redesain-navbar Portlet

Blog

Prospek Kerja Sarjana Sistem Informasi, photo credit inimedia.co.id

12 Prospek Kerja Sarjana Sistem Informasi

Sistem Informasi membuka peluang pada berbagai profesi.

Sobat Pintar tertarik untuk belajar tentang IT atau bisnis? Tak perlu memilih, Sobat dapat mempelajari keduanya bersamaan pada Jurusan Sistem Informasi.

Jurusan atau Program Studi Sistem Informasi dikenal juga sebagai Manajemen Informatika. Pada prinsipnya, Sistem Informasi dikategorikan menjadi Sistem Pemrosesan Transaksi, Sistem Informasi Eksekutif, Sistem Pendukung Keputusan, dan Sistem Informasi Manajemen.

Dengan latarbelakang keilmuan tersebut, lantas apa saja prospek pekerjaan seorang Sarjana Sistem Informasi (S.SI)? Let's find out!

 

1. Business Analyst

Seiring dengan meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis, maka Business Analyst juga semakin dibutuhkan. Keberadaan seorang Business Analyst sangat penting, salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user.

 

2. Web Developer

Seorang Web Developer membuat program aplikasi untuk suatu website. Web Developer-lah yang membuat website dari nol hingga tampilannya menarik dan setiap fungsinya dapat digunakan. Profesi ini memang lebih dekat dengan sisi IT dalam Sistem Informasi.

 

3. Project Manager

Kembali pada sisi bisnis, Project Manager adalah penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.

 

4. E-Commerce System Developer

Tugas seorang E-commerce System Developer cukupkompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan. Bila profesi ini adalah cita-citamu, bangun dan kembangkan kecakapanmu untuk bekerja dalam tim sejak sekarang, Sobat.

 

5. IT Manager

Untuk menduduki jabatan sebagai IT Manager, Sobat Pintar haruslah memiliki kemampuan manajemen yang baik. Your job will be planning, coordinating, and directing activities related to computer and information system of a company. Instalasi dan maintenance pada hardware, software, hingga network perusahaan menjadi tanggungjawab IT Manager.

 

6. Database Administrator

Tugas seorang Database Administrator adalah mengelola dan merapikan data perusahaan. Di Amerika Serikat, profesi ini mengalami peningkatan sebesar 11% sejak 2014 hingga 2024. Data yang disebutkan oleh Bureau of Labor Statistics ini melebihi rata-rata peningkatan profesi yang lain.

 

7. System Analyst

Meskipun sering tumpang tindih, System Analyst berbeda dari Business Analyst. Seorang System Analyst lebih terfokus pada sistem IT, misalnya mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, maupun mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai.

 

8. IT Consultant

Ingin bekerja dibidang pelayanan, Sobat? Nah, barangkali profesi IT Consultant akan sesuai untukmu kelak. Seorang IT Consultant biasanya membantu klien yang ingin menggunakan IT. IT Consultant jugamembantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya.

 

9. System Engineer

Bila Sobat Pintar memiliki minat pada sesuatu yang kompleks, profesi System Engineer mungkin menarik untukmu. Tugas seorang System Engineer memang mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering sendiri merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasan dan manajemen rekayasan – kompleks, bukan?

 

10. Information System Manager

Sebagai seorang Information System Manager, Sobat kelak akan mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

 

11. Network Security

Dari namanya saja, Sobat sudah dapat menebak bahwa profesi ini berkaitan dengan keamanan jaringan. Di negara-negara maju saat ini profesi Network Security merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan dibidang cybersecurity dengan bayaran paling tinggi. Berminat, Sobat?

 

12. Programmer

Berbekal pengetahuannya dibidang IT, alumni Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Programmer. Bila coding menjadi minatmu sejak sekarang, boleh juga mempertimbangkan Sistem Informasi sebagai salah satu pilihan jurusan kuliah nanti.

Tapi bukankah kebanyakan Programmer kuliah pada Jurusan Teknik Informatika? Well, we don't have a simple answer, actually. Kalau Sobat Pintar masih belum yakin juga jurusan mana yang dipilih agar karirmu kelak berkembang pesat, gunakan saja fitur Kampus Pintar untuk membandingkan jurusan kuliah terbaik untukmu.

Lebih masukan Blog

KKN, Apa Itu?

KKN, apa itu? Bukan korupsi kolusi dan nepotisme, tapi KKN adalah Kuliah Kerja Nyata. Nanti...

Pertimbangkan 3 Alasan Ini sebelum Curhat melalui Akun Medsosmu

At one point, kita semua pernah merasa sedih dan terpuruk. At one point, kita semua...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka