APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Alasan Kenapa Harus Masuk UNPAR Bandung

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat kuliah.

Photo by Victoria Prymak on Unsplash

Pendaftaran mahasiswa baru UNPAR untuk tahun akademik 2023/2024 sudah dimulai sejak akhir tahun 2022 ini. Betul, Sobat Pintar. Kamu enggak salah baca. Perkuliahan 2023/2024 memang baru akan dimulai pertengahan tahun depan, tetapi kamu sudah bisa mengikuti pendaftaran Universitas Parahyangan Bandung sejak sekarang.

Memangnya kenapa memilih UNPAR? Kalau lagi nyari kampus tempat kuliah, barangkali kamu membutuhkan alasan memilih universitas swasta, seperti Universitas Parahyangan, di bawah ini.

 

1. Reputasi Institusi

universitas katolik parahyangan alumni penting
Photo by Andy Wang on Unsplash

Pada awal tahun 1955, Keuskupan Bandung mendirikan sebuah Akademi Perniagaan yang kemudian menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan. Berselang bulan, berdirilah Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, disusul oleh fakultas-fakultas berikutnya. Namun usia saja tak cukup menobatkan UNPAR sebagai salah satu universitas Katolik terbaik di Indonesia.

Tak hanya menjadi perguruan tinggi Katolik pertama di Indonesia, UNPAR juga merupakan bagian dari sedikit PTS yang berdiri pada dekade awal pascadeklarasi kemerdekaan, khususnya di Jawa Barat. Tau ngga kamu, dalam klasterisasi Kemenristek Dikti 2017, UNPAR urutan ke berapa? Dalam klasterisasi tersebut, UNPAR termasuk ke dalam klaster dua dan berada di peringkat ke-34 nasional.

 

2. Reputasi Alumni

jurusan favorit di unpar bandung

Photo by Billy Albert on Unsplash

Di Universitas Katolik Parahyangan alumni penting enggak cuma Tulus atau Dewi Lestari. Jauh dari industri kreatif, Hotman Paris sampai Bima Arya juga adalah alumni UNPAR. Masih banyak lagi alumni UNPAR yang bekerja di perusahaan swasta ataupun badan usaha negara/daerah.

Salah satu alasan masuk universitas swasta adalah rekam jejak alumninya, Sobat Pintar. Kakak-kakak tingkat yang punya reputasi baik di dunia kerja turut membangun kepercayaan masyarakat terhadap adik-adik tingkatnya.

 

3. Prodi yang Relevan

pendaftaran universitas parahyangan bandung
Photo by Billy Albert on Unsplash

UNPAR membuka prodi-prodi di bidang ilmu sosial maupun saintek, seperti Teknologi Informasi, Manajemen, Hukum, dan lain sebagainya. Sulit menentukan jurusan favorit di UNPAR Bandung lantaran tiap-tiap prodi memiliki keunggulannya masing-masing. Namun yang pasti, kurikulum setiap prodi telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia industri sehingga lulusan Unpar memiliki peluang yang baik untuk berkarier.

Dari beberapa alumni yang telah disebutkan di atas, tampak bahwa alumni UNPAR ada yang berkarya di bidang industri kreatif, menjadi politikus dan pejabat publik, atau yang lainnya. Kualitas alumni ini pun tak terlepas dari para dosen di kampus UNPAR. Berkat kompetensi dan pengalamannya, dosen-dosen UNPAR mampu membantu mahasiswa menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus.

 

4. Kesempatan Berprestasi

pendaftaran mahasiswa baru UNPAR
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

Masa kuliah enggak melulu tentang belajar teori di dalam kelas. Sambil kuliah, kita mendapatkan kesempatan untuk mengasah skills baru, bahkan mendalami minat di bidang-bidang lain. Di kampus UNPAR, mahasiswanya silih berganti mengukir prestasi di berbagai kompetisi seperti:

 - kontes Google India Code Jam tahun 2005

- Sayembara Desain Arsitektur Nusantara tahun 2014

- simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi

- Indonesia Accounting Fair

- P&G Business Challenge, dll.

UNPAR membuka kesempatan seluas-luasnya bagi setiap mahasiswa untuk berkreasi dan berprestasi. Adalah tidak relevan untuk menanyakan, misalnya, apakah UNPAR khusus Kristen? Tentu saja tidak, Sobat Pintar. Kita membutuhkan lebih banyak mahasiswa berprestasi yang tidak dibatasi oleh agama yang dianutnya.

 

5. Biaya Kuliah dan Beasiswa

Apakah UNPAR khusus Kristen
Photo by Yan Krukau on Pexels

Berbagai prestasi di atas tak terlepas dari ketersediaan fasilitas yang memadai. Untuk itu, UNPAR menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, aula, hingga olah raga agar mahasiswa dapat mengembangkan diri secara optimal. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, lantas berapa biaya kuliah di UNPAR?

Tergantung pada jurusannya masing-masing, Sobat. Khusus untuk pendaftaran mahasiswa baru UNPAR di Ujian Saringan Masuk (USM) 1 saat ini, biaya masuk UNPAR adalah sebagai berikut.

Ekonomi Pembangunan: Rp23.000.000,00

Manajemen: Rp37.000.000,00

Akuntansi: Rp37.000.000,00

Hukum: Rp33.300.000,00

Administrasi Publik: Rp22.150.000,00

Administrasi Bisnis: Rp35.500.000,00

Hubungan Internasional: Rp36.150.000,00

Teknik Sipil: Rp36.650.000,00

Arsitektur: Rp38.300.000,00

Filsafat: Rp20.650.000,00

Teknik Industri: Rp37.000,00

Teknik Kimia: Rp36.300.000,00

Teknik Elektro: Rp28.650.000,00

Matematika: Rp21.300.000,00

Fisika: Rp20.300.000,00

Informatika: Rp31.300.000,00

Biaya kuliah bisa jadi merupakan salah satu alasan kenapa memilih UNPAR. Dengan beasiswa, biaya awal kuliah di UNPAR bisa dikurangi sampai dengan 35%. Beasiswa bagi mahasiswa UNPAR dapat berupa keringanan atau bantuan biaya studi. Mahasiswa yang berkontribusi positif dengan prestasi akademik maupun nonakademiknya, seperti pada beberapa kompetisi yang telah disebutkan di atas, juga berhak mendapatkan penghargaan.

Sebagaimana telah disebutkan di awal, pendaftaran mahasiswa baru UNPAR tahun akademik 2023/2024 saat ini sudah dimulai. Pendaftaran Ujian Saringan Masuk (USM) 1 dijadwalkan berlangsung mulai 14 November 2022 sampai 24 Januari 2023. Sobat Pintar dapat mendaftar ke kampus UNPAR secara online melalui Kampus Pintar.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog