APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Tips untuk Melewati Masa Transisimu dari Sekolah ke Kuliah

Tips Buat Kamu

photo via www.uniduna.hu

Memasuki dunia universitas bisa jadi saat-saat yang sudah lama kamu tunggu. Dunia baru yang berbeda dari sekolah tentunya terasa sangat menarik, terutama karena ada banyak hal yang berbeda. Tapi sudah siapkah kamu menghadapi perbedaan-perbedaan itu? Mulai dari perubahan jadwal dan pakaian, hingga banyak hal lainnya. Coba lihat sedikit tips berikut ini untuk membantumu beradaptasi lebih cepat dengan kehidupan barumu sebagai seorang mahasiswa.

 

1. Jangan Bolos Kuliah

Peraturan sekolah memang lebih ketat dibanding universitas. Mulai setiap detail seragam yang kamu kenakan hingga jam masuk sekolah, semua telah ditetapkan dengan tata tertib sekolah. Sebaliknya, kehidupan kampus terasa lebih longgar karena tak ada aturan baku tentang pakaian maupun jam masuk kuliah – kecuali dosenmu menjadikannya sebagai bagian dari peraturan kelas sejak diawal semester. Tapi jangan anggap enteng, ya. Meskipun kamu bisa memalsu tandatangan kehadiran, sebenarnya kamu hanya mengelabuhi dirimu sendiri. Dosen takkan benar-benar peduli apakah kamu masuk kelas dan memahami materi kuliah atau tidak, berbeda dari guru. Namun pada akhirnya kamu sendiri yang akan merasakan dampak dari tindakanmu, baik diakhir semester saat skor ujian dan tugas-tugasmu menentukan kelulusan matakuliah ataupun nantinya setelah lulus kuliah ketika kamu membutuhkan ilmu tersebut saat bekerja.

2. Kenali Dosen

Selamat! Kamu yang gampang bosen karena ketemu sama guru yang gitu-gitu aja, sekarang kamu bisa bertemu dengan berbagai macam tipe dosen saat kuliah. Tak hanya cara mengajar, kamu juga akan memahami bahwa setiap dosen bisa memiliki kriteria kelulusan matakuliah yang berbeda-beda. Jangan berharap jurus jitumu untuk selamat pada satu matakuliah akan meluluskanmu tanpa hambatan dimatakuliah lain.

3. Perhatikan Ruang dan Jadwal Kelas

Total pertemuan satu matakuliah selama satu semester akan terasa sepele dibanding jadwal sekolah dalam durasi yang sama. Tapi jangan sekali-kali dianggap enteng, ya. Bisa jadi jadwal yang telah tersusun diawal semester itu berubah dengan pemberitahuan mendadak dimenit-menit terakhir – entah dosen mengganti jadwal, ruang kelas dipindah, kelas pengganti di gedung lain, dan lain sebagainya.

4. Gaul

Jadi bagaimana mengatasi persoalan perubahan jadwal diatas? Gaul. Yup, kalau ada grup chat kelas, bergabunglah. Kenali teman-teman satu angkatan dan sekelas dalam matakuliah-matakuliah yang kamu ambil. Tak melulu urusan akademis, kamu juga bisa memperluas lingkaran pergaulanmu untuk hang out dan melepas penat pikiran dari perkuliahan. Manfaatkan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa, semacam klub ekstrakurikuler di sekolah) untuk menyalurkan minat dan hobimu atau belajar hal baru diluar dunia akademik. Kegiatan-kegiatan non-akademik ini juga akan mempertemukanmu dengan lebih banyak kenalan.

 

Jadi, sudah siapkah menjalani kehidupan barumu di dunia universitas? Jangan lupa menerapkan 4 tips sederhana di atas, terutama disemester pertamamu kuliah, ya. Tapi kalaupun kamu sudah disemester-semester tengah atau akhir, tetap masih ada waktu untuk memperbaiki bila ada yang kurang.

1930

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
InsyaAllah ,,, siap?!!!
00
InsyaAllah ,,, siap?!!!
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
Terimakasih atas tipsnya
00
oke,akan saya terapkan
00
dagdigdug in shaa allah siap
00
insya allah siap
00
insya allah siap
00
inshaAllah Siapppp
00
Bismillah doakan tahun 2019
00
lulus MAN bisa kuliah di UIN jogja
00
Insyaallah,, semoga saja Tuhan beri yang terbaik. Terimakasih kakak atas tipsnya
00
Insyaallah,, semoga saja Tuhan beri yang terbaik. Terimakasih kakak atas tipsnya
00
Insyaallah lancar jaya
00
Insya allah siap, semoga allah menberi jalan yang terbaik. Aminn
00
siap!!makan!!!
00
insyaAllah, siap
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog