redesain-navbar Portlet

Blog

5 Cara Mengetahui Bakat dan Minat Ini Mudah Dicoba

Setiap kita punya potensi masing-masing di bidang yang berbeda.

cara mengetahui bakat, Photo by Greg Rakozy on Unsplash

Bagaimana cara mengetahui bakat kita? Pertanyaan kayak gini pernah muncul di kepala nggak sih, Sobat? Perasaan, ngerjain ini nggak oke. Ngerjain itu, hasilnya begitu-begitu doang. Jadi bakatku tuh apa sih, sebenarnya? Masak udah belasan tahun, bakat dan minat diri sendiri masih belum ketemu? Hilang di mana, sih? (eh...)

You're not alone, Sobat Pintar. Banyak banget kok, yang masih galau dengan bakat terpendam mereka. Eits. Bukan berarti karena banyak yang galau dengan kemampuannya, terus kegalauan itu jadi normal dan benar, ya. Lagian, buat apa sih, kita berlama-lama galau sampai bikin overthinking kalau cara mengetahui minat dan bakat itu sebenarnya mudah?

 

1. Ketahui Apa yang Menarik Buatmu


Photo by Sam Lion on Pexels

Bukan hanya doi yang menarik, tapi dirimu sendiri sebenarnya menarik, loh. Apa yang kamu enjoy ngerjain sejak dulu? Jawaban kita boleh jadi berbeda-beda, tapi pasti ada sesuatu yang Sobat suka, betah mengerjakannya berlama-lama. Nggak terasa gitu, udah berjam-jam tapi masih asyik. Cara mengetahui bakat alami seperti ini bisa kita lakukan dengan mudah kan, Sobat?

 

2. Sesuatu yang Rasanya Mudah Dikerjakan


Photo by StartupStockPhotos on Pixabay

Pernah nggak, Sobat heran karena seseorang dapat mengerjakan sesuatu, seperti menggambar, dengan begitu mudah – so effortlessly, gitu? Keliahatannya seperti cuma corat-coret di kertas sebentar, eh tetiba udah jadi sketsa yang menakjubkan. Kalau Sobat bertanya pada mereka, "Bagaimana cara mengetahui bakat kita?" Jawaban yang bakal didapat mungkin akan seperti, "Kita? Kamu aja, kali!" Lah, orang dia tahu bakatnya menggambar, kok. Yang jadi pertanyaan, bakatmu apa, Sobat?

Salah satu cara mengetahui bakat kita yang terpendam adalah dengan mengikuti tes minat bakat. Sekarang ini sudah banyak tes minat bakat online. Aku Pintar bahkan punya serangkaian tes minat bakat, salah satunya Tes Kemampuan, agar Sobat Pintar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Langsung dicoba saja, Sobat.

 

3. Prestasi Terbaik

cara mengetahui minat dan bakat
Photo by Fauzan Saari on Unsplash

Prestasi itu bermacam-macam, entah menjadi juara kelas, berkali-kali mengikuti olimpiade, mewakili sekolah mengikuti kejuaraan tertentu, sering menjadi tenaga sukarelawan, atau membantu usaha orang tua melebarkan pasar secara online. Apapun itu, prestasimu bisa jadi merupakan cerminan bakat dan minatmu, bahkan menjadi cara mengetahui bakat dan minat diri sendiri yang cukup ampuh.

But, hold on there. Contoh dari minat bakat itu apa? Macam-macam, Sobat. Contoh minat bakat yang paling mudah misalnya olahraga tertentu, memasak, menari, dan lain-lain. Sobat Pintar punya bakat dan minat yang lebih rumit? Boleh jadi!

 

4. Bertanya pada Sahabat, Orang Tua, Wali Kelas, atau Guru BK

Cara mengenali bakat dan minat sebenarnya cukup sederhana, Sobat Pintar. Bertanyalah pada orang-orang terpercaya di sekitarmu, entah sahabat, orang tua, atau guru. Terkadang orang lain dapat mengetahui minat dan bakat kita dengan lebih obyektif. Siapa tahu, barangkali Sobat merasa berbakat menyanyi, sedangkan orang-orang yang mendengarmu bernyanyi berusaha menyelamatkanmu agar tak mempermalukan diri sendiri.

Tak ada salahnya mendengarkan lebih dari satu orang. Guru BK, khususnya, terlatih untuk mengidentifikasi bakat peserta didik. Kalau soal bakat dan minat, Guru BK biasanya punya jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan dari A sampai Z seperti, "Apa yang dimaksud dengan bakat dan minat?" atau "Bagaimana upaya untuk menumbuhkan bakat dan minat peserta didik?"

Bahkan, para praktisi dengan kompetensi konseling seperti Guru BK atau Psikolog seperti Kak Sandi dapat membantu kita keluar dari labirin overthinking – entah yang disebabkan oleh kegalauan minat bakat ataupun hal lain. Oh ya, Sobat Pintar bisa mengikuti IG Live @akupintar.id pada Jumat, 20 Agustus 2021, pukul 20.00 – 20.50 WIB. Kalau ada pertanyaan-pertanyaan yang membuatmu overthingking selama ini, bisa banget lho, disampaikan di acara Ngopi bareng Kak Sandi.


© Aku Pintar

 

5. Kepo dan Berani Nyobain Hal-Hal Baru

Enggak, nggak perlu kepo mantanmu barusan jadian sama siapa. Kepo aja sama kemampuan diri sendiri, Sobat Pintar. Ibarat mencari ponselmu yang entah tertinggal di balik selimut atau disembunyikan kakak/adikmu, kepo dengan banyak hal dapat membantumu menemukan bakat dan minat yang selama ini belum ketemu.

Misalnya, apa yang Sobat tahu tentang DKV? Apakah itu nama game console terbaru? Bukan, itu nama jurusan kuliah, Sobat. Masih terdengar asing? Kepoin gih, semua tentang jurusan kuliah ini, mulai dari kepanjangannya, kuliahnya, sampai prospek kerjanya. Semua lengkap bakal dibahas di acara Kepoin Profesi dan Jurusan di IG Live @akupintar.id pada Kamis, 19 Agustus 2021, pukul 20.00 – 20.50 WIB.


© Aku Pintar

Kepo saja tak cukup, Sobat. Kita juga harus mau dan berani mencoba hal-hal baru. Kita takkan pernah tahu bila kita berbakat atau mampu melakukan sesuatu sampai kita berani mencobanya, seperti menjahit, coding, atau olah raga baru, kan? Melakukan hal baru seperti ini justru menjadi cara mengembangkan bakat dan minat yang mungkin selama ini belum kita sadari.

Tahu bakat dan minat diri sendiri itu penting loh, Sobat. Kalau kita tahu betul di bidang apa kemampuan kita, memilih jurusan kuliah bakal jadi lebih mudah. Di sini dibahas semua triknya bagaimana cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat. Selamat meluncur!

0
80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet