APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Perbedaan SMA dan SMK

Memilih sekolah di SMA atau SMK dapat memengaruhi arah masa depan pelajar.

Perbedaan, image via paventure.net

Setelah lulus SMP, baiknya lanjut ke SMA atau SMK? Atau, sudah berstatus siswa disalah satunya? Masih suka penasaran dengan apa yang dipelajari dan dihadapi siswa-siswi di SMA atau SMK? Mari cari tahu lebih banyak tentang perbedaan keduanya, Sobat.

 

1. Lama Masa Pendidikan

SMA terdiri dari tiga tingkatan kelas, yaitu kelas I, II, dan III – atau lebih dikenal sebagai kelas X, XI, dan XI. Pendidikan dasar terakhir ini dapat dituntaskan dalam kurun waktu tiga tahun – satu tahun untuk masing-masing kelas.

Cukup berbeda keadaannya dengan SMK. Beberapa jurusan memang harus ditempuh dalam tiga tahun, sama seperti masa sekolah di SMA. Tapi ada beberapa jurusan yang memerlukan masa praktik lebih lama, sehingga memerlukan waktu studi yang lebih lama pula yaitu empat tahun.

Bahkan, sejak tahun 2017 Kemendikbud meluncurkan program SMK 4 tahun demi meningkatkan kompetensi lulusan. Pada tahun keempat, siswa SMK belajar didunia industri selayaknya pekerja pada umumnya – lebih sering dikenal sebagai PKL.

 

2. Matapelajaran yang Dipelajari

Pendidikan SMA mengenal tiga pengelompokan bidang keilmuan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Dari waktu kewaktu, awal pengelompokan siswa kedalam kelas IPA, IPS, dan Bahasa berubah-ubah – sedari kelas X, XI, atau XII.

Matapelajaran-matapelajaran dikelas IPA antara lain Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Siswa kelas IPS belajar Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Sejarah, Geografi, dan lain-lain. Dikelas Bahasa, selain Bahasa dan Sastra Indonesia serta Inggris, diajarkan pula satu bahasa asing lain dan satu hingga dua bahasa asing lagi yang bersifat pilihan.

Sementara di SMK, apapun jurusannya, muatan praktik selalu lebih besar dibanding teori yang diajarkan. Satu SMK memiliki beberapa jurusan berbeda. Bahkan, antara satu SMK dengan SMK yang lain pun memiliki jurusan yang tak sama. Maka, matapelajaran produktif yang dihadapi siswa juga tak sama – sesuai dengan jurusannya masing-masing.

Pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, misalnya, matapelajaran yang dihadapi antara lain perawatan komputer, instalasi jaringan, teknik perakitan komputer, dan lain-lain. Sedangkan siswa pada Jurusan Tata Boga belajar tentang peralatan memasak, teknik memasak, bisnis kuliner, dan seterusnya.

 

3. Kelanjutan Pendidikan

Karena matapelajaran-matapelajaran yang di SMA lebih bersifat umum, siswa SMA punya bekal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan ujian seleksi masuk PTN. Lagipula, memang matapelajaran-matapelajaran yang diajarkan di SMA bertujuan membangun nalar dan kerangka berpikir yang dibutuhkan kelak dalam kajian ilmiah diperguruan tinggi.

Lantas, apakah berarti lulusan SMK tidak boleh melanjutkan kuliah? Tak ada peraturan seperti itu, Sobat. Lulusan SMK tetap dapat melanjutkan kuliah meskipun mungkin perlu usaha ekstra untuk mempersiapkan seleksi masuk PTN. Lulusan SMK juga harus mau mengejar ketertinggalan pada matakuliah-matakuliah yang sempat disinggung di SMA, tapi tak diperoleh di SMK.

Namun sesuai dengan kurikulumnya, alumni SMK sebenarnya memang disiapkan untuk bekerja setelah lulus. Dengan skill dan pengalaman PKL-nya, lulusan SMK memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh alumni SMA.

 

4. Biaya Sekolah

Secara umum, biaya sekolah di SMA lebih rendah daripada SMK. Salah satu sebab biaya sekolah di SMK lebih tinggi adalah karena adanya praktik di dalam maupun di luar sekolah.

Tentunya, pembiayaan sekolah SMA masih berbeda antara SMA negeri dan SMA swasta favorit. Demikian pula antara satu jurusan dengan jurusan yang lain di SMK.

Diluar sekolah, biaya pendidikan siswa SMK tentu lebih besar lagi bila mereka mengikuti bimbingan belajar sebagai persiapan mengikuti SBMPTN ataupun Seleksi Mandiri. Tapi Sobat dapat memanfaatkan fitur-fitur aplikasi Aku Pintar, salah satunya adalah Try Out. Persiapan ujian masuk PTN jadi lebih mudah, bukan?

200

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog