APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Jurusan di Sekolah Penerbangan dengan Profesi Menjanjikan

Cari Tahu Jurusanmu

photo via beritadaerah.co.id

Kian hari, transportasi udara kian jadi pilihan banyak orang karena efisiensi waktu yang ditawarkannya. Apalagi bila kamu harus bepergian antar pulau, transportasi udara bisa jadi pilihan yang lebih baik ketimbang transportasi laut. Dan bila kamu bisa melihat potensinya yang semakin baik dihari depan, kenapa tidak mempertimbangkan kuliah di jurusan yang menawarkan lapangan pekerjaan dibidang transportasi udara? Mau tahu jurusan apa saja yang dibutuhkan bidang transportasi udara ini?

 

1. Manajemen Penerbangan

Jurusan Manajemen Penerbangan terdiri dari 3 Program Studi, yaitu Administrasi Perhubungan Udara, Operasi Bandar Udara, dan Manajemen Transportasi Udara. Setiap Program Studi menerima siswa dari SMA, MA, dan SMK, baik dari IPA, IPS, Bahasa, maupun teknik. Jurusan ini mempersiapkanmu untuk menangani reservasi penerbangan, ticketing, cargo handling, ground handling, hingga pemeliharaan dan pengoperasian fasilitas keamanan penerbangan.

Kamu nantinya bisa bekerja pada maskapai penerbangan milik pemerintah maupun swasta, bandara udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, atau pada BUMN yang menangani operasional bandara di seluruh Indonesia (Angkasa Pura I dan II) dibagian Marshalling, management cargo handling, AVSEC, ataupun AMC. Kamu juga masih bisa bekerja di tour and travel agent, ground handling agent, cargo agent, hingga asuransi penerbangan.

Tertarik untuk kuliah di Manajemen Penerbangan? Kamu harus mengikuti tes seleksi masuk yang mencakup tes akademik, kesehatan organ, kesehatan fisik, kesamaptaan, psikologi, administrasi, dan wawancara di ATKP Surabaya atau STPI Curug.

 

2. Penerbang

Jurusan ini sering juga disebut sebagai Jurusan Penerbangan atau Pendidikan Pilot, yang terdiri dari Program Studi Penerbang Sayap Putar, Penerbang Sayap Tetap, dan Operasi Pesawat Udara atau FOO (Flight Operation Office). Yak, inilah jurusan idaman bagi kamu yang bercita-cita menjadi pilot sejak kecil.

Tapi pastikan kamu sudah berada dikelas IPA saat SMA, atau di SMK, sebelum melanjutkan ke Pendidikan Pilot di STPI Curug, Badan Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan di Banyuwangi, atau BIFA di Bali. Ketiga lembaga tersebut berada dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan.

Tes yang harus kamu lalui untuk mengikuti Pendidikan Pilot diantaranya adalah tes kesamaptaan, psikologi, bakat, wawancara, kesehatan organ, kesehatan fisik, administrasi, dan TPA (Tes Potensi Akademik). Nantinya, kamu akan memiliki kualifikasi IR (Instrument Rating), ME (Multi Engine), dan CPL (Commercial Pilot License) yang dibutuhkan oleh berbagai maskapai penerbangan, seperti Garuda Indoensia, Lion, Merpati, dan lain-lain.

 

3. Keselamatan Penerbangan

Jurusan Keselamatan Penerbangan memiliki 4 Program Studi, yaitu Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controller), Penerbangan Aeronautika, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, dan Komunikasi Penerbangan. Siswa dari kelas IPA dan IPS dari SMA dan MA atau SMK Teknik dengan kemampuan berbahasa Inggris aktif yang baik berpeluang diterima dijurusan ini.

Lapangan pekerjaan alumni Jurusan Keselamatan Penerbangan cukup luas. Misalnya, lulusan Air Traffic Controller di lembaga Kementerian Perhubungan seluruhnya diserap oleh Airnav, perusahaan umum lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan yang bekerja sama dengan hampir seluruh bandara di Indonesia.

Seorang Air Traffic Controller bekerja di tower bandara untuk Aerodrome, bisa juga di tower atau ruangan lain yang telah dilengkapi dengan tampilan visual radar untuk ACC (Area Control Center) dan APP (Approach). Pensiunan pegawai, pemindahan pegawai, dan penambahan bandara setiap tahun mengakibatkan Airnav senantiasa membutuhkan personel Air Traffic Controller.

 

4. Teknik Penerbangan

Jurusan Teknik Penerbangan mencetak tenaga-tenaga handal dibidang penerbangan, seperti teknisi pesawat udara, kelistrikan bandara, telekomunikasi dan navigasi bandara, teknisi bangunan dan landasan, serta mekanikal bandara. Kamu dari kelas IPA, IPS, SMA, MA, maupun SMK bisa mengikuti tes seleksi masuk jurusan ini. Teknik Penerbangan sendiri terbagi kedalam 5 Program Studi, yaitu Teknik Pesawat Udara, Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Mekanikal Bandar Udara, serta Teknik Bangunan dan Landasan.

Bila kamu ingin menjadi seorang teknisi pesawat udara, ATKP Surabaya, ATKP Makassar, dan STPI Curug bisa menjadi kampus pilihan kuliah karena ketiganya memiliki kerjasama dengan Kementerian Perhubungan. Lulusan Jurusan Teknik Penerbangan sebagian besar diserap oleh Airnav atau AP I dan II.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Sebuah bandara memerlukan begitu banyak tenaga ahli di berbagai bidang. Tentunya, ini berarti kesempatanmu untuk membangun masa depan yang cemerlang, sesuai dengan kemampuan dan cita-citamu.

741

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

Jajal Dong

00

Jajal 2

00

Jajal 4

10
5
00

Jajal 3

00

Jalal Lagi

00
ini apa
00
yeyeye
00
jajal juga
00
coba 4
00
mudah2 an tahun depan lulus di ATKP MAKASSAR Amiiinnnnn.. .. .
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog