APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

3 Ide Ini Pasti Menarik buat Kamu yang Kutubuku

Tips Pelajar dan Mahasiswa

photo via icetoday.net

Banyak yang bilang kamu kutubuku? It's okay.Meskipun konotasi istilah ini cenderung kurang menyenangkan, sebenarnya nggak ngaruh apa-apa sama kamu, kan? Justru kamu bisa memanfaatkan 'ketenaranmu' itu buat nambah uang saku. Misalnya, tiga ide simpel ini bisa kamu kerjakan sekarang juga.

 

1. Book Blogging

Udah banyak baca, saatnya nulis nih, Sobat Pintar. Kamu bisa mulai dengan mengulas buku-buku yang telah selesai dibaca, baik fiksi maupun non-fiksi. Tak harus membatasi diri pada genre tertentu, tapi sah-sah saja kalau kamu ingin fokus pada satu genre saja. Lama-kelamaan, kamu juga bisa menggunakan blogmu sebagai media promosi dengan mengulas buku-buku yang baru terbit. Bukan tidak mungkin, seiring track recordmu,  kamu diminta penulis atau penerbit untuk mengulas bukunya. Dan tergantung resource yang ada, blogmu bisa berkembang menjadi bookstagram, media untuk menjual merchandise yang terkait dengan buku, hingga mungkin kamu bisa menerbitkan bukumu sendiri – how cool is that!

 

2. Freelance Editor

Makin banyaknya penerbit indie berarti profesi book editor juga makin dibutuhkan. Tapi kan, kamu masih harus sekolah atau kuliah? Nggak harus ngantor, kok! Kamu bisa menjadi freelance book editor dan bekerja disela waktu belajarmu. Modalnya jadi book editor juga nggak rumit, kamu hanya butuh ketelitian tingkat dewa dalam pemilihan kata, penempatan tanda baca, struktur kalimat, struktur paragraf, tata bahasa, hingga gaya bahasa yang sesuai. Saking banyaknya buku yang sudah kamu baca, tentunya kejelianmu sudah cukup terasah, bukan?

 

3. Membuka Persewaan Buku

Sudah lengkapkah koleksi volume komik favoritmu? Bagaimana pula dengan koleksi trilogi? Barangkali kamu juga sudah tak ingat alur cerita novel yang nangkring di ujung rak buku. Mau diloakin juga sayang, kan? Jadi, kenapa nggak membuka persewaan buku saja? Selain kamu memperoleh penghasilan dari buku-buku lama yang sedang menumpuk berdebu, orang lain juga beruntung berkesempatan membaca buku-buku seru yang mungkin tak terbeli – it's a win-win solution! Psstt... kali-kali aja kamu bisa mendorong lebih banyak kutubuku bermunculan.

 

Ketiga ide nambah uang saku diatas bisa banget kamu lakukan sambil sekolah maupun kuliah. Lagipula, kini saatnya kamu menjadi lebih produktif setelah melahap begitu banyak buku. Ya, nggak?

240

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog