redesain-navbar Portlet

Blog

13 Hal yang Perlu Disiapkan untuk Kuliah Tatap Muka

13 hal yang perlu Sobat persiapkan untuk kuliah tatap muka – Perkuliahan yang akan dimulai tahun 2021 bagi mahasiswa baru akan terasa berbeda. Sebab, kondisi pandemi belum berakhir sehingga protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Diperlukan persiapan matang agar Sobat Pintar bisa menjalani perkuliahan dengan baik dan tetap sehat.

 

Persiapan-Persiapan Kuliah Tatap Muka

Selama pandemi, terdapat banyak perubahan pada kegiatan perkuliahan yang dilakukan, seperti kuliah tatap muka yang diubah menjadi kuliah online. Tidak ada mahasiswa yang datang ke kampus untuk menghadiri kuliah dari dosen dan tidak ada pertemuan langsung bersama teman-teman untuk meminimalkan penularan virus. Pemberian tugas hingga ujian kuliah pun dilakukan secara online. Tentu mahasiswa lama merasa rindu dengan suasana kuliah langsung.

Di tahun 2021, perkuliahan akan kembali dilakukan secara tatap muka dengan banyak penyesuaian. Sebelum perkuliahan tatap muka dilaksanakan, ada persiapan khusus bagi para mahasiswa yang kuliah saat pandemi. Selain perlu menjaga kesehatan agar diizinkan mengikuti perkuliahan, ada pula persiapan penting lainnya, seperti membawa alat protokol kesehatan hingga memastikan tempat tinggal aman dan nyaman. Apa saja hal-hal yang perlu Sobat miliki menjelang kuliah tatap muka? Simak tips berikut.

 

1. Hand Sanitizer

Hand sanitizer adalah benda yang wajib dibawa ke mana pun, apalagi jika lokasi yang didatangi tidak menyediakan tempat cuci tangan dan sabun. Terkadang kita tidak menyadari bahwa menggunakan fasilitas umum bersama-sama akan meningkatkan risiko penularan virus. Dengan membawa hand sanitizer, Sobat bisa langsung membersihkan tangan dari mikroba lainnya.

Bentuk hand sanitizer yang beredar di pasaran sangat beragam. Jika mengalami alergi atau merasa kulitmu kering karena terlalu sering menggunakan hand sanitizer, pertimbangkan kembali bahan-bahan yang digunakan. Saat ini sudah ada hand sanitizer yang dilengkapi bahan tertentu untuk membuat kulit tetap lembut sekalipun sering digunakan. Adanya hand sanitizer berbentuk spray pun akan memudahkanmu mengaplikasikannya.

 

2. Masker Cadangan

Meskipun Sobat sudah bisa bertemu dengan teman-teman di kampus, tetaplah menjaga jarak dan menggunakan masker. Penularan virus ketika interaksi tanpa masker lebih tinggi dibandingkan saat menggunakannya. Tidak ada salahnya membawa masker cadangan di dalam tas agar bisa menggantinya setelah beberapa jam, apalagi jika perkuliahanmu berlangsung seharian. Pilihlah masker tebal yang nyaman, seperti masker khusus hijab atau masker biasa. Hindari melepas masker saat berada di dalam ruangan kelas yang minim ventilasi udara.

 

3. Peralatan Makan Pribadi

Saat jeda kuliah dan harus membeli makan siang di kantin, sebisa mungkin hindari menggunakan fasilitas alat makan di tempat makan tersebut. Sobat bisa membawa alat makan sendiri, seperti kotak makan, sendok, garpu, dan gelas agar tidak dipakai bersama-sama dengan pembeli lain. Gunakan kotak makan tersebut ketika membeli makanan. Membawa alat makan sendiri juga lebih bersih. Apabila Sobat tidak menghabiskan makanan, sisa makanan bisa dibawa pulang.

 

4. Zero Touch Tool

Pandemi secara tidak langsung membuat orang-orang menjadi khawatir ketika memegang benda yang juga dipegang orang lain. Dengan adanya zero touch tool atau alat bantu untuk membuka pintu dan menekan tombol lift kampus, kita bisa sedikit lebih lega karena tetap bisa beraktivitas normal tanpa perlu menyentuh benda-benda tersebut secara langsung. Alat tersebut juga berguna saat Sobat sering ke ATM untuk mengambil uang. Tidak semua ATM dilengkapi area cuci tangan dan plastik untuk menekan tombol, sehingga kita perlu melakukan langkah antisipasi. 

 

5. Face Shield

Menggunakan face shield memang bukan hal yang wajib. Namun, adanya face shield akan memberikan perlindungan ekstra selama Sobat menjalani perkuliahan di dalam kelas. Jika saat kuliah ada banyak kegiatan praktikum di laboratorium, face shield juga akan menghindarkanmu dari percikan air atau bahan lainnya secara langsung. Tapi, jangan lupa untuk senantiasa mengenakan masker.

 

6. Baju Lengan Panjang

Keamanan ketika beraktivitas di kampus bisa ditingkatkan dengan mengenakan baju lengan panjang. Bawalah jaket atau cardigan yang tidak terlalu tebal, sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas. Untuk Sobat yang sering mengenakan pakaian pendek, perlu pembiasaan agar nyaman mengenakan pakaian panjang demi melindungi kulit dari sentuhan orang lain yang tidak steril sekaligus menghindarkan diri dari percikan atau droplets yang mungkin mengandung virus. Setelah sampai di rumah, langsung cuci pakaian tersebut.

 

7. Tisu

Bawalah tisu basah dan tisu kering di dalam tas. Sebelum masuk kelas atau ketika menggunakan fasilitas bersama, Sobat bisa mengelap permukaan benda tersebut dengan tisu terlebih dahulu, apalagi jika fasilitas tersebut sudah digunakan oleh mahasiswa lain sebelumnya. Agar mudah diakses, taruh tisu dan perlengkapan yang sering dipakai di kantong tas bagian luar.

 

8. Perlengkapan Kuliah Pribadi

Apakah Sobat Pintar termasuk mahasiswa yang senang meminjam barang pada teman? Saat kuliah tatap muka nanti, hindari meminjam barang, terutama perlengkapan kuliah. Siapkan alat tulis seperti pulpen, highlighter, penghapus, dan buku sendiri. Sobat juga bisa mencatat materi kuliah pada tablet atau gadget apabila merasa lebih nyaman.

 

9. Perlengkapan Ibadah

Selain perlu membawa alat kuliah, mahasiswa juga perlu membawa alat ibadah sendiri untuk menghindari penggunaan alat ibadah bersama-sama dengan mahasiswa lain. Bawalah mukena yang mudah dilipat beserta sajadah lipat agar lebih praktis. Saat ini sudah tersedia spray khusus untuk sajadah dan mukena yang bisa digunakan untuk membersihkan alat ibadah setelah selesai digunakan.

 

10. Helm

Sering ke kampus menggunakan ojek? Sebaiknya Sobat membawa helm sendiri daripada meminjam milik ojek. Selain lebih aman, helm pribadi meminimalkan kontak secara tidak langsung dengan penumpang lainnya. Jika Sobat merasa kesulitan harus membawa helm ke kampus, carilah tempat penitipan helm yang aman.

 

11. Vitamin dan Obat-Obatan

Menjaga kesehatan selama berada di kampus bisa dilakukan dengan membawa obat-obatan pribadi dan vitamin, apalagi jika Sobat harus mengonsumsinya secara rutin. Buatlah pengingat khusus untuk minum obat dan jangan lupa membawa air mineral sendiri.

 

12. Kartu Debit atau E-Wallet

Dibandingkan menggunakan uang tunai secara langsung, carilah tempat berbelanja di kampus yang bisa menggunakan kartu debit atau dompet digital (e-wallet). Transaksi nontunai tersebut akan menghindarkanmu dari risiko penularan virus yang berasal dari uang tunai.

 

13. Pilih Kost Nyaman dan Higienis

Bagi mahasiswa rantau, tantangan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi tidak hanya dilakukan ketika di kampus atau di luar ruangan saja. Memilih tempat tinggal seperti kost pun tidak bisa asal-asalan. Diperlukan tempat tinggal nyaman dan juga higienis yang akan mendukung aktivitas belajar, sehingga Sobat bisa menjalani perkuliahan secara maksimal. Di Mamikos.com, kamu bisa ngekos di Kos Higienis. Kos Higienis adalah kos yang menerapkan pelaksanaan standar protokol kesehatan seperti desinfeksi kamar, jaga jarak, dan juga penggunaan masker bagi penjaga kos dan penghuni. Keuntungan memilih kamar kos higienis di mamikos diantaranya :

1. Kamarnya akan dibersihkan sekaligus disemprot disinfektan sebelum penyewa/anak kos check in, jadi kamar kos pasti bersih dan aman.

2. Penjaga kos dan bangunan kos menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

3. Penyewa baru harus menyerahkan surat bebas covid atau surat vaksin. Jika penyewa baru di Kos Higienis belum memiliki surat bebas covid, bisa mengikuti rapid test dengan harga khusus yang terjangkau di klinik yang sudah bekerja sama dengan Mamikos.

Dengan ngekos di Kos Higienis yang ada di Mamikos, anak kos bisa menikmati pengalaman ngekos yang nyaman dan sehat, terutama di tengah pandemi seperti saat ini.

Demikian informasi yang perlu dipersiapkan untuk kuliah tatap muka. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Penulis: Lailla Khusnul Khotimah

Editor: Deni Purbowati

0
10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet