APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

24 PTS Terbaik di Sumatera Utara

Pelajari apa saja pilihan kampus swasta dan jurusan di Sumut.

Photo by David Iskander on Unsplash

PTS di Sumatera Utara itu jumlahnya sampai puluhan loh, Sobat Pintar. Provinsi yang dikenal dengan keindahan alamnya ini ternyata juga punya kampus-kampus swasta yang berkualitas. Selain reputasinya, PTS-PTS di Sumatra Utara pun menyediakan prodi-prodi yangg inovatif dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Nah, kalau ada puluhan kampus yang mesti dipilih, bisa bikin bingung ga tuh? Sebagai bahan rujukan, yuk sini kepoin beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Sumut di bawah ini.

universitas swasta terbaik di Sumatera Utara 2023
Photo by Christin Hume on Unsplash

1. Universitas Amir Hamzah

Universitas yang ada di Sumatera Utara ini sering disingkat Unham. Universitas Amir Hamzah menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan dinaungi oleh Yayasan Universitas Tengku Amir Hamzah, kampusnya. Hanya ada Program Sarjana di Unham, yakni Agroteknologi, Akuntansi, Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Universitas Amir Hamzah beralamat di Jalan Pancing Pasar V Barat Medan Estate Kab. Deli Serdang.

 

2. Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

Universitas swasta di Sumatera Utara ini menyediakan satu Program D3, yakni Analis Kesehatan. Sedangkan untuk Program S1, pilihan kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara adalah Agribisnis, Budidaya Pertanian, Ilmu dan Teknologi Pangan, Ilmu Gizi, Ilmu Komputer, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika. Alamat kampusnya ada dua, yakni di Jl. Perjuangan No. 215 Desa Tanjung Selamat dan Jl.Brigjen A. Manaf Lubis/Gaf Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang.

 

3. Universitas Medan Area

Nama universitas swasta di Sumatera Utara ini merupakan sebuah bentuk penghargaan bagi para pejuang kemerdekaan di sekitar Kota Medan. Pada awal berdirinya, Universitas Medan Area terdiri dari Fakultas Teknik, Pertanian, Ekonomi, Hukum, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jumlah ini terus berkembang, dan kini Program Sarjana di Universitas Medan Area terdiri dari Administrasi Publik, Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Biologi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Psikologi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

Universitas Medan Area merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Sumatera Utara 2023 menurut Webometrics. Ada dua alamat kampus, yakni di Jalan Kolam No. 1 Medan Estate Medan (Kampus Utama) dan Jalan Setia Budi Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang.

 

4. Universitas Efarina

Kampus di Sumatera Utara ini merupakan bagian dari RS Efarina Etaham Grup. Universitas Efarina menyediakan Program D3 Analis Kesehatan, Fisioterapi, Kebidanan, serta Radiodiagnostik dan Radioterapi. Untuk Program S1, pilihan prodi yang tersedia yaitu Farmasi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Manajemen, Pariwisata, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Lingkungan. Alamat kampusnya berada di Jl. Sutomo Griya Hapoltakan Pematang Raya Simalungun Kav 1-10 Kec. Raya Kab. Simalungun.

 

5. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal

PTS di Sumatera Utara ini berawal dari Royal Course Center yang kemudian berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Royal. Setelah menjadi STMIK Royal, saat ini ada dua Program D3 yakni Manajemen Informatika dan Teknik Komputer serta dua Program S1 yaitu Sistem Informasi dan Sistem Komputer. Alamat kampusnya ada dua. Yang pertama di Jln. Imam Bonjol No. 179 Kota Kisaran dan yang kedua dia Jln. Prof.H.M. Yamin No. 173 Kisaran Naga Kec. Kisaran Timur Kab. Asahan.

 

6. Universitas Islam Labuhan Batu

Universitas yang ada di Sumatera Utara ini membuka Program S1 Agroteknologi, Akuntansi, Biologi, Manajemen, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Alamat kampusnya berada di Jl. H. M. Yunus No. 09 Kel. Padang Bulan Rantauprapat Kab. Labuhan Batu.

universitas yang ada di Sumatera Utara
Photo by Icons8 Team on Unsplash

7. Institut Teknologi Del

Pada awalnya, Institut Teknologi Del dinaungi oleh Yayasan Simargala. Nama yayasan ini kemudian berganti menjadi Yayasan Del. Del sendiri bermakna pemimpin yang selalu berada selangkah lebih maju. Yayasan ini berdiri memang dengan tujuan untuk menghadirkan pembaharuan dan perubahan bagi masyarakat.

Jurusan apa saja yang ada di IT Del? Salah satu institute teknologi Indonesia ini menyediakan tiga program dengan prodi:

D3

Teknologi Informasi, Teknologi Komputer

D4

Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

S1

Manajemen Rekayasa, Sistem Informasi, Teknik Bioproses, Teknik Elektro

Alamat Institut Teknologi Del adalah di Jl. Sisingamangaraja Sitoluama-Laguboti Kec. Lagu Boti - Kab. Toba Samosir. Kamu enggak harus ke kampusnya langsung untuk mendaftar, Sobat Pintar. Kalian para calon mahasiswa baru Institut Teknologi Del dapat mendaftar secara online melalui Aku Pintar. Proses pendaftaran ini lebih simpel, bahkan harga form-nya pun lebih terjangkau.

 

8. Institut Sains dan Teknologi Td Pardede

Disingkat ISTP, kampus swasta di Medan ini berawal dari Akademi Tekstil Pardede (ATP). Institut Sains dan Teknologi Td Pardede dinaungi oleh TD Pardede Foundation. Ada satu Program D3 di ISTP, yakni Desain Interior. Program S1-nya terdiri dari Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Elektro, Teknik Geologi, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Pertambangan. Alamat kampus ISTP berada di Jalan Dr T D Pardede No 8 Medan Kota Medan.

 

9. Politeknik LP3I Medan

Politeknik LP3I medan menyediakan Program D3 Administrasi Bisnis, Akuntansi, dan Teknologi Komputer serta Program D4 Bisnis Digital dan Teknologi Rekayasa Komputer. Kampus swasta di Medan ini beralamat di Jalan Sei Serayu No,48D Kelurahan Babura Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan.

 

10. STMIK Triguna Dharma

Kampus swasta di Medan ini berawal dari Lembaga Pendidikan Luar Sekolah (PLSM) yang dinaungi oleh yayasan Bina Keluarga Sejahtera. Sekarang STMIK Triguna Dharma menyediakan Program D3 Manajemen Informatika dan Teknik Komputer serta Program S1 Sistem Informasi dan Sistem Komputer. Alamat kampusnya di Jl Pintu Air I/Jen. AH. Nasution No 73 Medan Johor Asrama Haji Medan Kota Medan.

 

11. Universitas Alwashliyah

Dalam menyelenggarakan pendidikan tingginya, Universitas Al Washliyah dinaungi oleh Yayasan Universitas Al-Washliyah. Universitas swasta di Medan ini menyediakan Program S1 Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syari'ah, Ilmu Hukum, Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Matematika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Kampus Universitas Al Washliyah beralamat di Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 Kota Medan.

 

12. Universitas Islam Sumatera Utara

Referensi universitas swasta di Medan berikutnya adalah Universitas Islam Sumatera Utara. Program S1 yang tersedia di kampus ini ada banyak banget, meliputi Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syari'ah, Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyah), Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Kewirausahaan, Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Dokter, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Sastra Inggris, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknologi Hasil Pertanian. Kampus Universitas Islam Sumatera Utara beralamat di Jl. Karya Bakti No. 34 P. Masyhur Medan Johor Jl. SM. Raja Teladan Barat Medan Kota Medan.

universitas swasta di Sumatera Utara
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

13. Universitas Methodist Indonesia

Universitas swasta di Medan ini pada awalnya bernama Perguruan Tinggi Methodist Indonesia Medan (PTMI). Pilihan prodi yang tersedia meliputi Program D3 dan S1. Program D3 terdiri dari Komputerisasi Akuntansi dan Manajemen Informatika, sedangkan Program S1 terdiri dari Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Dokter, Pendidikan Teknologi Informasi, Sastra Inggris, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika. Alamat kampus berada di Jalan Hang Tuah No 8 Kec. Medan Polonia Kota Medan.

 

14. STMIK Pelita Nusantara

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer (STMIK) Pelita Nusantara Medan dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Demokrat Cemerlang. Terdapat tiga pilihan program di kampus swasta di Medan ini. Program D3-nya adalah Manajemen Informatika, sedangkan Program D4-nya adalah Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan. Pilihan Program S1-nya lebih banyak, meliputi Bisnis Digital, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Informatika, dan Teknologi Informasi. Alamat STMIK Pelita Nusantara berada di Jl. Iskandar Muda no. 1 Kec. Medan Baru Kota Medan.

 

15. Universitas Katolik Santo Thomas

Universitas swasta di Medan ini lebih dikenal sebagai Unika Santo Thomas. Program D3 yang tersedia di Universitas Katolik Santo Thomas terdiri dari Akuntansi, Manajemen Informatika, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Elektronika, dan Teknik Listrik. Sementara itu, Program S1-nya terdiri dari Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Ilmu Filsafat, Ilmu Hukum, Manajemen, Pariwisata, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Psikologi, Sains Data, Sastra Inggris, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Teknologi Hasil Pertanian. Alamat kampus berada di Jalan Setia Budi Nomor 479 F Tanjung Sari Kec. Medan Selayang Kota Medan.

 

16. Universitas Pembangunan Panca Budi

Universitas swasta di Medan ini semula berdiri dengan nama Akademi Metafisika, di bawah naungan Yayasan Akademi Metafisika. Sekarang Universitas Pembangunan Panca Budi menyediakan banyak pilihan prodi untuk Program D3 dan S1. Program D3-nya terdiri dari Perpajakan dan Teknik Komputer. Program S1-nya meliputi Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Filsafat, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Peternakan, Sistem Komputer, Teknik Elektro, dan Teknologi Informasi. Kampus Universitas Pembangunan Panca Budi beralamat di Jl. Jend. Gatot Subroto Km 4,5 Sie Sikambing Medan 20122 Kec. Medan Sunggal Kota Medan.

 

17. Universitas Sari Mutiara Indonesia

Universitas swasta di Medan ini lebih dikenal sebagai USM-Indonesia, yang sebenarnya merupakan penggabungan dari Akademi Analis Kesehatan Sari Mutiara, Akademi Analisa Farmasi dan Makanan Sari Mutiara, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Indonesia Medan. Universitas Sari Mutiara Indonesia saat ini dinaungi oleh Yayasan Sari Mutiara Medan (YSMM), dan menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk Program D3 serta S1. Program D3-nya terdiri dari Analis Kesehatan, Analisa Farmasi dan Makanan, Kebidanan, Keperawatan, Teknik Elektro Medik, dan Teknologi Laboratorium Medis. Sedangkan pilihan prodi pada Program S1-nya meliputi Akuntansi, Farmasi, Hukum, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Kebidanan, Keperawatan, Kesahatan Masyarakat, Kimia, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Perpustakaan dan Sains Informasi, PG Pendidikan Anak Usia Dini, Psikologi, dan Sistem Informasi. Alamat kampus Universitas Sari Mutiara Indonesia berada di Jalan Kapten Muslim No. 79 Medan Kec. Medan Helvetia Kota Medan.

 

18. Universitas Darma Agung

UDA, demikian universitas swasta di Medan ini lebih dikenal, menyediakan pilihan prodi para Program D3 dan S1. Program D3 terdiri dari Administrasi Bisnis, Akuntansi, Hubungan Masyarakat, Keperawatan, dan Sekretari. Program S1 terdiri dari Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Fisika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sastra Inggris, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Alamat Universitas Darma Agung di Jalan Dr Td Pardede No 21 Kec. Medan Petisah Kota Medan.

universitas swasta di medan
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

19. STMIK Logika

STMIK Logika adalah salah satu kampus swasta di Medan yang membuka Program D1 dan D3 Manajemen Informatika. Program S1 yang tersedia masih di ranah keilmuan yang tak jauh berbeda, yakni Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Kampus STMIK Logika beralamat di Jl K L Yos Sudarso No 374 C Kec. Medan Barat Kota Medan.

 

20. Universitas Dharmawangsa

Medan masih punya rekomendasi universitas lagi, Sobat Pintar. Universitas Dharmawangsa, universitas swasta di Medan ini menyediakan Program D3 Akuntansi dan Sistem Informasi. Kamu juga bisa kuliah di Program S1-nya, yang terdiri dari Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Akuakultur, Akuntansi, Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknologi Informasi. Alamat kampus berada di Jalan K L Yos Sudarso No 224 Kec. Medan Barat Kota Medan.

 

21. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

UMSU, begitu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara lebih sering disingkat, juga menjadi bagian dari salah satu universitas swasta terbaik di Sumatera Utara 2023 versi Webometrics. Berada di bawah persyarikatan Muhammadiyah, UMSU pada awalnya berdiri dengan Fakultas Ilmu Pendidikan, Ilmu Agama Jurusan Dakwah, dan Syariah saja. Kini, UMSU menjadi pembina beberapa Sekolah Tinggi Muhammadiyah, seperti Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) di Padangsidimpuan, STIE Muhammadiyah Asahan di Kisaran, dan STI Tarbiyah di Sibolga.

Program D3 UMSU hanya ada satu, yakni Manajemen Pajak. Namun Program S1-nya tersedia dalam banyak sekali prodi, meliputi Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Bimbingan dan Konseling, Ekonomi Pembangunan, Hukum, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Kesejahteraan Sosial, Manajemen, Manajemen Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganergaraan, Perbankan Syariah, Sains Data, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Hasil Pertanian, dan Teknologi Informasi. Universitas swasta di Medan ini berada di Jl Kapt Mukhtar Basri Ba No 3 Glugur Darat II Kec. Medan Timur Kota Medan.

 

22. Universitas Potensi Utama

Universitas swasta di Medan ini juga menyediakan satu saja Program D3, yakni Sistem Informasi. Sama halnya, pilihan Program S1 Universitas Potensi Utama juga cukup beragam, yakni Akuntansi, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Ekonomi Syariah, Film dan Televisi, Hubungan Internasional, Hukum, Informatika, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Perbankan Syariah, Psikologi, Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Sistem Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Industri. Alamat kampus berada di Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No. 3A Tanjung Mulia Kec. Medan Deli Kota Medan.

 

23. STMIK Kaputama

STMIK Kaputama pada awalnya berdiri sebagai Pusat Pendidikan Pelatihan Informatika Komputer dan Kewirausahaan (P3IK) Kaputama. Lembaga pendidikan dan pelatihan ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Teknologi Informasi Mutiara (YPTIM). Kini PTS di Sumatera Utara ini menyediakan Program D3 Komputerisasi Akuntansi dan Manajemen Informatika serta Program S1 Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Alamat STMIK Kaputama di Jalan Veteran No 4A-9A Kota Binjai.

 

24. Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan menyediakan Program S1 Administrasi Publik, Agroteknologi, Bimbingan dan Konseling, Hukum, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Peternakan, dan Teknologi Informasi. Universitas swasta di Sumatera Utara ini beralamat di Jalan St Mohd Arief No 32 Padangsidimpuan Kec. Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidempuan.

Tentu saja, masih banyak kampus di Sumatera Utara yang lainnya. Provinsi ini memang terbilang ideal buat calon mahasiswa. Apalagi, kampus-kampus swastanya pun turut memberikan pilihan studi yang bervariasi dengan fasilitas yang memadai dan lingkungan akademik yang kondusif. Yang pasti, di mana pun kamu nanti kuliah, gunakan kesempatan itu untuk memperoleh ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar kamu siap menghadapi tantangan di masa depan, Sobat.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog