APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

15 Peringkat Universitas Terbaik 2020/2021 versi Kemendikbud

Penilaian Ditjen Dikti dan Kemendikbud menghasilkan 15 kampus di klaster I.

Universitas Terbaik, photo by Pang Yuhao on unsplash

Baru-baru ini Kemendikbud, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), merilis daftar universitas terbaik di dalam negeri. But, first thing first, perlu dipahami bahwa daftar universitas terbaik ini bukanlah peringkat Kemendikbud.

Bagi kita, informasi tentang universitas terbaik di Indonesia bisa dijadikan sebagai rujukan kualitas. Pasalnya, daftar universitas terbaik ini disusun dengan mempertimbangkan empat indikator, yaitu input SDM dan mahasiswa, proses pengelolaan kelembagaan, output jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi, dan outcome jangka panjangnya.

Kemendikbud menggolongkan 2.136 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia ke dalam lima klaster. Secara berurutan, tiap-tiap klaster terdiri dari 15, 34, 97, 400, dan 1.590 perguruan tinggi. Dan berikut inilah 15 daftar universitas terbaik dalam klaster I dari Kemendikbud.

 

1. Institut Pertanian Bogor

Institut negeri di Bogor ini semakin populer dikenal sebagai IPB University. Jangan salah, Sobat. Walaupun berlabel institut pertanian, salah satu universitas terbaik di Indonesia ini memiliki banyak jurusan non-agraris.


2. Universitas Indonesia

Mengumpulkan skor lebih rendah daripada IPB, bukan berarti UI tak menjadi universitas terbaik di Indonesia. Berapapun peringkat Kemendikbud yang diraihnya, UI tetap menjadi favorit bagi hampir setiap calon mahasiswa.

 

3. Universitas Gadjah Mada

Dari berbagai versi peringkat universitas di Indonesia yang ada, UGM nyaris selalu berada di urutan atas. Kali ini, pada peringkat Kemendikbud pun demikian pula – konsisten di urutan terbaik!

 

4. Universitas Airlangga

Tak hanya terbaik di Jawa Timur, tapi Unair juga menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Konsistensi Unair untuk terus berada dalam daftar universitas terbaik kali ini terbukti dengan posisinya yang berada dalam klaster I Kemendikbud.

 

5. Institut Teknologi Bandung

Fokus pada pengembangan sains dan teknik, ITB menjadi kampus impian banyak calon mahasiswa. Sejak didirikan pada tahun 1959 silam, kampus negeri ini memang selalu menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

 

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Selain Unair, Surabaya juga punya ITS yang berada dalam klaster I peringkat Kemendikbud. Usia yang terpaut tak terlampau jauh dari ITB menjadikan ITS sebagai institut teknologi di Jawa Timur yang diimpikan oleh banyak calon mahasiswa.

 

7. Universitas Hasanuddin

Sulawesi Selatan juga punya universitas terbaik di Indonesia, Sobat! Kualitas yang berbicara ketika Unhas bersanding dengan kampus-kampus terbaik yang lain dalam klaster I peringkat Kemendikbud.

 

8. Universitas Brawijaya

Sebelum dikenal sebagai UB, akronim kampus negeri ini dulunya adalah Unibraw. Dalam peringkat Kemendikbud kali ini, UB mengamankan posisinya sebagai bagian dari universitas terbaik di Indonesia dengan berada di dalam klaster I.

 

9. Universitas Diponegoro

Lokasi saja tak cukup sebagai faktor penentu kita memilih kampus, bukan? Tapi Undip berbeda, Sobat. Undip memiliki lokasi yang strategis dan termasuk ke dalam 10 terbaik peringkat universitas di Indonesia. It's the best, indeed!


10. Universitas Padjadjaran

Skor yang diperolehnya menempatkan Unpad pada urutan ke-10 klaster I peringkat Kemendikbud. Sama seperti ITB, Unpad berlokasi di sebuah kota yang terkenal sebagai kota pendidikan, yaitu Bandung.

 

11. Universitas Sebelas Maret

Akronim kampus negeri ini masih mengikuti nama resmi sebelumnya, yaitu UNS (Universitas Negeri Surakarta). Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini merupakan gabungan dari lima perguruan tinggi pada awal berdirinya.


12. Universitas Negeri Yogyakarta

Meskipun tak sepopuler UGM yang sama-sama berada di Yogyakarta, sebenarnya UNY sudah menjadi bagian dalam daftar perguruan tinggi terakreditasi Dikti dan BAN-PT. Tak tanggung-tanggung, akreditasi institusinya pun A!

 

13. Universitas Andalas

Di Sumatera Barat, Unand menjadi bagian dari universitas terbaik di Indonesia. Hal ini terbukti dari prestasi Unand yang berada dalam daftar perguruan tinggi terakreditasi Dikti dengan kriteria yang berbeda sejak tahun 2016.

 
14. Universitas Sumatera Utara

Hanya ada satu Fakultas Kedokteran di Sumatera, yaitu di USU. Bahkan, Kedokteran merupakan fakultas yang pertama berdiri di kampus negeri ini. Hingga kini, kualitas USU masih bergaung dengan posisinya di klaster I peringkat Kemendikbud.


15. Universitas Negeri Malang

Selain UB, Malang juga punya kampus negeri berprestasi pada peringkat Kemendikbud, yaitu UM. Sebelum menjadi institusi universitas, kampus ini dulunya adalah IKIP Malang – bahkan merupakan salah satu IKIP tertua di Indonesia.

 

Again, menurut Ditjen Dikti, klasterisasi Kemendikbud ini tidak ditujukan sebagai pemeringkatan kampus. Meskipun begitu, kita bisa mengacu pada daftar universitas terbaik versi Kemendikbud ini untuk memperoleh rujukan kampus-kampus terbaik sebagai tempat belajar. Bagaimana menurutmu, Sobat?

140

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog