kedokteran terbaik di Jawa Timur. UMM menyediakan sekaligus pendidikan preklinik dan klinik. Setelah menyelesaikan kuliah Pendidikan Dokter, kamu bisa segera melanjutkan Pendidikan Profesi Dokter di kampus yang sama.

Jurusan kedokteran terbaru di jawa timur
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

5. Universitas Brawijaya

Salah satu PTN di Jatim yang unggul dibidang kedokteran dan farmasi adalah Universitas Brawijaya. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya menaungi banyak program studi, termasuk di dalamnya adalah Farmasi dan Kebidanan. Selain Program Profesi Dokter, fakultas ini juga menaungi Profesi Apoteker dan Profesi Bidan.

Setelah menyelesaikan kuliah Pendidikan Dokter dan mengikuti Profesi Dokter, kamu bisa melanjutkan kuliah di Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di Universitas Brawijaya. Sebagai salah satu kampus jurusan dokter di Jawa Timur, Universitas Brawijaya membuka banyak pilihan PPDS, antara lain Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Penyakit Dalam, Ophthalmology, Neurologi, Mikrobiologi Klinik, dan masih banyak lagi.

fakultas kedokteran di jawa
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

6. Universitas Hang Tuah Surabaya

Sama seperti di UB, Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya tak hanya menaungi Prodi Kedokteran. Ada Prodi Farmasi juga di Fakultas Kedokteran swasta ini. Sama seperti universitas kedokteran di Jawa Timur yang lain, UHT juga menyediakan Program Profesi Dokter. Setelah menyelesaikan kuliah Kedokteran, mahasiswa FK UHT dapat mengikuti Profesi Dokter selama dua tahun.

fakultas kedokteran terbaik di jawa timur
Photo by SHVETS production on Pexels

7. Universitas Islam Malang

Malang menyediakan beberapa alternatif tempat kuliah Kedokteran, Sobat Pintar. Kali ini, ada Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.  Ada tiga prodi atau jurusan di Fakultas Kedokteran ini, yaitu Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, dan Farmasi. Fun fact menarik tentang FK Unisma adalah bahwa ia merupakan Fakultas Kedokteran di Jawa Timur yang pertama berdiri di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia.

ptn di jatim yang unggul dibidang kedokteran dan farmasi adalah
Photo by Edward Jenner on Pexels

8. Universitas Airlangga

Saking populer dan difavoritkannya, Universitas Airlangga mungkin bisa dinobatkan sebagai universitas kedokteran di Jawa Timur. FK Unair adalah runner up Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, FK Unair terdiri dari 43 prodi, dengan dua prodi S1, enam prodi S2, satu prodi S3, dua prodi profesi, 25 profi spesialis, dan tujuh prodi subspesialis.

Dua prodi S1 di FK Unair adalah Kebidanan dan Kedokteran, sedangkan dua prodi profesinya adalah Bidan dan Dokter. Kalian yang bercita-cita kuliah kedokteran di Surabaya, tawaran FK Unair ini pasti sulit untuk ditepis apalagi program spesialisnya banyak banget. PPDS yang ada di Fakultas Kedokteran di Surabaya ini antara lain Andrologi, Bedah Toraks Kardiovaskular, Ilmu Bedah, Ilmu Bedah Anak, Ilmu Bedah Saraf, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kesehatan Mata, dan masih banyak lagi.

kampus jurusan dokter di Jawa Timur
Photo by Vidal Balielo Jr on Pexels

9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Lebih dikenal dengan nama singkat UIN Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah sebuah perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Agama yang ada di Kota Malang. Prodi Kedokteran UIN Malang menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Ada tiga prodi di fakultas ini, yaitu Farmasi, Pendidikan Dokter, dan Profesi Dokter.

universitas kedokteran di jawa timur
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

10. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kegiatan perkuliahan di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya telah dimulai sejak tahun 1986. Soal yang baru-baru, tentu saja fakultas ini tidak memiliki Jurusan Kedokteran terbaru di Jawa Timur. Namun demikian, Prodi Pendidikan Dokter di UWK mendapatkan dukungan staf pengajar dari FK Unair. Di samping Program Studi Pendidikan Dokter, FK UWK juga menaungi Program Studi Profesi Dokter.

jurusan di fakultas kedokteran
Photo by MART PRODUCTION on Pexels

11. Universitas Jember

Masih ada satu lagi Fakultas Kedokteran di Jawa Timur, yaitu di Universitas Jember. Unej, begitu kampus negeri ini lebih dikenal, memiliki salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Jawa Timur. Ada tiga fase pendidikan kedokteran di Unej, I dan II merupakan tahap akademik yang diselesaikan dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked.). Fase III adalah tahap pendidikan profesi yang lulusannya mendapatkan gelar dokter (dr.). Ketiga fase tersebut normalnya dapat diselesaikan dalam 11 semester.

Selain UB, PTN di jatim yang unggul dibidang kedokteran dan farmasi adalah Unej. Sama seperti UB, Farmasi juga berdiri sebagai sebuah fakultas sendiri di Unej.

Itulah sederet pilihan kampus jurusan dokter di Jawa Timur. Ada yang kamu incar, Sobat Pintar?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog