APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

3 Tips Mudah Belajar yang Efektif

Tips Buat Kamu

photo via www.alcdsb.on.ca

Saat mendengar kata belajar, apa yang muncul dikepalamu? Bete? Males? Belajar memang nyaris selalu diasosiasikan dengan hal-hal yang serba negatif, seperti membosankan, menyusahkan, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya kamu bisa lebih menikmati waktu belajarmu dengan tips sederhana dan mudah berikut ini.

1. Temukan Gaya Belajarmu

Siapa bilang belajar kudu duduk manis di meja belajar? Enggak harus, kok. Kamu bisa belajar sambil duduk santai di ayunan halaman belakang dengan segelas limun segar. Kamu bisa jogging pagi sambil mendengarkan rekaman penjelasan guru di kelas kemarin. Atau, kalau duduk di meja belajar dalam keheningan bikin kamu lebih mudah memahami apa yang kamu pelajar, lakukan saja. Sebaliknya, ada juga yang merasa lebih mudah memahami materi pelajaran setelah dibahas dalam diskusi seru bersama beberapa orang teman. Setiap orang punya cara dan gayanya masing-masing untuk menyerap suatu hal kedalam otak. Temukan gayamu!

2. Bikin Catetanmu Sendiri

Lagi-lagi, catetan pelajaran ini juga musti sesuai dengan gaya belajarmu. Kalau kamu cenderung suka sama hal-hal yang menarik mata, bikin catetan yang penuh warna. Atau, tambahkan gambar-gambar lucu yang mengilustrasikan isi kepalamu pada suatu tema pelajaran. Tak harus berupa catatan rapi berparagraf, kamu bisa bikin mind map yang lebih ringkas, mudah dibaca dan diulang kapanpun kamu mau. Kalau kamu lebih mudah mengingat hal-hal yang kamu dengar, ada baiknya siapin voice recorder untuk merekam penjelasan guru di kelas. Kamu bisa memutar ulang rekamanmu kapanpun kamu mau.

3. Konsisten

Jangan berpikir belajar itu membutuhkan waktu banyak. Enggak, kok. Kamu cuma perlu meluangkan waktu 15 menit, 45 menit, atau 2 jam, sesanggupnya kamu fokus. Kalau pikiran udah kemana-mana dalam 30 menit, istirahat saja sebentar. Kalau masih sanggup, balik lagi dalam 10 menit. Yang penting, patuhi jadwal yang kamu bikin sendiri untuk belajar sekian menit setiap hari. Iya, setiap hari 30 menitpun cukup untuk mengulang pelajaran di sekolah. Tapi sekali lagi, yang penting adalah konsisten melakukannya. Cepat atau lambat, kamu bakal melihat hasilnya.

Dan yang paling penting adalah jangan berkeyakinan kalau belajar itu hal yang membosankan atau beban hidup. Kalau udah negatif duluan, susah juga menikmati proses belajarmu. Alhasil, susah juga menyerap dan memahami apa yang kamu pelajari. Jadi, asikin aja!

200

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
terimakasih infonya
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog