APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

11 Peluang Profesi Lulusan Jurusan Teknik Industri

Cari Tahu Jurusanmu

photo via www.design-engineering.com

Para lulusan Jurusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang cukup luas. Dunia pertambangan, perbankan, periklanan, layanan kesehatan, hingga otomotif membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang dicetak dari Jurusan Teknik Industri. Kisaran pendapatannya juga cukup menggiurkan, mulai belasan hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya. Nah, mau tahu profesi apa yang bisa kamu geluti setelah lulus dari Teknik Industri?

 

1. Product Analyst

Jika kamu seorang Product Analyst, kamu akan menganalisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan serta memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, hingga menilai keseluruhan produksi. Hasil analisamu nantinya akan berpengaruh pada efisiensi dan efektivitas produksi suatu industri.

2. Engineering Manager

Sebagai seorang Engineer Manager, kamu tak hanya membuat rencana kerja, tapi juga mengatur sumber daya yang dibutuhkan dalam suatu proyek kerja.

3. Project Management Analyst

Kamu akan bekerja dengan Project Manager untuk menganalisa efisiensi proses produksi.

4. Project Manager

Sebagai seorang Project Manager, tanggung jawabmu serupa dengan Engineering Manager. Hanya saja, kamu akan mengatur tim yang lebih besar.

5. Sales Engineer

Kombo pengetahuan teknik dan bisnis Teknik Industri akan membuatmu menjadi seorang Sales Engineer yang baik. Kamu memiliki product knowledge dan bisa mengeksplorasi detail produk, sehingga mampu menjelaskan kualitas dan kegunaan produk perusahaan dengan baik.

6. Cost Control Engineer

Seorang Cost Control Engineer akan membuat kalkulasi biaya, tenaga, dan waktu yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi.

7. Health and Safety Environment Engineer

Tugasmu sebagai seorang Health and Safety Environment Engineer adalah menganalisa prosedur kerja dan lokasi serta dampaknya pada kesehatan dan keselamatan pekerja.

8. Quality Control Engineer atau Quality Controller

Berada pada akhir atau hilir proses produksi, seorang Quality Control Engineer harus memastikan bahwa semua produk final telah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

9. Logistic Specialist

Sebagai seorang Logistic Specialist, kamu akan menganalisa dan mengatur rantai pasokan produksi. Proses sedari datangnya bahan baku sampai distribusi ke konsumen seluruhnya berada dalam cakupan kerjamu.

10. Konsultan

Seorang lulusan Teknik Industri akan terlatih untuk berpikir secara sistematik dan integratif, dua kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh seorang konsultan. Maka tak jarang lulusan Teknik Industri berprofesi sebagai seorang konsultan.

11. Wirausahawan

Wirausahawan atau entrepeneur juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi lulusan Teknik Industri. Memang cukup berisiko, tapi kamu bisa melihatnya sebagai tantangan. Kamu bisa menggunakan kemampuanmu merancang dan mengatur industri untuk memulai dan menerapkan prinsip-prinsip yang sama pada bisnis dibidang apapun.

 

Teknik Industri memang terkenal sebagai jurusan teknik yang enggak teknik banget. Tapi hasilnya, kamu punya pilihan profesi yang lebih beragam juga setelah lulus. Jadi, profesi mana yang menarik minatmu?

370

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog