APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Cara Menjadi PNS

Tips Kerja PNS

photo via aselimalang.com

Meskipun sekarang ini sudah masuk dalam milenium ketiga, menjadi PNS tetep jadi impian dan cita-cita sebagian orang. Bahkan, masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya menjadi PNS. Abisnya, jadi PNS tuh berarti gaji pasti, bebas PHK, dan masa pensiun terjamin. Setidaknya, begitulah yang diyakini orang sepanjang masa kemerdekaan negara ini.

Namun sayangnya, menggapai impian menjadi PNS tak semudah membalik telapak tangan. Ada saja orang yang ujian PNS tiap tahun tapi status kepegawaiannya tak kunjung berubah. Tak perlu menjadi bagian dari orang-orang yang kurang beruntung ini karena kamu bisa jadi PNS melalui salah satu cara dibawah ini.

 

1. Mengikuti Jalur Umum

Cara pertama menjadi seorang PNS adalah dengan mengikuti seleksi umum. Selain pemeriksaan dokumen dan ijazah, kamu juga harus mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB) sesuai dengan formasi pilihanmu, bahkan wawancara.

Pada cara ini, penting untuk memastikan instansi pilihanmu sama atau linear dengan latar belakang pendidikanmu. Misalnya kamu kuliah di Jurusan Statistika, sudah sewajarnya kalau kamu mengajukan formasi CPNS di Badan Pusat Statistik – bukan di Kementerain Pertahanan. Kemudian, jangan lupa untuk mencari informasi lebih lanjut pada website resmi instansi karena setiap lembaga, baik kementerian maupun non-kementerian, memiliki prosedurnya sendiri-sendiri. Pastikan kamu memenuhi setiap persyaratan yang disebutkan karena kamu harus melewati tahap pemeriksaan dokumen sebelum dapat mengikuti tes.

 

2. Manfaatkan Jalur Cum Laude

IPK bagus memang tak menjadi syarat mutlak untuk lolos tahap administrasi, dimana dokumen dan ijazahmu diperiksa. Tapi kalau kamu lulus kuliah dengan predikat cum laude (dengan pujian) dan dari perguruan tinggi berakreditasi A, pemerintah punya jalur istimewa buatmu. Selain IPK, syarat lain yang waji kamu penuhi adalah batasan usia. Yak, kamu nggak boleh berusia lebih dari 35 tahun saat mengikuti seleksi.

 

3. Menjadi Orang Papua

Pemerintah punya jalur istimewa khusus buat pemuda pemudi Papua. Beruntunglah kalau kamu asli Papua karena persyaratan akademiknya lebih rendah daripada jalur umum.

Cara ketiga ini bukan buat diakal-akalin lho, ya. Gak usah deh, pakai pindah-pindah Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk segala.

 

4. Menjadi Atlet yang Berprestasi

Bila mengikuti pemberitaan seputar SEA Games 2017 dan Asean Games 2018, tentu kamu takkan melewatkan kabar beberapa atlet yang diangkat menjadi PNS. Jika kamu berprestasi dibidang olahraga, targetkan untuk meraih medali emas pada kancah kompetisi internasional. Perlu dicatat, ketentuan terkait medali ini berada dalam kewenangan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tapi jangan berkecil hati karena pemerintah provinsi juga memiliki kewenangan untuk mengangkat atlet regional menjadi PNS.

 

Nah, sekarang kamu udah tahu gimana caranya menjadi PNS, kan? Selamat mencoba!

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog