APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan – Samakah dengan Pilihanmu?

Beberapa jurusan kuliah tertentu diyakini berprospek masa depan lebih cerah.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, photo by Pixabay on pexels

Pernahkah Sobat berpikir, kira-kira apa ya, jurusan kuliah yang menjanjikan? Menjanjikan, dalam hal ini, pada umumnya berarti jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. But, of course, you can always have your own version of "menjanjikan."

Bagi sebagian orang, menjanjikan bisa berarti tajir melintir. Bagi sebagian yang lain, menjanjikan bisa berarti impian dan cita-cita yang semakin nyata. Sah-sah saja kok, Sobat.

Apapun makna jurusan kuliah yang menjanjikan buatmu, selalu ada jurusan-jurusan kuliah tertentu yang secara umum diterima secara luas sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan yang cerah. What are they?

 

1. Teknik Informatika

Tahukah Sobat, apa sarjana yang dibutuhkan 5 tahun mendatang? Sedari sekarang hingga tahun-tahun mendatang, industri digital terus berkembang dan akan membutuhkan lebih banyak lagi sarjana. Jadi, salah satu jurusan kuliah yang banyak peluang kerja adalah Teknik Informatika.

Selain peluang kerja, Teknik Informatika semakin banyak diincar karena dikenal sebagai jurusan kuliah yang cepat dapat kerja. But wait, Sobat. Meskipun Teknik Informatika memang terhitung sebagai jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, apakah Sobat memang punya kemampuan di bidang ini?

Selain kemampuan IPA, bidang ini membutuhkan kreativitas yang tak setengah-setengah. Dan jika kemampuan logika dan kreativitasmu jempolan, pertanyaan berikutnya adalah di mana kuliah Teknik Informatika? Karena dianggap sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan, banyak kampus yang membuka Jurusan Teknik Informatika. Always know your options, Sobat.

 

2. Akuntansi

Eitts! Jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan nggak dimonopoli oleh jurusan IPA, kok! Ini dia, Akuntansi, sebuah jurusan yang banyak peluang kerja dari rumpun Soshum atau IPS.

Akuntansi memang bukan jurusan kuliah baru ataupun lekat dengan dunia digital. Tapi dari dulu hingga kedepannya, dunia bisnis selalu membutuhkan keahlian yang dimiliki oleh alumni jurusan ini. Ingin tahu sarjana yang dibutuhkan 5 tahun mendatang, Sobat? Salah satunya pasti dari Jurusan Akuntansi.

Begitu populernya jurusan ini, persaingan masuk Akuntansi di universitas negeri setiap tahunnya terbilang cukup ketat. Dua diantaranya yang tinggi peminat yaitu Akuntansi UGM dan UI. Yeah, mau bagaimana lagi, Sobat. Akuntansi memang dikenal sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah – sampai-sampai anak IPA-pun tertarik!

 

3. Matematika

Matematika murni di FMIPA boleh juga dipertimbangkan jika Sobat ingin belajar di jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan. But why Math?

Matematika dikenal sebagai induk ilmu pengetahuan. Selain di Jurusan Matematika, dasar logika berpikir matematis diterapkan pada berbagai bidang ilmu lain, dua diantaranya yaitu Teknik Informatika dan Akuntansi. Jika Matematika adalah jurusan kuliah yang menjanjikan, maka jurusan-jurusan lain yang menerapkan Ilmu Matematika juga tak kalah menjanjikannya, bukan?

Depending on how you want to develop yourself afterwards, Math study surely opens a door offering so many possibilities in the future. Bahkan, aktuaris pun terhitung sebagai salah satu prospek kerja Matematika. Masak sih masih belum yakin kalau Matematika itu jurusan kuliah yang banyak peluang kerja buatmu, Sobat?

 

4. Kedokteran

Kedokteran, atau Pendidikan Dokter, adalah salah satu jurusan di bidang ilmu kesehatan. What we're going to elaborate here may as well apply to other similar studies, such as Nursing, Pharmacy, Food and Nutrition, Dentistry, etc. Pasalnya, sarjana yang dibutuhkan 5 tahun mendatang termasuk mereka yang lulus dari jurusan-jurusan di bidang ilmu kesehatan ini.

So, how about Medicine study? Kedokteran mungkin menjadi juaranya jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan – terutama jika direkomendasikan oleh orang tua. Profesi dokter, hingga sekarang pun, masih lekat dengan penghasilan dan karier yang baik. Bukankah dua poin ini, khususnya menurut orang tua, memenuhi syarat jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah?

Anyway, jika Sobat Pintar memang ingin kuliah Kedokteran, mendengarkan anjuran orang tua saja tak cukup. First thing first, pastikan jurusan ini memang sesuai untukmu. Dibilang menjanjikan, Kedokteran memang jurusan kuliah yang menjanjikan. Tapi ada jalan panjang dan perjuangan tak kenal lelah untuk mencapai janji itu. Pick up your battle, Sobat!

 

5. Psikologi

Ingin tahu jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang, baik untuk anak IPA maupun IPS? Psikologi, Sobat. Jurusan ini fair, mengakomodasi Sobat Pintar dari kelas IPA maupun IPS. Why is that so? Jurusan Psikologi terbagi kedalam rumpun IPA dan IPS, khususnya di SBMPTN.

Masing-masing pilihan, baik Psikologi IPA maupun IPS, sama-sama menjanjikan peluang kerja yang baik di masa depan. To put it simply, life will be more stressful for many more people. Therefore, psychologists will be needed more than ever before. Jadi, Psikologi memang jurusan kuliah yang menjanjikan, bukan?

Yet again, it's not for everyone. Sama seperti Kedokteran, belajar Psikologi dan menjadi psikolog lebih sesuai untuk orang-orang tertentu saja. Are you the right person, Sobat? Eittss cari tahu lebih banyak dulu deh, tentang Psikologi. Kalau sudah yakin, baru cari kampus terbaikmu, baik negeri maupun swasta, untuk belajar Psikologi.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Selain lima jurusan di atas, apa lagi jurusan kuliah yang menjanjikan menurutmu, Sobat? Setiap kita mungkin memiliki jurusan-jurusan berbeda yang dianggap dan diyakini lebih menjanjikan. And it's okay. What's more important is our commitment to study and make our dreams come true, isn't it?

410

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog