APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

22 Kampus dan Universitas Negeri di Jawa Barat

Pilih jurusan dan kampus negeri terbaik di Jawa Barat.

Photo by Sincerely Media on Unsplash

PTN di Jawa Barat itu enggak cuma ITB loh, Sobat Pintar. Kalian yang sedang berjuang masuk kuliah di kampus negeri, dan itu di Jawa Barat, jangan buru-buru berkecil hati. Kalau peluang masuk di kampus impianmu tipis, barangkali masih ada kampus negeri lain dengan jurusan yang sama tetapi dengan peluang lolos yang lebih besar. Gimana tuh? Cakep ga, tuh?

Kalau gitu, PTN di Jawa Barat ada berapa? Seberapa banyak sih, opsi yang kamu punya? Kampus dan universitas apa saja di Jawa Barat? Ini dia, sederet kampus dan universitas negeri di Jawa Barat beserta jurusannya yang sering dipilih oleh calon mahasiswa baru.

universitas negeri di jawa barat
Photo by Neven Krcmarek on Unsplash

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Iya, tentu saja kita enggak bisa skip ITB dari daftar perguruan tinggi negeri di Jawa Barat. Saat ini ITB memiliki 131 program studi, dengan jurusan-jurusan populer seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Industri, Matematika, Fisika, Ilmu Komputer, Desain Produk, dan Sistem Informasi.

universitas negeri di jawa barat beserta jurusannya
Photo by Lum3n on Pexels

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Sekarang universitas negeri di Jawa Barat ini sudah membuka jurusan-jurusan ilmu murni. Sebelum menjadi universitas, universitas negeri di Bandung ini memang merupakan sebuah institut kependidikan. Walau begitu, jurusan-jurusan kependidikan UPI sepertinya masih menjadi idola banyak calon mahasiswa. Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mesin, dan Pendidikan Seni Rupa adalah beberapa jurusan kependidikan favorit di universitas negeri yang ada di Jawa Barat ini.

universitas negeri yang ada di jawa barat
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

3. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Tak heran bila UNPAD merupakan salah satu universitas terbaik di Jawa Barat. Sebagian besar program studinya saja sudah terakreditasi A BAN-PT. Di berbagai kegiatan yang diikutinya, kebanyakan mahasiswa UNPAD pun mampu meraih juara I atau II.

Asal kamu tau, Sobat. Sejak 2017 sampai 2021, jumlah peminat SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadaran) terus naik.  Beberapa jurusan favorit di universitas di Jawa Barat ini antara lain Ekonomi, Manajemen, Hukum, Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Sosiologi, Psikologi, Matematika, dan Fisika.

ptn di jawa barat
Photo by Julia Avamotive on Pexels

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Lebih dikenal sebagai IPB University, PTN di Jawa Barat ini memiliki ruang lingkup penelitian di bidang pertanian dan industri pertanian meliputi renewable resources, food security and safety, bioscience, genetic engineering, conservation, information tehcnology, dan lain sebagainya. Jurusan-jurusan yang difavoritkan di universitas negeri di Jawa Barat ini antara lain Agribisnis, Ilmu Tanah, Ilmu Pertanian, Peternakan, Ilmu Kelautan, Ilmu Kehutanan, Ilmu Pangan, Biologi, Matematika, dan Ekonomi.

universitas di jawa barat
Photo by Ivan Samkov on Pexels

5. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati

Jumlah mahasiswa IAIN Syekh Nurjati pada tahun 2018 sudah mencapai angka 8.000 orang. Mahasiswa-mahasiswa tersebut kuliah di berbagai jurusan, terutama ilmu agama, Bahasa Arab, fikih, tafsir, hadits, aqidah, dan lainnya. Beberapa jurusan favorit di kampus negeri di Jawa Barat ini antara lain Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Indonesia, Bahasa dan Sastra Arab, Ilmu Al Qur'an dan Tafsir, maupun Ilmu Hadits.

kampus negeri di jawa barat
Photo by Lina Kivaka on Pexels

6. Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran (PKPP)

Perguruan tinggi negeri di Jawa Barat ini dinaungi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ada tiga program studi di PKPP, yakni Budidaya Ikan, Pengolahan Hasil Laut, dan Teknologi Kelautan. Pendaftaran mahasiswa vokasi PKPP melalui Pentaru (Penerimaan Taruna Baru) di laman pentaru.kkp.go.id ya, Sobat.

PTN di Jawa Barat ada berapa
Photo by lil artsy on Pexels

7. Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Karawang

PTN di Jawa Barat ini juga merupakan bagian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun berbeda dari PKPP, Politeknik KP Karawang memiliki empat program studi, yaitu Teknik Kelautan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan, Teknik Penangkapan Ikan, dan Budidaya Ikan. Pendaftaran kampus negeri di Jawa Barat yang menjadi bagian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan seluruhnya terpusat di laman yang sama, pentaru.kkp.go.id.

Universitas apa saja di Jawa Barat
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

8. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan bagian dari Kementerian Dalam Negeri yang bertugas menyelenggarakan pendidikan tinggi kepamongprajaan. Program studi yang tersedia di perguruan tinggi negeri di Jawa Barat ini adalah Politik Indonesia Terapan, Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kebijakan Publik, Administrasi Pemerintahan Daerah, Manajemen Sumberdaya Manusia Sektor Publik, Keuangan Publik, Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Manajemen Kemanan dan Keselamatan Publik, serta Praktik Perpolisian Tata Pamong. Penerimaan mahasiswa baru IPDN adalah melalui Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) .

perguruan tinggi negeri di jawa barat
Photo by Andrew Neel on Pexels

9. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI)

ISBI Bandung adalah lembaga pendidikan tinggi di bidang seni dan budaya. Program studi yang ditawarkan di PTN di Jawa Barat ini meliputi Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater, Angklung dan Musik Bambu, Seni Tari Sunda, Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Tata Rias dan Busana, Antropologi Budaya, serta Televisi dan Film.

universitas terbaik di jawa barat
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

10. Poltekkes Kemenkes Bandung

Dari namanya kamu tentu sudah tau, kampus negeri di Jawa Barat ini adalah bagian dari Kementerian Kesehatan. Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Bandung yaitu Analis Kesehatan, Kebidanan, Keperawatan, Promosi Kesehatan, Farmasi, Keperawatan Gigi, Gizi, dan Kesehatan Lingkungan.

Kamu siap mendaftar masuk kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Barat ini, Sobat Pintar? Saat ini Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Jalur PMDP (Penelurusan Minat dan Prestasi) sedang berlangsung. PMDP Poltekkes Kemenkes sudah dimulai sejak 23 Januari 20233 yang lalu dan akan terus berlangsung sampai 20 Februari 2023 nanti.

universitas swasta di bandung
Photo by Startup Stock Photos on Pexels

11. Politeknik Manufaktur (POLMAN) Bandung

POLMAN Bandung dahulunya bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). Sejak 1991, PTN di Jawa Barat ini resmi berganti menjadi Politeknik Manufaktur Bandung. Jurusan yang tersedia di POLMAN Bandung yaitu Teknik Manufaktur, Teknik Perancangan Manufaktur, Pengecoran Logam, serta Otomasi Manufaktur dan Mekatronika.

universitas negeri di bandung
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

12. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

POLBAN dahulunya bernama Politeknik ITB Bandung. Kampus negeri di Jawa Barat ini resmi berganti nama menjadi Politeknik Negeri Bandung sejak 1997 dan menaungi Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Teknik Konversi Energi, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Komputer dan Informatika, Akuntansi, Administrasi Niaga, dan Bahasa Inggris.


Photo by MART PRODUCTION on Pexels

13. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

PNJ dahulunya bernama Politeknik Universitas Indonesia. Berdasarkan SK Mendikbud 1998, perguruan tinggi negeri di Jawa Barat ini resmi menjadi Politeknik Negeri Jakarta. Jurusan yang tersedia di PNJ meliputi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, Administrasi Niaga, Teknik Grafika dan Penerbitan, serta Teknik Informatika dan Komputer.


Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels

14. Politeknik Negeri Indramayu (POLINDRA)

Kamu bisa mengikuti SNBP dan SNBT untuk masuk kuliah di POLINDRA, Sobat Pintar. Kampus negeri di Jawa Barat ini membuka program studi vokasi Keperawatan, Terapan Perancangan Manufaktur, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Terapan Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mesin, Terapan Sistem Informasi Kota Cerdas, dan Teknik Informatika.


Photo by Yan Krukau on Pexels

15. Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKESOS)

POLTEKESOS merupakan perguruan tinggi negeri di Jawa Barat yang berada di bawah Kementerian Sosial. Program studi yang tersedia di POLTEKESOS ialah Pekerjaan Sosial, Rehabilitasi Sosial, serta Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial.


Photo by Karolina Grabowska on Pexels

16. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung

STP Bandung dahulu bernama NHI. PTN di Jawa Barat ini bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program studi yang tersedia di STP Bandung adalah di bidang pariwisata dan manajemen, meliputi Jurusan Perhotelan, Kepariwisataan, dan Perjalanan.


Photo by Karolina Grabowska on Pexels

17. Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung

Kampus negeri di Jawa Barat ini meruppakan bagian dari Kementerian Perindustrian. Ada tiga Program Sarjana Terapan di Politeknik STTT Bandung, yakni Teknik Tekstil, Kimia Tekstil, dan Produksi Garmen. Pendaftaran online mahasiswa baru perguruan tinggi negeri di Jawa Barat ini melalui website www.stttekstil.ac.id.


Photo by Mikhail Nilov on Pexels

18. Politeknik Transportasi Darat Indonesia Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI STTD)

PTDI STTD adalah sebuah PTN di Jawa Barat yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan. Program studi yang tersedia di PTDI STTD adalah Transportasi Darat, Manajemen Transportasi Jalan, Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan Teknologi Rekayasa Otomotif. Sobat Pintar ingin masuk kuliah di PTDI STTD? Ikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (SIPENCATAR) Kemenhub, ya!


Photo by cottonbro studio on Pexels

19. Universitas Indonesia (UI)

Jangan kaget melihat nama UI dalam daftar kampus dan universitas negeri yang ada di Jawa Barat. Kampus Baru Depok UI memang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, Sobat. Nah, apa saja jurusan favorit universitas di Jawa Barat ini? Sulit menjawabnya, Sobat Pintar. Namun Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, teknik, dan sastra adalah sebagian jurusan yang kerap dipilih oleh calon mahasiswa baru UI.


Photo by cottonbro studio on Pexels

20. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jakarta

UPN "Veteran" Jakarta menjadi bagian dari universitas negeri di Jawa Barat sejak 2014. Ada banyak pilihan jurusan di UPN "Veteran" Jakarta dan sebagian yang difavoritkan antara lain ekonomi, Ilmu Administrasi Bisnis, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika.


Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

21. Universitas Siliwangi (UNSIL)

Siapa yang menyangka UNSIL adalah universitas swasta di Bandung? Bukan, Sobat. UNSIL adalah sebuah universitas negeri yang ada di Jawa Barat – dan bukan di Kota Bandung, melainkan di Kota Tasikmalaya. Program S1-nya sendiri terdapat 21 program studi, sebagian yang difavoritkan antara lain ekonomi, Ilmu Hukum, dann Teknik Industri.


Photo by Polina Zimmerman on Pexels

22. Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)

UNSIKA resmi berstatus sebagai universitas negeri sejak 2014. Terdapat 32 program studi di universitas negeri di Jawa Barat ini, dengan pilihan favorit calon mahasiswa baru biasanya adalah Ekonomi, Teknik Sipil, maupun Teknik Mesin.

Nah, ternyata jurusan incaranmu ada di kampus mana saja, Sobat Pintar? Kalau dihitung-hitung, peluang masuknya yang paling besar di kampus mana? Good luck ya, selamat memilih universitas terbaik di Jawa Barat menurut versimu!

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog