redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Tips Lolos PTN Tanpa Bimbel - Jajaki dan Kalkulasi Peluangmu

Belajar secara mandiri untuk menyiapkan UTBK-SBMPTN bisa dilakukan.

lolos PTN tanpa bimbel, Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Kira-kira bisa enggak sih, belajar SBMPTN tanpa les? Kalau Sobat Pintar galau dengan pengeluaran tambahan di tengah badai perekonomian dalam negeri (baca: keluarga), pertanyaan seperti ini pasti pernah, atau bahkan cukup sering, nyantol di kepala.

Bagaimanapun juga, bimbingan belajar alias bimbel sangat membantu persiapan kita menghadapi SBMPTN. Sayangnya, kita punya alasan masing-masing, salah satunya keadaan finansial yang kurang mendukung, sampai-sampai harus menyusun strategi lulus SBMPTN tanpa bimbel.

Apapun keadaan dan alasanmu saat ini, belajar secara mandiri sebenarnya amat penting – bukan hanya untuk menyiapkan SBMPTN, tapi juga sepanjang hayat kita, sebenarnya. Nah, cari tahu yuk, bagaimana cara belajar SBMPTN tanpa bimbel.

 

1. Pelajari Soal-Soal UTBK Sebelumnya

belajar sbmptn tanpa les
Photo by Kyle Gregory Devaras on Unsplash

Tips belajar SBMPTN tanpa bimbel yang cukup penting yaitu mempelajari soal-soal UTBK dari tahun-tahun sebelumnya. Mempelajari ya, Sobat Pintar. Meskipun pada dasarnya yang dilakukan adalah berlatih mengerjakan soal-soal, strategi belajar SBMPTN yang sesungguhnya lebih kompleks.

Setelah beberapa kali mengerjakan latihan soal, lama-kelamaan kita akan mulai mengenali berbagai macam tipe soal. Meskipun soal UTBK 2019 tampak menggunakan kata-kata yang berbeda dengan soal UTBK 2020, misalnya, kita akan mendapati kesamaan pola, tipe, jenis, atau kerangka soal pada keduanya. Kita akan cenderung lebih peka dengan pengulangan pola seperti ini setelah berkali-kali bertemu dan berlatih mengerjakan latihan soal.

Berlatih soal UTBK dari tahun-tahun sebelumnya tak hanya membuat kita mengenal lebih banyak jenis soal. Strategi belajar SBMPTN seperti ini juga membuat kita sadar materi-materi apa saja yang belum kita kuasai. Pernah enggak, Sobat membaca pembahasan soal berkali-kali namun masih sulit memahaminya? Kalau begitu, harus luangkan waktu untuk belajar materi tersebut secara terpisah, ya.

 

2. Pahami Konsep Materinya

tips lolos sbmptn
Photo by C D-X on Unsplash

Soal-soal UTBK menuntut cara berpikir kritis serta penalaran yang baik. Karena itulah, cara belajar kita tak cukup dengan mengulang-ulang berlatih soal yang mirip atau bahkan sekadar menghafal. Jika ingin lolos PTN tanpa bimbel, Sobat Pintar harus benar-benar memahami konsepnya.

Untuk memperoleh pemahaman konseptual, sebaiknya kita belajar dengan memulai dari materi yang lebih mudah terlebih dahulu kemudian beranjak menuju materi yang lebih sulit. Pengurutan materi menurut kadar kesulitan atau kompleksitasnya seperti ini memang biasanya dilakukan di bimbel. Kita tinggal belajar sesuai susunan materi yang diberikan. Tapi kalau persiapan SBMPTN tanpa bimbel, gimana kita menyusun materi belajarnya?

Tenang, Sobat. Bukankah sudah ada Belajar Pintar? Fitur ini dapat membantumu memahami cakupan materi yang harus dipelajari jika Sobat Pintar sungguh-sungguh ingin lolos SBMPTN tanpa bimbel. Tak hanya melihat urutan materinya, kita juga bahkan bisa menyusun jadwal belajar SBMPTN 1 bulan berdasarkan banyaknya materi yang ada.

 

3. Buat Target Belajar


Photo by Teslariu Mihai on Unsplash

Target belajar di bimbel, baik kita sadari atau tidak, sudah ditentukan oleh tutor. Kalau boleh jujur nih, yang membuat belajar SBMPTN tanpa les terbilang riskan adalah keteledoran kita berkenaan dengan target belajar. Saking terbiasanya belajar dengan sosok guru di sekolah (ataupun tutor di bimbel), kita bisa merasa kehilangan arah bila harus menentukan target belajar sendiri. Bahkan, membuat target belajar terhitung merupakan tips lolos SBMPTN yang cukup sering diabaikan.

Maka ketika harus belajar SBMPTN tanpa les, jangan sampai lupa membuat target belajarmu ya, Sobat. Apa yang harus dipelajari duluan? Berapa lama mempelajarinya? Kali ini kita sendirilah yang menentukan, bukan guru atau tutor. Kita bisa membuat target materi apa saja yang harus selesai dipelajari setiap pekan, misalnya.

 

4. Ikuti Try Out UTBK


Photo by RAMSHA ASAD on Unsplash

Kita belajar dan kemudian mengikuti ujian di sekolah. Begitu pula dengan persiapan kita untuk SBMPTN. Meskipun tanpa bimbel, strategi belajar SBMPTN secara mandiri tetap membutuhkan ujian (baca: try out). Try out bisa berfungsi sebagai tahap evaluasi atas progres belajar kita di luar bimbel.

Saat ini sudah banyak try out UTBK yang diselenggarakan secara terbuka, sehingga bisa diikuti oleh siapa saja. Selama jadwalnya memungkinkan, usahakan untuk mengikuti setiap try out yang ada, Sobat. Jika lebih suka yang praktis, Sobat Pintar bisa mengikuti try out UTBK melalui aplikasi Aku Pintar. Strategi lulus SBMPTN yang terakhir ini dapat memberimu fleksibilitas waktu yang lebih baik.

Mengikuti try out adalah tips lolos SBMPTN yang terhitung penting. Mengerjakan try out melatihmu merasakan sensasi mengikuti ujian. Tak ingin justru sibuk meredakan gugup saat UTBK nanti kan, Sobat? Disamping itu, skor try out-mu juga bisa digunakan untuk memantau seberapa dekat dirimu dengan target skormu untuk UTBK.

 

Ternyata belajar SBMPTN tanpa les itu dapat dan mudah dilakukan, bukan? Sobat Pintar punya tips belajar SBMPTN tanpa bimbel yang lain? Jangan ragu menggunakannya Sobat, karena ada banyak cara belajar SBMPTN tanpa bimbel sekalipun.

120

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet