APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

3 Cara Membedakan Minat dan Bakat

Minat dan bakat adalah dua hal yang berbeda, tetapi sama-sama menentukan kesuksesan.

Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Perbedaan bakat dan minat itu sebenarnya apa, sih? Minat bakat ibaratnya udah kayak pasangan aja, kayak kamu sama doi, tetapi enggak mirip-mirip banget. Terus, kenapa minat bakat sering, bahkan hampir selalu, disebut bersamaan?

Meskipun sering dipasangkan, minat sama bakat enggak saling sayang kayak kamu sama doi. Minat dan bakat adalah dua aspek berbeda yang digunakan untuk membantu kita menemukan bidang yang sesuai dengan potensi alami kita masing-masing. Terlepas dari perbedaan keduanya, minat dan bakat sering dipasangkan karena sama-sama memiliki peran yang penting. Seseorang yang mengenali bakat dan minatnya berpeluang lebih besar untuk sukses dan... hepi!

Terus, gimana caranya agar kita bisa langsung tunjuk aja, mana yang bakat dan mana yang minat? Yuk, kita cari tau perbedaan minat dan bakat.

1. Apa yang Menarik Buatmu versus Kemampuanmu

perbedaan bakat dan minat
Photo by Allan Mas on Pexels

Minat adalah keinginan atau rasa tertarik yang begitu kuat terhadap sesuatu. Ketika kamu memiliki minat terhadap sesuatu, biasanya kamu pengin banget terlibat atau sesuatu itu bikin kamu merasa senang. Bakat, di sisi lain, merupakan kemampuan alami atau kecenderungan dalam mengerjakan sesuatu atau aktivitas tertentu dengan baik, entah kamu benar-benar menyukainya atau tidak. Bakat cenderung lebih mengarah pada kemampuan yang kamu miliki tanpa harus ngoyo seperti bila orang lain melakukannya.

 

2. Apakah Bertambah/Berubah atau Menjadi Lebih Baik

perbedaan minat dan bakat
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Minat dapat berkembang seiring waktu. Mungkin kamu baru mengenal suatu bidang atau kegiatan baru, kemudian lama-kelamaan kamu mulai suka pada bidang atau kegiatan tersebut. Setelah mencoba dan mengeksplorasi berbagai hal, minatmu bisa bertambah atau berubah. Sementara itu, bakat adalah kemampuan atau kecenderungan yang kita miliki dalam suatu bidang, yang sering kali muncul secara alami sejak kita masih kecil. Bakat tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh pengalaman atau eksplorasi kita.

 

3. Bagaimana Performa atau Prestasimu

minat dan bakat adalah
Photo by Charles Parker on Pexels

Perbedaan minat dan bakat berikutnya adalah pada performa yang kita hasilkan, Sobat Pintar. Meskipun memiliki minat yang besar dalam suatu bidang, belum tentu kamu memiliki performa yang shining shimmering splendid di bidang tersebut. Beda halnya dengan bakat. Biasanya seseorang yang berbakat dalam suatu bidang memiliki performa atau prestasi yang baik dalam bidang itu.

Salah satu contoh bakat adalah bermusik. Seseorang yang memiliki bakat musikal secara umum dapat bernyanyi, bermain alat musik, atau memahami harmoni dengan lebih mudah dan lebih baik dibandingkan orang yang tertarik belajar musik. Bahkan bila kedua orang tersebut sama-sama belajar musik, seseorang yang berbakat cenderung memiliki performa yang lebih baik.

Kalau begitu, apakah minat bakat dapat dikembangkan dan dilatih? Tentu saja, Sobat Pintar. Minat dapat dikembangkan atau diasah melalui pengalaman, eksplorasi, dan pelatihan. Ada macam-macam minat yang dapat kamu kembangkan, seperti mendaki gunung, berkemah, berkebun, membaca, traveling, fotografi, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana dengan bakat? Bakat yang dimiliki sejak awal juga dapat ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman. Namun biasanya bakat alami sering kali lebih unggul dan berpotensi lebih besar untuk berkembang. Jenis-jenis bakat yang sering dijumpai antara lain membuat kerajinan tangan, berbisnis, melukis, dan masih banyak lagi.

Nah, apakah kamu sudah mendapatkan gambaran tentang perbedaan bakat dan minat dari contoh minat dan bakat di atas, Sobat? Minat bakat sebenarnya adalah konsep yang saling terkait, tetapi sifat dan manifestasinya berbeda. Seseorang dapat memiliki minat yang kuat dalam suatu bidang tanpa memiliki bakat yang luar biasa dalamnya. Contoh minat dalam seni tari, misalnya, tidak harus berarti seseorang berbakat menari sejak kecil. Melainkan, kemampuan tersebut dapat dipelajari dengan giat, bahkan mungkin lebih keras daripada mereka yang berbakat tari, sampai mencapai tingkat keahlian yang sama.

Mengenali minat bakat diri sendiri itu emang enggak gampang. Untuk itulah Bimbingan dan Konseling di sekolah tersedia, Sobat Pintar. Kamu juga bisa menggunakan penelusuran minat bakat gratis yang tersedia di Aku Pintar, yang direkomendasikan oleh Kemdikbud.


Sumber: ditsmp.kemdikbud.go.id

0
30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog