APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Jurusan Ilmu Murni, Peluang dan Prospeknya

Jurusan ilmu murni menawarkan peluang lolos PTN yang lebih baik.

Jurusan Ilmu Murni, photo via towardsdatascience.com

You have no other way but to get to college. Fine, you're not the only one with such strong determination. Tapi sudah dipertimbangkan peluang lolosnya, terutama pada SBMPTN, Sobat?

We have good news. Jurusan-jurusan Ilmu Pengetahuan Murni atau Basic Science cenderung memberi peluang lolos lebih besar pada seleksi PTN. It, in fact, is the best news ever when you have a genuine interest in Basic Science. Tapi bagaimana prospek kedepan bagi alumni jurusan-jurusan ilmu murni? If you're still in doubt, let's find out!

 

1. Matematika

Bagi penyuka aljabar, analisis matematika, geometri, dan cabang-cabang Matematika murni yang lain, Jurusan Matematika pasti sudah masuk pertimbangan kuliah. Mahasiswa Matematika pun dibekali dengan pengetahuan tentang riset operasi, komputasi, aktuaria, dan statistika.

Terlatih untuk berpikir, sehingga pun bertindak, secara sistematis, maka alumni Matematika murni memiliki modal ampuh untuk masuk kepasar kerja. Alhasil, alumni Matematika dapat berprofesi sebagai seorang aktuaris, ahli statistik, programmer, bahkan manajer keuangan.

 

2. Fisika

Menjadi mahasiswa Fisika murni berarti Sobat Pintar nanti akan belajar tentang sifat dan perilaku materi pada berbagai ragam bidang, mulai partikel submikroskopis hingga kesatuan kosmos alam semesta. Pengetahuan yang luas tentang materi dalam lingkup ruang dan waktu menjadikan alumni Jurusan Fisika cakap dalam melakukan berbagai penelitian.

Namun prospek kerja alumninya tak terbatas pada lembaga penelitian, baik pemerintah maupun swasta. Sarjana Sains Fisika pun dibutuhkan oleh perusahaan teknologi hingga manufaktur, sebagai kontraktor pada perusahaan konstruksi hingga field engineer pada industri perminyakan dan pertambangan.

 

3. Biologi

Bila mahasiswa Fisika bergaul dengan gejala alam dan materi tak hidup, mahasiswa Biologi belajar tentang makhluk hidup – mencakup manusia, tumbuhan, hewan, hingga mikroba. Dengan kata lain, bila kuliah dijurusan ini nantinya, Sobat Pintar akan belajar tentang anatomi organisme, genetika, fisiologi, hingga sel molekul setiap makhluk hidup.

Dengan pengetahuan tersebut, Sobat Pintar kelak dapat bekerja dibidang medis, perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG), maupun lembaga pelestarian satwa dan alam liar. Otherwise, you may pursue the career path of a wild life photographer – it must be so much fun for those who can't stand a contrived space.

 

4. Kimia

Lulus dari jurusan ini, Sobat nantinya akan memiliki pengetahuan mendalam tentang sifat-sifat dasar suatu unsur, interaksinya dengan unsur lain, termasuk pula modifikasinya agar dapat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagian dari pengetahuan berharga tersebut diperoleh melalui eksperimen dan praktikum laboratorium.

Bagaimana dengan sebagian lainnya? Justru dari dan pada kehidupan sehari-harilah pengetahuan Kimia diperoleh dan bermanfaat. Disadari atau tidak, bahan kimia terdapat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari makanan dan minuman, obat-obatan, perkakas rumah tangga, hingga komestik dan kecantikan.

Pantaslah bila alumni Kimia murni dapat bekerja pada berbagai bidang, seperti industri farmasi, kosmetika, bahkan kuliner. Selain menjadi analis ataupun teknisi laboratorium, Sarjana Sains Kimia dapat bekerja pada bagian quality control atau Research and Development diberbagai perusahaan.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Dan tak menutup kemungkinan, Sobat Pintar kelak dapat menjadi entrepreneur berbekal ilmu murni yang dipelajari dibangku kuliah. Yes, you'll have to learn how to run a business, but you know very well the business you're running in. Jadi, sudah memutuskan atau masih mempertimbangkan kuliah pada jurusan ilmu murni?

260

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog