redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Jurusan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia – Adakah yang Tepat Buatmu?

Beberapa jurusan kuliah tak ada duanya di Indonesia.

jurusan langka di Indonesia, Photo by Deva Darshan on Unsplash

Ada loh Sobat, yang namanya jurusan langka di Indonesia! Kok bisa langka, sih? Dikata langka, bahkan unik, karena jurusan-jurusan ini hanya ada satu di seluruh penjuru Nusantara. Ketika ada jurusan-jurusan tertentu yang banyak dibuka di universitas negeri dan swasta, namun kuotanya masih belum mampu menampung seluruh peminat, ternyata justru ada jurusan-jurusan lain yang hanya ada satu se-Indonesia.

Menarik, bukan? Nah, ilmu langka macam apa yang dipelajari di jurusan-jurusan langka tersebut? Dan di mana jurusan-jurusan ini berada? Skuy, kita kepoin satu-satu!

 

1. Sastra Belanda

hanya ada di indonesia
Photo by Denise Jans on Unsplash

Jurusan Sastra Belanda hanya ada satu di Indonesia, tepatnya di Universitas Indonesia. Meskipun terbilang sebagai jurusan kuliah yang langka karena keberadaannya tersebut, Sastra Belanda sendiri sebenarnya bukan ilmu yang langka. Sama seperti jurusan-jurusan sastra yang lain, kuliah Sastra Belanda mengharuskanmu belajar tentang sastra, linguistik, budaya, dan sejarah. Hanya saja, semua itu tentang Belanda.

 

2. Astronomi


Photo by Jeremy Thomas on Unsplash

Sobat Pintar gemar menghitung bintang di langit? Nah, ada nih, jurusan kuliah buat Sobat yang tertarik dengan ilmu astronomi. Ilmu langka yang dipelajari di jurusan ini adalah tentang pergerakan benda-benda langit, seperti komet, planet, bahkan satelit.

Tetapi, kuliah di jurusan langka di Indonesia ini enggak bakal membuatmu ngitung bintang di langit sampai pusing. Enggak juga belajar tentang cara meramal kesehatan dan keuanganmu – kalau itu namanya astrologi. Astronomi atau ilmu bintang justru terkait erat dengan penerapan ilmu fisika.

Jurusan unik ini ada di mana? Jurusan Astronomi di Indonesia hanya ada satu, yaitu di Institut Teknologi Bandung. Kampus terwibu ini tentu tak asing buat Sobat Pintar yang gemar dengan anime, bukan?

 

3. Sains Atmosfer dan Keplanetan

jurusan unik di Indonesia
Photo by Guillermo Ferla on Unsplash

Kuliah di Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan di Institut Teknologi Sumatera Utara (Itera) membuatmu belajar tentang bumi, sistem tata surya, dan alam semesta di bidang sains atmosfer dan astronomi. Asal Sobat tahu, sains atmosfer terdiri dari dua fokus kajian, yaitu atmosfer antariksa dekat yang berpengaruh terhadap perubahan cuaca dan iklim bumi serta atmosfer antariksa jauh yang mempelajari tentang interaksi matahari dengan bumi dan planet-planet lain dalam tata surya.

Sementara itu, belajar astronomi berarti mempelajari tentang exoplanet, struktur galaksi, astrofisika bintang, serta lintasan orbit benda-benda langit. Boleh dikata, apa yang dipelajari di Itera dapat disandingkan dengan ilmu langka yang dipelajari di kampus terwibu yang sudah disebutkan di atas.

Memiliki alternatif atau pilihan lain untuk kuliah itu penting loh, Sobat. Coba deh, ikuti perbincangan Kak Herfindo Satria Gading, Head of Corporate Communication Medcom.id dengan Kak Bobby Iswandi, S.Kom., M.M., Student Counselor Section Head Universitas Ciputra Surabaya nanti malam, 31 Agustus 2021, pukul 20.00 WIB di IG Live @akupintar.id. Selain mendengar dan memahami sudut pandang kakak-kakak kita tentang Mengapa PTS Menarik dan Dapat Dijadikan Pilihan Utama, Sobat Pintar sekaligus dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang kuliah di PTS. Plan and notify your calendar, Sobat!


© Aku Pintar

 

4. Teknik Nuklir


Photo by Science in HD on Unsplash

Eits! Jangan buru-buru alert kalau dengar kata nuklir. Apa yang kita pelajari tentang nuklir di perguruan tinggi tak terkait dengan Hiroshima ataupun Chernobyl. Kuliah di jurusan unik di Indonesia ini artinya kita belajar tentang penggunaan teknologi nuklir untuk pembangkitan daya, radioisotop dan radiasi dalam dunia industri, serta radiologi klinik yang berupa radioterapi dan radiodiagnostik.

Teknik Nuklir terbilang sebagai jurusan yang jarang diminati. Padahal alumni jurusan ini ada yang bekerja sebagai radiolog di rumah sakit, ada pula yang menjadi peneliti di Badan tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Bahkan BATAN juga memiliki sebuah sekolah kedinasan, yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) yang merupakan alternatif kuliah Teknik Nuklir selain di Universitas Gadjah Mada.

 

5. Ilmu Keluarga dan Konsumen

jurusan kuliah yang langka
Photo by Sarah Medina on Unsplash

Ini dia, jurusan yang cuma ada di Indonesia: Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK). IKK merupakan salah satu jurusan di Institut Pertanian Bogor yang mengkaji tentang perilaku keluarga dalam mencapai tingkat kesejahteraan yang diinginkan. Meskipun hanya ada di Indonesia, ilmu yang dipelajari di jurusan ini cukup kompleks karena terkait dengan psikologi, sosiologi, komunikasi, manajemen, maupun ekonomi.

 

Dari kelima jurusan kuliah yang ada di indonesia di atas, manakah jurusan yang menurutmu paling langka, Sobat? Langka karena jurusan tersebut memang satu-satunya dan hanya ada di Indonesia.

Pertanyaan berikutnya, adakah salah satu jurusan langka di Indonesia ini yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu? Wait, enggak perlu buru-buru dijawab. Coba ketahui dulu melalui Tes Penjurusan Kuliah.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet