APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Jurusan Teknik – Mana Pilihanmu?

Jurusan-jurusan teknik memerlukan penguasaan dasar-dasar ilmu sains yang baik.

Jurusan Teknik Mana Pilihanmu, image via gniotgroup.edu.in

Warga mayoritas fakultas ini adalah laki-laki. Kebanyakan tampang mahasiswanya memang terhitung lusuh, tapi mereka bertransformasi menjadi orang-orang sukses setelah bekerja. Bisa menebak, kita sedang membahas fakultas apa, Sobat? Iya, inilah Fakultas Teknik, dan empat jurusan ini menjadi bagian didalamnya. What are they?

 

1. Teknik Mesin

Dikenal juga sebagai Teknik Mekanik atau Rekayasa Gerak, ilmu teknik ini mempelajari tentang aplikasi prinsip fisika dalam desain, analisis, manufaktur, dan maintenance suatu sistem mekanik. Menjadi mahasiswa Teknik Mesin berarti Sobat harus belajar tentang energi, termodinamika, teknik material, kinematika, dan mekanika.

Selain Mekanika, Kinematika, Mekatronika dan Robotika, Analisis Struktural, serta Termodinamika merupakan cabang-cabang ilmu Teknik Mesin. Mekatronika sendiri menghubungkan Teknik Mesin dengan Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Listrik. Sementara itu, Termodinamika yang mempelajari tentang bagaimana energi digunakan dan diubah, diperlukan dalam beberapa ilmu teknik, termasuk Teknik Mesin.

Selain cabang-cabang ilmu diatas, diperlukan pula Analisis Struktural agar insinyur mesin dapat memahami bagaimana kegagalan suatu sistem terjadi. Pasalnya, setiap mekanisme gerak, baik pada pesawat, mobil, kapal laut, robot, sepeda, hingga jam, merupakan sebuah sistem yang kompleks.

So, are you interested in Mechanical Engineering, Sobat? Mana yang lebih menarik minatmu: Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi Energi, atau Ilmu Bahan/ Metalurgi?

 

2. Teknik Kimia

Jika Sobat Pintar lebih tertarik tentang bagaimana memroses bahan mentah agar menjadi lebih berguna, baik menjadi barang setengah jadi atau barang jadi, Teknik Kimia mungkin jurusan yang sesuai untukmu. Disini dipelajari tentang material, mekanika fluida, termodinamika, termokimia, reaksi kimia, perpindahan momentum, energi, massa, dan lain-lain.

The aim is basically similar: agar barang mentah memiliki nilai ekonomi. Akan tetapi, bidang cakupan Teknik Kimia itu sendiri sangat luas, termasuk Teknik Biokimia, Teknik Biomedis, Bioteknologi, Senjata Kimia, Elektrokimia, Teknik Lingkungan, Teknik Farmasi, Pengilangan Minyak, Nanoteknologi, Teknik Molekuler, Metalurgi, Teknik Makanan, dan lain-lain.

Terdapat beberapa macam penjurusan peminatan Teknik Kimia, dengan masing-masing perguruan tinggi menawarkan pilihan yang berbeda. Di Institut Teknologi Bandung (ITB), misalnya, peminatan Teknik Kimia yaitu Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Teknik Pangan, Bio-Proses, dan Teknologi Kimia Umum.

Industri pangan, pengelolaan limbah, kosmetik, hingga industri minyak dan gas membutuhkan engineers dari jurusan ini. Are you interested in the fields? Pastikan Sobat memang menyukai dan tak mengalami kesulitan berarti pada matapelajaran Kimia, Fisika, dan Matematika, ya. You'll learn a lot about them all at Chemical Engineering later on.

 

3. Teknik Fisika

Jurusan ini pun memerlukan penguasaan tak hanya Fisika, tapi juga Kimia dan Matematika yang baik. Teknik Fisika pada dasarnya mempelajari tentang aplikasi ilmu terapan, ilmu terapan, hingga pemanfaatan teknologi. Itulah sebabnya, Teknik Fisika seolah merupakan jembatan antara Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Material.

Selama kuliahnya, mahasiswa Teknik Fisika belajar kalkulus, probabilitas dan statistik, matematika rekayasa, elektromagnetik, fisika modern, termodinamika, fisika kuantum, konversi energi, fisika material, akustik, manajemen energi, gelombang, elektronika, dan lain-lain. Seluruhnya diperlukan dalam analisis dan rekayasa pada berbagai bidang.

Teknik Fisika sendiri masih terbagi lagi menjadi beberapa bidang keahlian, yang dapat dipilih berdasarkan minat. Beberapa bidang keahlian tersebut antara lain Optik dan Laser, Rekayasa Bahan, Instrumentasi dan Kontrol, serta Fisika Bangunan, Akustik, dan Energi.

Karena pengetahuan dan kemampuannya, alumni Teknik Fisika dibutuhkan dalam berbagai industri, seperti rekayasa dan konstruksi, produksi alat instrumentasi dan integrator sistem, pengolahan, hingga manufaktur, dan pembangkit listrik. Are you ready to be in one of these fields, Sobat Pintar?

 

4. Teknik Industri

Dibanding bidang-bidang ilmu teknik diatas, Teknik Industri memiliki cakupan ilmu sosial yang lebih luas. Tak hanya penguasaan Matematika dan Fisika, tapi Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi pun merupakan ilmu sosial yang tak kalah penting untuk dipelajari di jurusan ini.

Menurut Teknik Industri, peralatan, bahan-bahan, hingga desain saja tak cukup menentukan keberhasilan suatu sistem. Akan tetapi, informasi dan manusia didalam sistem tersebut pun memiliki andil yang tak kalah penting. Oleh sebab itu, engineering method, ergonomi, material handling, hinggamanajemen dipelajari sebagai ilmu dasar Teknik Industri.

Sistem terintegrasi yang dipelajari di Teknik Industri dapat kita lihat pada pabrik, rumah sakit, bank, maupun sistem lain yang menjadikan manusia sebagai elemen utamanya. Dalam perkuliahannya, Teknik Industri diklasifikasikan lagi menjadi Sistem Manufaktur, Sistem Industri dan Tekno Ekonomi, serta Manajemen Industri.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Selain keempat jurusan diatas, apa lagi jurusan di Fakultas Teknik? Banyak sekali, Sobat! Masih ada Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Perkapalan, dan lain-lain. But for now, dari keempat jurusan teknik ini, mana yang menjadi minat terbesarmu, Sobat?

190

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
teknik komputer kak
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog