APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Korea

Ketahui trik belajar Bahasa Korea dengan lebih cepat.

Photo by zero take on Unsplash

Cara belajar Bahasa Korea dengan cepat itu gimana, ya? Apalagi buat kita-kita yang belajar Bahasa Korea secara otodidak, kok kayaknya progress belajar berjalan sepelan siput, gitu? Ngerti dong, rasanya?

Bukan cuma kamu kok, yang ngerasa kek gitu, Sobat Pintar. Kita semua juga pengin secerdas Hermione atau sebrilian Light Yagami. Psstt... ada nih, cara cepat belajar Bahasa Korea biar kamu casciscus ngomong Korea dan satset nangkep apa yang diobrolin di drakor terbaru.

 

1. Fokus pada Kosakata dan Tata Bahasa Dasar

cara cepat belajar bahasa korea
Photo by Timothy Ries on Unsplash

Tips belajar Bahasa Korea yang cukup penting adalah memperbanyak kosakata dan memahami tata bahasa dasar. Semakin banyak kosakata yang kamu ingat dan tau bagaimana menggunakannya, semakin cepat pula kamu bisa berbicara Bahasa Korea.

Kosakata Bahasa Korea yang sering digunakan contohnya annyeong, jeogiyo, gomawo, ataupun... sarang! Kosakata sederhana seperti ini semestinya mudah diingat. Pelajari juga huruf hangeul sambil mengembangkan kosakata yang sudah kamu ingat ke dalam kalimat-kalimat sederhana, seperti "Annyeonghaseyo, jal jinaesyeosseoyo?"

Dari annyeong kita sudah mendapati annyeonghaseyo. Nah, penting banget kan, belajar tata bahasa dan kosakata Bahasa Korea itu? Dengan memahami strukturnya, pelan-pelan kita membangun dasar untuk belajar kalimat yang lebih kompleks.

 

2. Sering Berlatih

cara belajar bahasa korea dengan cepat
Photo by Matthew.Y on Pexels

Pengin jago Bahasa Korea? Kamu harus mau berbicara Bahasa Korea setiap hari. Entah kamu mau latihan Bahasa Korea sama tembok, kucing kesayanganmu, atau kaca di kamar, terserah deh. Orang rumah ngerti kalau kamu lagi latihan Bahasa Korea kok, enggak bakal dibawa ke psikiater juga gegara sering ngomong sendiri.

Yang penting, sering-seringlah berlatih terutama kalian yang belajar Bahasa Korea secara otodidak. Latihan rutin dapat membantu meningkatkan kemampuanmu berbicara dan memahami sesuatu dalam Bahasa Korea. Lebih bagus lagi bila kamu bisa latihan Bahasa Korea dengan orang Korea beneran.

 

3. Gunakan Sumber Belajar yang Beragam

belajar bahasa Korea secara otodidak
Photo by Thanh Tung Bui on Pexels

Enggak ketemu native speaker buat belajar Bahasa Korea secara otodidak? Enggak apa-apa, kamu masih bisa menggunakan buku, video, bahkan drakor-drakor yang berbaris rapi mengantri untuk ditonton itu. Jangan buru-buru patah semangat meskipun belajarnya tanpa native speaker karena kita bisa menemukan banyak cara bisa Bahasa Korea!

 

4. Belajar dalam Konteks

cara bisa bahasa korea
Photo by makafood on Pexels

Belajar kosakata Bahasa Korea satu demi satu, kata per kata, memang merupakan cara belajar Bahasa Korea untuk pemula yang cukup umum diterapkan. Namun dalam kenyataannya, kita berbicara, mendengarkan dan membaca tidak satu kata saja, kan?

Mengucapkan terima kasih, misalnya, bisa merupakan ungkapan yang tulus atau justru sarkasme tergantung dari situasi yang sedang berlangsung. Memahami konteks saat kata-kata itu disampaikan juga penting ketika kita mendengarkan maupun berbicara Bahasa Korea, Sobat Pintar. Seperti contoh di atas, annyeong dan annyeonghaseyo digunakan dalam konteks yang berbeda meskipun keduanya sama-sama bermakna sapaan. Jangan sampai ketika berinteraksi dengan orang Koreanya langsung nanti, kita keliru menggunakan annyeong alih-alih annyeonghaseyo.

Nah, di sinilah peran film dan drakor itu penting, Sobat. Siapa bilang menonton film dan drakor itu enggak bermanfaat? Justru dari film dan drakor kita belajar bagaimana orang Korea berbicara Bahasa Korea dalam konteks yang sesuai dengan budaya Korea. Anggaplah menonton film atau drakor itu kamu sedang menyontek atau gladi sebelum ke negaranya sono.

 

5. Temukan Teman Belajar

cara belajar bahasa korea untuk pemula
Photo by BERK OZDEMIR on Pexels

Eitts, kebanyakan menonton film maupun drakor juga enggak bagus, apalagi kalau kamu masih awal-awal banget belajar Bahasa Korea. Saking banyaknya kosakata yang kamu enggak tau, baca aja subtitle biar ngerti jalan ceritanya alih-alih memperhatikan tokoh-tokohnya ngomong apaan. Bener, ga? Bener, dong. Meskipun membantu, menonton film atau drakor sebenarnya bukan cara belajar cepat Bahasa Korea.

Terus, gimana cara cepat belajar Bahasa Korea? Ikutan kursus Bahasa Korea dong, Sobat Pintar! Di kelas Bahasa Korea, kamu akan belajar hangeul Korea dengan lebih terstruktur. Kamu juga bakal menemukan teman-teman yang seru buat diajak belajar Bahasa Korea bersama-sama. Kalian bisa berlatih berbicara Bahasa Korea – annyeong, si meong – bahkan saling menyemangati saat merasa, "Kok aku gini-gini aja, ya..."

Teman-teman di kelas kursus Bahasa Korea adalah mereka yang sama berjuangnya seperti kamu. Kamu bertanya, berapa lama untuk belajar Bahasa Korea? Gimana cara bisa Bahasa Korea dengan cepat? Mereka juga punya pertanyaan yang sama. Enggak percaya, Sobat Pintar? Buktiin sendiri deh, di kelas Kursus Bahasa Korea.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog