APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

2 Contoh Teks Ulasan Beserta dengan Pembahasannya

Teks ulasan merupakan bentuk penilaian terhadap suatu karya.

Foto oleh Markus Winkler on Pexels

Kaidah kebahasaan teks ulasan sebuah karya terkadang masih kurang diperhatikan. Sobat Pintar pernah memperhatikan kaidah kebahasaan dan struktur teks ulasan novel, film, games, maupun yang lainnya? 

Saat ini banyak orang melakukan ulasan atau review sebuah karya yang sudah mereka ketahui. Tujuan saat membuat teks ulasan adalah untuk menginformasikan kualitas, kelebihan, serta kekurangan yang dimiliki oleh suatu karya tertentu.

Lalu, bagaimana cara membuat teks ulasan yang baik dan benar? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Sobat.

 

Pengertian dan Tujuan Teks Ulasan 

contoh teks ulasan beserta strukturnya
Photo by Alina Vilchenko on Pexels

Teks ulasan merupakan teks yang memuat ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau buku. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ulasan bermakna ‘kupasan, tafsiran, atau komentar.’ Oleh sebab itu, teks ulasan atau resensi bisa diartikan sebagai teks yang mengupas isi, kelebihan, dan kekurangan buku, film, atau karya lainnya yang telah diterbitkan. Saat kita membuat teks ulasan, pada umumnya teks tersebut ditulis dalam bentuk artikel.

Salah satu ciri-ciri teks ulasan yang baik adalah memiliki tujuan yang jelas. Beberapa tujuan teks ulasan antara lain adalah sebagai berikut. 

1. Mencari tahu  kelebihan dan kekurangan suatu karya

2. Memberikan gambaran kepada pembaca mengenai sebuah karya secara ringkas

3. Memberikan kritik dan saran kepada penulis

4. Mengetahui latar belakang dan alasan karya tersebut diciptakan

5. Sebagai bentuk perbandingan ataupun pertimbangan dengan karya lainnya.

 

Struktur Teks Ulasan

kaidah kebahasaan teks ulasan
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Telah disebutkan sebelumnya, teks ulasan umumnya berbentuk artikel. Bagian atau struktur teks ulasan yang tepat terdiri dari identitas, orientasi teks ulasan, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. 

1. Identitas, berisi judul karya, nama  pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

2. Orientasi, berisi gambaran singkat dari karya yang akan diulas. 

3. Tafsiran, berisi sinopsis dan ide-ide yang disampaikan pada karya tersebut. Dalam tafsiran, dikemukakan juga garis besar alur dan konflik-konflik yang diceritakan. 

4. Evaluasi, berisi pandangan kita sebagai orang yang memberikan ulasan suatu karya, mulai dari kelebihan, kekurangan, bahkan kualitas karya tersebut. 

5. Rangkuman, berisi simpulan dan pertimbangan pribadi, apakah karya tersebut bagus untuk dinikmati ataukah tidak.

 

Contoh Teks Ulasan 

struktur teks ulasan yang tepat
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Di bawah ini terdapat beberapa contoh ulasan yang bisa dijadikan acuan bila Sobat menulis teks ulasan suatu saat nanti. Berikut contoh teks ulasan beserta strukturnya.

Contoh Ulasan Film: Dilan 1990

Identitas 

- Judul film: Dilan 1990

- Tahun rilis: 2018

- Penulis: Pidi Baiq

Orientasi 

Dilan 1990 merupakan film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama, karangan Pidi Baiq. Film yang ditonton oleh 6.315.664 orang ini disutradarai oleh Fajar Bustomi. Pada akhir tahun 2018, Dilan 1990 ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia. Saat itu bahkan banyak orang yang rela mengantri demi bisa menonton Dilan dan Milea yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini. Selaku penulis, Pidi Baiq mengungkapkan bahwa filmnya ini didasarkan pada kisah nyata remaja SMA.

Tafsiran 

Dilan merupakan seorang anak tentara yang menjadi ketua geng motor. Sementara itu, Milea adalah siswi pindahan dari Jakarta yang pindah ke sekolah Dilan. Mereka berdua bertemu pertama kali ketika Milea sedang berjalan ke sekolah. Saat itu, Dilan menghampiri dan menyapanya dengan kata-kata bak ramalan. Ia berkata kalau Milea dan dirinya akan bertemu siang nanti di kantin sekolah. Seiring waktu, Dilan terus terpikat oleh pesona cantik Milea. Sayang, teman sekelas Milea, Nandan ternyata menyukai Milea juga. Mendapati hal tersebut, secara perlahan Dilan mulai menjauhi Milea. Menurut pengetahuannya dia sendiri, Milea dan Nandan telah resmi berpacaran, padahal tidak begitu. Sampai akhirnya Milea menyampaikan kabar melalui Piyan, sahabat Dilan, bahwa mereka berdua tidak menjalin hubungan apapun. Mengetahui hal ini Dilan kembali melanjutkan usahanya mendekati Milea. Hari-hari indah mereka lewati bersama. Baik itu di sekolah, waktu pulang sekolah, atau bahkan ketika berada di rumah Milea langsung. Hingga akhirnya mereka menjalin hubungan dan berpacaran. Bahkan cara Dilan menyatakan perasaannya juga beda dari yang lain, ia memanfaatkan buku dan materai. Kemudian di dalamnya tertulis kalimat-kalimat seputar ia dan Milea serta tanggal pacaran mereka.

Evaluasi 

Film Dilan 1990 merupakan film yang identik sekali dengan kehidupan remaja SMA masa kini. Konflik sesama teman, kisah asmara, hingga tawuran. Rasanya berhubungan sekali dengan anak-anak remaja. Film ini berhasil membuat para penontonnya baper, apalagi kaum hawa. Dilan membawa sosok laki-laki yang dianggap sempurna dan diidolakan perempuan. Latar dan properti yang digunakan juga cocok sekali dengan judul filmnya, yaitu tahun 1990. Namun film ini bukan film yang selesai begitu saja, melainkan hanya bagian pertama saja dari keseluruhan yang ada. Artinya, Dilan 1990 masih ada lanjutannya. Akhir film juga dianggap menggantung dan membuat banyak penonton penasaran, kurang memuaskan. Beberapa bagian cerita juga agak kurang masuk akal. Misalnya ironi sekali jika seorang TNI memiliki anak yang justru mengepalai geng motor. Tokoh Dilan juga bisa dibilang terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

Rangkuman 

Meskipun identik dengan kehidupan percintaan anak sekolah, film Dilan 1990 tetap menjadi film yang fenomenal di Indonesia. Peminatnya bukan hanya kalangan remaja, melainkan juga orang dewasa, sebab film Dilan 1990 akan membawa penontonnya untuk mengingat kembali kenangan masa. Secara keseluruhan, Dilan 1990 cocok ditonton untuk para remaja seusia tokoh-tokohnya yang masih SMA. 

Contoh Ulasan Novel: Hujan

Identitas 

- Judul novel: Hujan

- Tahun : 2016

- Penulis: Tere Liye

Orientasi 

Tere Liye lahir pada tanggal 21 Mei 1979 dengan nama asli Darwis di Lahat, Sumatera Selatan. Darwis mendapatkan  nama pena Tere Liye dari sebuah lagu India saat ia menyaksikan film Veer-Zaara yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Pekerjaan aslinya adalah seorang akuntan di sebuah perusahaan. Ia memiliki keterampilan menulis novel, berkat hobi menulisnya membuat ia lebih dikenal sebagai seorang penulis daripada seorang akuntan. Novel Hujan merupakan salah satu buah penanya yang cukup dikenal banyak orang.

Tafsiran

Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari gunung purba dan mengakibatkan tsunami di belahan bumi lain. Namun, saat bencana itu pulalah ia bertemu dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lail tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Di mana ada Esok di sana ada Lail. Namun, percintaan mereka tidaklah biasa sebab mereka berdua memiliki cara yang santun dalam menjaga hati .

Juga ada Maryam, sahabat setia Lail. Bertemu setelah masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Maryam yang tau bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih sedari sekedar percintaan biasa. Dengan karakter Lail yang introvert, dia tidak dibuat marah ‘beneran’ ketika Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua. Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu baru permulaan. Setelah itu terjadi musim dingin berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Evaluasi 

Novel ini disajikan dengan bahasa yang indah sehingga membuat pembaca benar-benar merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan bagaimana rasanya jatuh cinta. Tere Liye benar-benar cakap dalam bermain kata. Walaupun demikian, beberapa pembaca menilai bahwa karya Tere Liye yang satu ini memiliki alur yang berbelit-belit sehingga menimbulkan efek sedikit membosankan bagi sebagian orang.

Rangkuman 

Novel Hujan ini memang istimewa. Tema yang diusung tidak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta remaja melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti, tentang kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan. Novel ini cocok untuk dibaca semua kalangan, terutama kalangan remaja karena kisahnya yang tidak hanya kaya akan nilai romantisme tetapi juga nilai religiusitas.

Itulah contoh teks ulasan singkat, berupa contoh teks ulasan film dan novel. Sampai sini dahulu materi dan contoh teks ulasan ya, Sobat.  Mudah dipelajari bukan? 

Kamu juga bisa belajar tentang materi-materi Bahasa Indonesia lainnya, seperti contoh teks ulasan cerpen, melalui aplikasi Aku Pintar di fitur Belajar Pintar. Sampai bertemu di pembahasan berikutnya, Sobat Pintar!




 

Penulis: Kak Nia

Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog