redesain-navbar Portlet

null

Blog

11 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Menjadi mahasiswa baru setelah dinyatakan lulus sekolah menengah menjadi hal yang mendebarkan. Kegiatan kuliah yang berbeda dengan jadwal sekolah akan menuntutmu beradaptasi. Selain itu, kamu juga perlu berlatih menjadi anak rantau.

Jangan kaget setelah lulus dari sekolah menengah, kamu akan hidup dengan jadwal yang baru. Tidak seperti di sekolah yang memberikan jadwal tetap setiap hari, ketika kuliah nanti kamu akan mendapati jadwal yang tidak teratur. Ada kuliah yang diberikan pada pagi hari, tetapi ada pula yang mulai sore hari setelah jeda panjang. Diperlukan kedisiplinan dari diri sendiri dan motivasi kuat agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Sebab, di dunia perkuliahan tidak ada guru yang akan memarahimu ketika membolos.

Pengalaman sebagai mahasiswa baru pastinya akan berpengaruh pada berbagai persiapan yang harus kamu lakukan, terutama hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan. Diperlukan waktu ekstra untuk membuat daftar kebutuhan hingga berbelanja. Jangan sampai aktivitas perkuliahan terganggu karena kamu lupa menyiapkan hal-hal penting untuk kuliah. Apa saja persiapan masuk kuliah bagi mahasiswa baru? Berikut informasinya.

 

1.Gadget Penunjang Kuliah

Kegiatan perkuliahanmu nanti tidak selalu menggunakan buku sebagai sumber referensi. Seringkali dosen akan meminta mahasiswanya untuk mencari referensi baru, bahkan referensi yang sumbernya internasional. Masukkan laptop, PC, atau tablet dalam daftar barang yang wajib dimiliki mahasiswa. Nantinya, gadget tersebut akan memudahkan pencarian referensi tugas-tugasmu.

Selain itu, aktivitas pembuatan laporan dan tugas kuliah juga sangat membutuhkan adanya gadget tersebut. Usahakan memilih gadget yang praktis dibawa ke mana saja agar kamu tetap bisa mengerjakan tugas kuliah sekalipun tidak berada di kampus. Apabila kamu lebih nyaman mengerjakan tugas di kost, kamu bisa membeli PC dan menggunakan tablet atau smartphone ketika berada di kampus.

 

2.Buku Referensi Perkuliahan

Sudah tahu apa saja hal-hal yang akan kamu pelajari ketika kuliah? Jika belum, kamu bisa membuka website resmi fakultas atau program studi dan mencari tahu kurikulum perkuliahan. Biasanya terdapat daftar mata kuliah yang akan diajarkan dan referensi buku yang digunakan. Di masa awal kuliah inilah saat yang tepat untuk mengumpulkan referensi buku kuliah tersebut.

Alternatif pertama yang bisa kamu lakukan adalah membeli buku fisik di toko buku atau secara online. Setelah menemukan nama penulis buku dan judul yang ditulis, lakukan pencarian hingga pembelian. Alternatif kedua yang bisa kamu lakukan adalah mengunduh e-book atau buku elektronik. Saat ini ada banyak penyedia situs e-book gratis yang bisa kamu manfaatkan. Situs tersebut menyediakan berbagai macam referensi buku dalam berbagai bahasa yang bisa memperkaya referensi perkuliahan.

Mengunduh e-book untuk referensi kuliah juga menjadi solusi bagi kamu yang suka membaca di layar serta tidak ingin membawa buku berat ketika kuliah. Gunakan tablet atau e-book reader khusus untuk memudahkanmu membaca referensi kuliah. Meskipun kamu menggunakan e-book sebagai referensi, jangan lupa untuk mencatat poin-poin penting agar tidak terlupa, ya!

 

3.Buku Catatan Kuliah

Tidak seperti pembelajaran di sekolah menengah yang membutuhkan buku terpisah, di perkuliahan kamu akan dibebaskan dalam membuat catatan. Oleh karena itu, buatlah buku catatan yang akan membuatmu termotivasi ketika mendapatkan materi. Kreasikan buku catatanmu, misalnya dengan memberi highlight pada bagian penting, menggunakan hand lettering, hingga menempel ilustrasi terkait mata kuliah. Apabila kamu ingin menggabungkan seluruh mata kuliah dalam satu buku catatan, kamu memerlukan pembatas buku atau sticky note sebagai penanda. Ketika akan mencari materi kuliah, kamu tidak akan kesulitan.

 

4.Printer

Tugas kuliah yang diberikan dosen seringkali membutuhkan bukti fisik ketika dikumpulkan. Agar lebih praktis dan bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, kamu membutuhkan printer sendiri. Tidak perlu printer yang mahal asalkan kamu sudah bisa mencetak tugas dengan tulisan yang jelas. Jika memungkinkan, kamu bisa membeli printer yang sudah dilengkapi alat scan.

Kamu dapat membeli kertas dalam jumlah banyak sekaligus dan menyimpannya sebagai stok. Untuk tugas yang perlu dijilid sebelum dikumpulkan, siapkan pula kertas mika, lakban, staples, dan kertas tebal agar kamu bisa menjilidnya di kost. Pengeluaran untuk mencetak tugas di tempat fotokopi pun bisa dihemat dengan mengerjakannya sendiri.

 

5.Flashdisk dan USB OTG

Perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk bisa dikatakan wajib untuk para mahasiswa. Ketika kuliah, dosen akan memberikan materi melalui flashdisk, sehingga kamu akan lebih mudah mendapatkan materi tersebut. Untuk bertukar file dengan teman yang lain tanpa kuota internet, manfaatkan USB OTG (on the go) yang bisa memindahkan file dari HP ke flashdisk. Sesuaikan USB OTG yang akan kamu pakai dengan tipe HP karena ada jenis HP yang membutuhkan jenis USB OTG khusus.

 

6.Alat Tulis

Kebutuhan alat tulis untuk kuliah perlu kamu buat daftarnya sebelum perkuliahan dimulai. Alat tulis standar bagi mahasiswa seperti pulpen, penghapus, dan buku pastinya wajib masuk ke dalam daftar. Selain itu, kamu bisa menambahnya dengan sticky note, buku kecil untuk mencatat tugas, highlighter, spidol, dan alat tulis penunjang lainnya. Agar lebih rapi, masukkan alat tulis tersebut dalam kotak pensil.

Masalah yang sering dihadapi mahasiswa ketika membawa alat tulis adalah kehilangan, baik karena tertinggal maupun karena tidak dikembalikan teman setelah dipinjam. Ketika berangkat kuliah, kotak pensil lengkap dan penuh. Tapi, ketika kuliah selesai, kotak pensil menjadi kosong. Untuk mengantisipasinya, berikan label nama pada setiap alat tulis yang kamu miliki beserta nomor HP. Ketika alat tulismu tidak sengaja terbawa teman atau belum dikembalikan, mereka tidak akan kesulitan menghubungimu.

 

7.ATM dan M-Banking

Sebagai mahasiswa baru, kamu perlu memiliki ATM dan nomor rekening sendiri agar orang tua lebih mudah mengirimkan uang bulanan. Selain itu, kamu tidak akan kesulitan ketika bertransaksi. Jangan lupa melakukan aktivasi mobile banking (m-banking) untuk memudahkan transaksi dan pengecekan saldo. Kamu pun bisa menghemat waktu dengan bertransaksi via gadget daripada datang ke ATM. Jika belum punya rekening pribadi, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini pembukaan rekening bank bisa dilakukan secara online asalkan sudah memiliki e-KTP.

 

8.Pakaian Kuliah

Pakaian untuk kuliah akan sangat berbeda dengan pakaian ketika kamu di sekolah menengah. Tidak ada seragam khusus, sehingga kamu akan dibebaskan mengenakan pakaian yang disukai asalkan sopan dan rapi. Pastikan terlebih dahulu aturan yang ditetapkan di kampusmu terkait penggunaan pakaian kuliah. Agar lebih aman, kamu bisa mengenakan kemeja dan pakaian batik. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu pendek dan ketat ketika berada di kampus. Pakaian yang terbatas selama kuliah bisa kamu siasati dengan mix and match. Padu padankan pakaian yang kamu miliki, sehingga penampilanmu akan senantiasa berbeda tanpa harus membeli pakaian baru setiap bulan.

 

9. Cari kamar kost

Persiapan-persiapan untuk mahasiswa baru tidak hanya seputar persiapan kuliah dan biayanya saja. Ada persiapan lain yang tidak kalah penting. Sebagai lulusan sekolah menengah yang sudah mendapatkan tempat kuliah, baik di kampus negeri maupun kampus swasta, ada persiapan yang tidak boleh kamu abaikan, apalagi jika kampus pilihanmu lokasinya jauh dari tempat tinggal. Kamu perlu memilih hunian yang memudahkan mobilitas menuju kampus.

Tidak punya kenalan di perantauan padahal ingin mencari tempat kost yang nyaman? Tenang. Ada aplikasi pencarian & sewa kost yaitu Mamikos yang siap membantu. Kamu tidak perlu survey ke lokasi kost tujuan  dan mengeluarkan banyak biaya karena semua informasi tentang kost bisa kamu peroleh dari satu aplikasi saja. Harga sewa kamar kost, fasilitas kamar kost, kondisi sekitar kost, hingga tampilan bagian dalam kost bisa kamu cari tahu via Mamikos.

Selain itu, kamu juga bisa langsung booking kost impian kamu tersebut serta melakukan pembayaran sewa kost langsung melalui aplikasinya.

 

10.Perabot untuk Kost

Sebagai mahasiswa baru yang pertama kali menempati kost, persiapan perabot adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan, apalagi jika kost yang kamu pilih dalam kondisi kosongan. Perabot yang biasanya diperlukan mahasiswa adalah lemari pakaian, rak sepatu, gantungan baju, hingga peralatan masak. Lakukan penataan yang baik untuk kamarmu, sehingga kondisi kamar tidak terlihat penuh. Kamu pun tetap nyaman berada di dalamnya.

 

11.Dana Darurat

Permasalahan keuangan bagi mahasiswa baru sangat mungkin terjadi. Misalnya saja ketika sakit atau harus membayar biaya kuliah mendadak, kamu tidak memiliki dana yang cukup. Seringkali meminjam uang pada teman kost tidak membuahkan hasil. Di sisi lain, kamu juga tidak bisa meminta uang pada orang tua karena kondisi tertentu.

Sebelum masuk kuliah, siapkan dana darurat dengan nominal yang sudah kamu tentukan. Pisahkan dana tersebut dari ATM yang sering kamu gunakan untuk bertransaksi. Buatlah komitmen pada diri sendiri untuk tidak menggunakan dana darurat tersebut untuk berbelanja atau kebutuhan konsumtif lainnya. Ketika kondisi ekonomimu sedang tidak baik, kamu pun tidak akan kesulitan hidup di tanah rantau karena sudah memiliki cadangan uang di dana darurat.

 

Demikian informasi 11 hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk kuliah yang wajib diketahui  mahasiswa. Luangkan waktu untuk mempersiapkan berbagai macam kebutuhan tersebut sekaligus latihlah diri agar bisa beradaptasi. Semangat!

0
220

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet