APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

11 Politeknik yang ada di Bandung, Jawa Barat

Ada banyak pilihan politeknik di Bandung buat kuliah D3 dan D4.

Photo by Ifan Fauzan on Unsplash

Politeknik yang ada di Bandung itu puluhan! Sobat Pintar sudah tau fakta ini? Iya, kamu enggak salah baca, memang poltek di Bandung itu banyak banget. Kamu mau kuliah di politeknik negeri di Bandung? Ada. Mau kuliah di politeknik swasta terbaik? Ada juga! Apa sih, yang enggak di Bandung?

Namun jika kita harus memilih satu dari sekian puluh poltek di Bandung, bisa berkeringat ga sih, otak kita nanti? (Yakali otak keringetan!) Nah, biar enggak kram otak (apa lagi ini), liat aja deh, daftar politeknik di Bandung berikut. Lengkap loh, ini beberapa referensi politeknik di Bandung dan jurusannya sekaligus.

Politeknik yang ada di bandung
Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

1. Politeknik Al Islam

Politeknik swasta di Bandung ini berdiri sebagai Akademi Manajemen Perumahsakitan tahun 2001. Setelah nama yayasan berubah menjadi RS Islam KSWI Jawa Barat, politeknik di Jawa Barat ini pun berganti nama menjadi Politeknik Al Islam berdasarkan SK Mendiknas tahun 2005.

Ada tiga program studi yang ditawarkan di Politeknik Al Islam, yakni Radiologi, Administrasi Rumah Sakit, dan Terapi Wicara. Ketiganya merupakan Program D3. Salah satu politeknik swasta terbaik di Jawa Barat ini beralamat di Jl. Cisaranten Kulon No.120 Bandung.

politeknik negeri yang ada di bandung
Photo by Sixteen Miles Out on Unsplash

2. Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung

Lebih dikenal dengan kependekan PEP Bandung, politeknik negeri yang ada di Bandung ini merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian ESDM. Tak heran bila fokus PEP Bandung adalah pada pendidikan vokasi subsektor geologi, batu bara, dan mineral.

Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung berdiri pada tahun 2019 dengan tiga program studi, yaitu Teknologi Geologi, Teknologi Metalurgi, dan Teknologi Pertambangan. Ketiganya juga merupakan Program D3. Ingin kuliah di politeknik negeri di Jawa Barat ini, Sobat Pintar? Kampusnya berada di Jl. Jend. Sudirman No. 623 Bandung.

Politeknik Negeri di Bandung
Photo by Paul Schafer on Unsplash

3. Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP

Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP dikenal juga dengan kependekan Poltek APG atau PGP AGP. Politeknik swasta di Bandung ini berdiri berdasarkan Keputusan Mendiknas tahun 2007 dan dinaungi oleh Yayasan Winaya Karya Bhakti.

Ada tiga program studi di Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP, yaitu Teknologi Geologi, Teknologi Pertambangan Mineral, dan Manajemen Informatika (Geo-Informatika). Salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pertambangan ini beralamat di Jl. Cisaranten Kulon No.40 Arcamanik, Bandung.

Politeknik Swasta di Bandung
Photo by Alisa Anton on Unsplash

4. Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit

Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit lebih dikenal sebagai Poltekes TNI AU. Politeknik swasta di Bandung ini berdiri sebagai sebuah Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) TNI AU tahun 1984 di bawah naungan RS TNI AU. Sempat berkembang menjadi AKPER TNI AU, perguruan tinggi ini resmi menjadi salah satu politeknik yang ada di Bandung sejak tahun 2007 dan dinaungi oleh Yayasan Adi Upaya (YASAU).

Poltekes TNI AU saati ini membuka tiga Program Studi D3, yaitu Keperawatan, Kebidanan, dan Farmasi. Poltek di Bandung ini beralamat di Jl. Ciumbuleuit No.203 Bandung.

politeknik negeri di jawa barat
Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

5. Politeknik Kesejahteraan Sosial

Poltekesos, begitu politeknik negeri di Bandung ini lebih dikenal, merupakan sebuah perguruan tinggi di bawah Kemensos. Berdiri pada tahun 1965 sebagai Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), Politeknik Kesejahteraan Sosial menjadi bagian dari salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia.

Ada tiga Program Studi D4 di Poltekesos, yakni Pekerjaan Sosial, Rehabilitasi Sosial, serta Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial. Politeknik negeri di Jawa Barat ini beralamat di Jl. Ir. H. Juanda No. 367 Kota Bandung.

daftar politeknik di bandung
Photo by Olga Tutunaru on Unsplash

6. Politeknik Manufaktur Bandung

Disebut sebagai pionir pendidikan politeknik di Indonesia, Politeknik Manufaktur Bandung berdiri pada tahun 1976. Politeknik negeri yang ada di Bandung ini lebih dikenal dengan kependekan Polman Bandung, berlokasi di Jl. Kanayakan No.21, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Ada banyak pilihan prodi di Polman Bandung. Untuk Program D3, politeknik negeri di Bandung ini membuka Prodi Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi, Pemeliharaan Mesin, Teknologi Manufaktur, Teknologi Perancangan Perkakas Presisi, dan Teknologi Pengecoran Logam. Sedangkan untuk Program D4, pilihan prodinya antara lain Teknologi Rekayasa Manufaktur, Manajemen Teknologi Rekayasa, Rekayasa Perancangan Mekanik, Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur, Teknologi Rekayasa Material Maju, Teknologi Rekayasa Mekatronika, Teknologi Rekayasa Otomasi, dan Teknologi Rekayasa Informatika Industri.

politeknik di bandung dan jurusannya
Photo by Brandi Redd on Unsplash

7. Politeknik Negeri Bandung

Ada Polman, ada juga Polban, Sobat Pintar. Sama-sama berstatus sebagai politeknik negeri, Polban adalah kependekan dari Politeknik Negeri Bandung. Berdirinya politeknik negeri di Jawa Barat ini diprakarsai oleh Departemen Pekerjaan Umum (DPU) pada tahun 1951. Dari sebuah akademi, perguruan tinggi ini terus mengalami perkembangan hingga bertransformasi menjadi Politeknik Negeri Bandung berdasarkan SK Kemendikbud tahun 1997.

Saat ini Polban Bandung membuka Program D3 Teknik Konstruksi Gedung, Teknik Konstruksi Sipil, Teknik Mesin, Teknik Aeronautika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Konversi Energi, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Analis Kimia, Teknik Informatika, Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, Manajemen Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, dan Bahasa Inggris. Untuk Program D4-nya, ada Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin, Proses Manufaktur, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Konversi Energi, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Otomasi Industri, Teknik Kimia Produksi Bersih, Teknik Informatika, Akuntansi Manajemen Pemerintahan, Keuangan Syariah, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Administrasi Bisnis, dan Manajemen Aset. Politeknik negeri yang ada di Bandung ini beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

politeknik di jawa barat
Photo by Chris Lawton on Unsplash

8. Politeknik Pajajaran

Kalau politeknik swasta di Bandung ini, dikenalnya dengan kependekan Poljan, Sobat Pintar. Politeknik Pajajaran sudah menjadi bagian dari dunia pendidikan tinggi di Indonesia selama lebih dari 20 tahun.

Salah satu politeknik swasta terbaik ini membuka Program D3 Keuangan dan Perbankan, Akuntansi, Sekretari, Teknik Komputer, dan Perhotelan. Politeknik Pajajaran beralamat di Jl. Penghulu H. Hasan Mustopa No.39, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.


Photo by Brigitte Tohm on Unsplash

9. Politeknik Piksi Ganesha

Politeknik Piksi Ganesha merupakan sebuah politeknik swasta di Bandung yang dinaungi oleh Yayasan Piksi Ganesha. Beralamat di Jl. Jend. Gatot Subroto 301, Bandung, Politeknik Piksi Ganesha terdiri dari tiga fakultas berikut, beserta jurusannya masing-masing.

Fakultas

Jurusan

Ekonomi dan Bisnis

D3 Administrasi Keuangan

D4 Komputerisasi Akuntansi

D4 Bisnis Digital

IT dan Komputer

D3 Manajemen Informatika

D3 Teknik Komputer

D4 Produksi Media

D4 Manajemen Informatika

Kesehatan

D3 Analis Kesehatan

D3 Farmasi

D3 Fisioterapi

D3 Manajemen Pelayanan Rumah Sakit

D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

D4 Manajemen Informasi Kesehatan


Photo by Samantha Gades on Unsplash

10. Politeknik Pos Indonesia

Namanya Politeknik Pos Indonesia. Coba tebak, politeknik yang ada di Bandung ini perguruan tinggi negeri atau swasta, Sobat Pintar?

Politeknik Pos Indonesia adalah sebuah politeknik swasta di Bandung. Perguruan tinggi vokasi ini dikenal unggul di bidang manajemen rantai pasok dan logistik. Dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (​YPBPI), Politeknik Pos Indonesia membuka Program D3 Logistik Bisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Akuntansi, dan Pemasaran. Sementara Program D4 yang ada di poltek di Bandung ini antara lain Logistik Bisnis, Teknik Informatika, Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan E-Commerce Logistics. Politeknik Pos Indonesia beralamat di Jl. Sariasih No. 54 Sarijadi Bandung.


Photo by Milk-Tea on Unsplash

11. Praktisi Politeknik Bisnis Digital

Praktisi adalah sebuah politeknik swasta di Bandung, didirikan oleh para praktisi terkemuka di bidang perpajakan, akuntansi, dan sistem informasi. Berdiri pada tahun 2002, Praktisi telah menjadi bagian penting dalam pendidikan vokasi di Indonesia selama lebih dari 15 tahun.

Berlokasi did Jl. Purnawarman No. 40 Bandung, ada empat Program D3 yang dibuka di Praktisi, yaitu Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Infromatika, dan Manajemen Bisnis Digital. Tertarik kuliah di politeknik swasta di Bandung ini, Sobat Pintar?

Kamu bisa mendaftar kuliah di Praktisi secara online melalui Aku Pintar. Proses pendaftaran seperti ini lebih menguntungkanmu, Sobat. Caranya cepat dan simpel, udah gitu harga form pendaftarannya pun lebih murah daripada mendaftar secara offline. Kalau bisa mendaftar dengan praktis, kenapa pilih cara yang ribet siy?
 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog