APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

3 Jurusan Mainstream Idaman – Termasuk Kamu?

Cari Tahu Jurusanmu

photo via www.michaelbelias.com

Jika kamu terlahir dalam keluarga besar, tiap kali ketemu saudara atau kerabat pastinya akan ditanya-tanya tentang sekolahmu – iya, termasuk kuliahmu. Dan jangan heran kalau jawabanmu hanya akan menghasilkan pertanyaan berikutnya, saking bedanya pendidikan saat ini dibanding masa-masa sekolah atau kuliah kakek nenek, oma opa, om tante, atau siapapun senior citizen dalam keluarga besarmu. Bagi generasi senior ini, yang namanya gelar hanya dua: dokter atau insinyur.

Desain komunikasi visual grafis atau bisnis digital adalah jenis jawaban yang membuatmu menjelaskan panjang lebar – dan bersyukurlah bila jawabanmu dimengerti. Tapi, bukan tanpa alasan bila gelar dokter atau insinyur populer sejak dulu kala. Apalagi, orang tua juga turut bangga saat mengabarkan dijurusan apa anak kesayangan mereka kuliah. Jadi, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan-jurusan mainstream berikut ini sebagai pilihan kuliahmu.

 

1. Pendidikan Dokter

Yup, mau bikin orang tua bangga? Jadilah dokter. Sejak kuliah, orang tuamu akan heboh mengabarkan bahwa kamu calon dokter pada kerabat dan kenalan – mungkin sampai kamu bisa malu tersipu-sipu. Biaya kuliah kedokteran memang cukup besar, tapi yang lebih penting adalah kemampuanmu untuk masuk Pendidikan Dokter dan kesanggupanmu untuk menyelesaikannya. Biasanya orang tua cukup suportif, tapi tetap saja kalian harus berkomunikasi dengan baik dalam hal ini.

 

2. Teknik

Kalau kamu enggak bisa lihat darah, ya udah, coba ke Fakultas Teknik, deh. Malahan, disini pilihanmu banyak banget – bisa Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, atau yang lain. Asalkan saat ditanya kuliah apa, dan jawabanmu teknik, udah beres urusan. Orang tuamu juga akan turut senang karena biasanya sefakultas ini emang tempat berkumpulnya calon-calon orang bergaji gede, apalagi kalau kamu dapat pekerjaan dengan gaji dolar – harapannya, hidupmu nanti jadi tenang dan makmur. Udah paham kan, kenapa jadi insinyur tuh dambaan banget bagi para orang tua?

 

3. Ekonomi

Ekonomi juga merupakan fakultas yang mencetak para pekerja cerdas dengan penghasilan melimpah. Apapun jurusan pilihanmu – entah Akuntansi, Manajemen, atau yang lain, om tante yang baru sekalinya kamu temui seumur-umur juga enggak akan bertanya detail tentang kuliahmu. Udah deh, jawaban kuliah Ekonomi akan membuat percakapan kalian lancar – dan semoga juga hidupmu kelak.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Tentunya, selain jurusan-jurusan di atas, masih banyak jurusan lain yang tak kalah kece dan bisa bikin orang tuamu bangga. Apalagi kalau orang tuamu cukup suportif dengan apapun pilihan kuliahmu, lucky you! Karena sebenarnya tak ada jaminan jurusan tertentu dapat membuat hidupmu cemerlang atau terjungkal. Jadi, jangan terlalu pesimis bila pilihanmu bukan termasuk jurusan mainstream, dan jangan memandang sebelah mata pada jurusan lain saat kamu berhasil masuk jurusan-jurusan di atas.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog