redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Langkah Penting Proses Pendaftaran SNMPTN 2020

Hindari kesalahan dengan mencermati setiap tahapan proses SNMPTN.

Proses Pendaftaran SNMPTN, image via targetcareers.co.uk

Akhirnya, setelah mengalami pengunduran, pendaftaran SNMPTN dibuka hari ini, 14 Februari 2020. Laman LTMPT mulai membuka pendaftaran online-nya pada pukul 14.00 WIB. Sesuai jadwal terbarunya, laman pendaftaran SNMPTN 2020 dapat diakses hingga 27 Februari nanti. Selagi dalam masa-masa pendaftaran ini, mari kita review lagi apa saja yang penting dan perlu diperhatikan pada SNMPTN 2020.

 

1. Pilihan Jurusan atau Program Studi (Prodi)

Tak banyak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kita boleh mengajukan dua pilihan jurusan untuk SNMPTN. Tapi bagaimana persisnya alternatif pemilihannya? Ada tiga skema, Sobat.

Pertama, kita bisa memilih dua jurusan tersebut pada satu PTN. Misalnya, pilihan pertama adalah Ilmu Ekonomi UI dan pilihan kedua adalah Ilmu Ekonomi Islam UI.

Kedua, kita boleh memilih dua jurusan tersebut pada dua PTN yang berbeda. Misalnya, pilihan pertama adalah Ilmu Hubungan Internasional UGM dan pilihan kedua adalah Ilmu Hubungan Internasional Unpad. Atau, boleh juga Ilmu Hubungan Internasional UGM pada pilihan pertama dan Sastra Inggris Unair pada pilihan kedua.

Ketiga, pilih satu jurusan pada satu PTN – out of either confidence or desperation. Pilih saja satu jurusan, seperti Pendidikan Dokter UI – well, it's quite an option.

 

2. Portofolio Sesuai Jurusan Pilihan

Tak melalui tes praktek secara langsung, jurusan-jurusan tertentu menerapkan proses seleksi melalui portofolio. Pendaftaran SNMPTN 2020 yang memerlukan kelengkapan portofolio diterapkan pada Jurusan Olahraga, Seni Rupa Desain dan Kriya, Seni Tari, Seni Musik, Seni Karawitan, Etnomusikologi, Teater, Fotografi, Film dan Televisi, serta Seni Pedalangan.

Apa saja yang harus disiapkan untuk melengkapi portofolio? Template portofolionya sudah disiapkan. Sobat Pintar hanya perlu men-download-nya pada laman web.snmptn.ac.id/portofolio. Cek apa saja yang diperlukan, kemudian upload dokumen-dokumen yang diminta pada saat mendaftar.

Bila ada dokumen lain yang tidak diminta, tapi dirasa mampu memberi nilai lebih, Sobat dapat menyertakannya. Masih ada waktu bila Sobat merasa ada dokumen yang perlu disiapkan untuk disertakan upload bersama portofolio.

 

3. Luangkan Waktu untuk Periksa Ulang

Jangan abai untuk memeriksa ulang sebelum meng-upload, Sobat. Sekalipun terasa sepele, data diri, identitas orang tua, data ekonomi, hingga data ketunaan adalah informasi yang penting. Pihak LTMPT menangani ratusan ribu peserta SNMPTN. There's no room for unnecessary mistakes on our part.

 

4. Finalisasi

And finally, we come to the last step: cetak Kartu Tanda Peserta. Kartu ini adalah bukti bahwa Sobat adalah peserta SNMPTN 2020. Bagaimana kalau kartu ini tidak dicetak? Kita bisa dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tak disertakan SNMPTN, Sobat! Adanya kartu ini ditangan kita berarti proses pendaftaran SNMPTN sudah tuntas.

Ingat, setelah memegang Kartu Tanda Peserta ini Sobat tidak boleh melakukan perubahan apapun pada data yang telah di-upload. Tiba-tiba menyadari kesalahan pilihan jurusan yang telah dicantumkan? Deal with it.

Itulah sebabnya perlu pertimbangan yang masak dalam memilih jurusan kuliah. Kesalahan urutan pilihan saja, misalnya, mempengaruhi peluang kita lolos SNMPTN. Jadi, jangan lupa memeriksa kuota jurusan pilihanmu dan membandingkannya dengan jumlah peminatnya pada SNMPTN 2019.

What's next? Tunggu pengumuman SNMPTN-nya, Sobat! Hingga saat ini, pengumuman SNMPTN 2020 dijadwalkan pada 4 April nanti. Berikutnya, bila lolos SNMPTN, Sobat akan mengikuti proses verifikasi dan/ atau pendaftaran ulang di PTN pilihan.

150

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
1 Comment
Terima kasih info nya
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp