APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

2 Universitas di Singapura Ini Beda, tapi Sama-Sama Keren

Tips Kuliah dan Dunia Kampus

photo via www.thestandard.com.hk

Singapura, negara kecil yang lokasinya bertetangga dengan kita ini punya sederet perguruan tinggi yang berkualitas, lho! Bahkan, beberapa diantaranya masuk dalam daftar 100 terbaik di dunia. Nah, dua diantaranya adalah pesaing ketat. Mau tahu apa bedanya kedua universitas ini?

 

National University of Singapore (NUS)

Tak hanya menjadi yang tertua di Singapura, NUS juga menjadi yang terbesar dalam hal tawaran kurikulum dan jumlah mahasiswanya. Tak heran jika NUS berkali-kali masuk dalam berbagai versi rangking perguruan tinggi di dunia.

NUS punya 16 fakultas dan sekolah yang mencakup berbagai bidang, termasuk Kedokteran, Hukum, Teknik, Kedokteran Gigi, Komputer, Bisnis, Ilmu Sosial, bahkan Konservatori Musik. Sebagai universitas riset, NUS memiliki 21 lembaga dan pusat penelitian berbagai bidang, beberapa diantaranya adalah kerjasama dengan universitas-universitas lain di dunia. Disamping riset, NUS juga mengembangkan program entrepreneurship, seperti Nanospark dan Startup Runway.

Kampus NUS terdapat di tiga lokasi, tepatnya di Kent Ridge, Outram, dan Bukit Timah. Selain dua Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew dan Goh Chok Tong, NUS juga melahirkan dua Perdana Menteri Malaysia, yaitu Mahathir bin Mohamad dan Abdul Razak Hussein.

 

Nanyang Technological University (NTU)

Ini dia, sekolah teknik terbesar di Singapura. Dengan fasilitas yang super kece, riset dibidang teknologi di kampus ini maju sangat pesat. Puluhan ribu mahasiswanya tersebar di berbagai fakultas, seperti Ilmu Sosial, Bisnis, maupun Teknik, yang semua didukung oleh sistem ­e-learning untuk merekam materi dosen, menyediakan materi perkuliahan, dan lain-lain. Diantara berbagai jurusan yang tersedia, Ilmu Komputer adalah jurusan favorit di NTU – bahkan salah satu yang terbaik di dunia, apalagi didukung oleh kerjasamanya dengan Massachusetts Institute of Technologi (MIT). Dan tentunya, koneksi internet di NTU sangat jempolan karena adanya IT Center yang menjaga kelancaran wireless network kampus.

Bisa ditebak, meskipun usianya belum sampai setengah abad, NTU sudah punya pamor cemerlang di dunia. Jadi, kamu bisa mendapati universitas ini dalam berbagai kriteri rangking universitas internasional. Dan lagi, kampusnya sangat indah, sampai-sampai masuk dalam 15 kampus terindah versi majalah Travel + Leisur e.

 

Kedua universitas ini sering dibandingkan, apalagi dengan statusnya yang sama-sama difavoritkan. Memang sulit memilih mana yang terbaik diantara keduanya. Ya nggak, sih?

190

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog