APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Beasiswa Dalam Negeri Ini Patut Dicoba

Tips Beasiswa

photo via www.domyessay.net

Apapun motivasinya – mungkin meringankan biaya yang ditanggung orangtua, mencoba keberuntungan, nyari tambahan uang saku, atau yang lain, ngedapetin beasiswa tuh sesuatu yang patut dibanggakan. Kamu berniat mendapatkan beasiswa juga? Beasiswa apa nih, yang pingin kamu dapetin? Ups, belum tau? Ya udah deh, yuk kita lihat ada beasiswa apa saja sih, di negeri tercinta ini.

 

1. Bidikmisi

Beasiswa ini ditujukan khusus bagi calon mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan. Eitts, bukan itu saja syaratnya, Sobat Pintar. Prestasi akademik juga menjadi pertimbangan penting apakah seseorang dengan keterbatasan kemampuan ekonomi berhak memperoleh beasiswa ini atau tidak. Jika pengukuran tingkat ekonomi berdasar pada pendapatan keluarga, maka patokan prestasi akademik mengacu pada rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Proses pendaftaran dan seleksi beasiswa ini biasanya dimulai pada pertengahan bulan Januari. Langsung cek ke bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, ya!

 

2. National Champion Scholarship (NCS)

Meskipun namanya pakai bahasa asing, beasiswa ini dalam negeri punya, lho! Tepatnya, Tanoto Foundation adalah yayasan yang menyeleksi penerima NCS berdasarkan pada tiga kriteria utamanya, yaitu kendala ekonomi, prestasi akademik, dan leadership. Jika kamu menerima beasiswa dari Tanoto, biaya kuliahmu selama delapan semester akan langsung ditangani oleh pihak yayasan dan masih ada mendapat tunjangan bulanan pula! Wow! Siapa sih, yang nolak?

Eitts, ternyata nggak sampai disitu aja, Sobat Pintar. Penerima NCS juga akan mendapat pelatihan soft skills dan kesempatan magang di perusahaan yang tergabung dalam Group Royal Golden Eagle. Cuss cek ke www.tanotofoundation.org, yak!

 

3. Beasiswa Unggulan

Beasiswa yang ditawarkan oleh Kemdikbud ini bisa kamu apply sejak sebelum kuliah sampai saat berada disemester kedua. Terdapat 18 bidang yang diprioritaskan oleh beasiswa ini, yaitu Energi, Pertanian, Maritim, MIPA, Teknologi Pangan, Industri Kreatif, Pariwisata, Kebijakan Publik, Teknologi Informasi, Arkeologi, Perpustakaan, Kebudayaan, Seni Musik, Seni Pertunjukan, Perfilman, Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, Kurikulum dan Pedagogi, serta Pendidikan (PAUD dan PGSD).

Apakah salah satunya adalah bidangmu? Periksa eligibilitasmu di beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

 

4. Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

Kemenag juga nggak kalah keren dari Kemdikbud, lho! Buktinya, ada PBSB Kemenag yang ditujukan bagi santri-santri berprestasi melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Sebanyak 14 perguruan tinggi, yaitu Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Cenderawasih, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, UIN Makassar, UIN Bandung, UIN Malang, UIN Semarang, UIN Yogyakarta, UIN Surabaya, dan UIN Jakarta, tergabung dalam program ini.

Mau tahu lebih lanjut tentang PBSB? Ada di pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.

 

Mana nih, beasiswa yang akan kamu apply? Baca detail persyaratannya dan persiapkan diri sebaik mungkin untuk proses seleksinya, ya. Semoga beruntung!

510

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
bidikmisi
00
beasiswa unggulan
00
Beasiswa unggulan, bidik misi, NCS
00
Beasiswa unggulan, bidik misi, NCS
00
Beasiswa unggulan, bidik misi, NCS
00
Beasiswa unggulan, bidik misi, NCS
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog