APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Jurusan Populer dengan Prospek Cerah

Selain kemampuan dan minat, pertimbangan prospek juga penting dalam pemilihan jurusan kuliah.

Jurusan Populer dengan Prospek Cerah, image via blog.edukasyon.ph

Sudahkah Sobat menentukan hendak kuliah dijurusan apa? Memang banyak yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah, mulai dari kemampuan, minat, hingga ketersediaan dana. Yang tak kalah penting masuk dalam pertimbangan adalah prospek alumni dari jurusan yang kita pilih.

And did you know, Sobat? Ternyata ada beberapa jurusan yang memang menawarkan prospek lebih baik kedepannya. Prospek suatu jurusan memang akan terus berubah, tapi jurusan-jurusan apa saja yang saat ini patut kita pertimbangkan?

 

1. Teknik

Saat ini kita masih terus membutuhkan para engineer agar semakin banyak dihasilkan produk-produk baru yang bermanfaat bagi kehidupan banyak orang. Tak hanya pada satu bidang, ilmu-ilmu teknik dibutuhkan pada berbagai sektor kehidupan. Maka disini, Sobat Pintar dapat memilih bidang ilmu teknik yang paling sesuai dengan minat.

Alumni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Biomedis, Teknik Kimia, dan berbagai jurusan teknik yang lain masih terus dibutuhkan diberbagai bidang. Para engineer dari jurusan-jurusan teknik inilah yang kelak membuat kehidupan kita menjadi lebih efisien.

 

2. Ilmu Komputer

Bidang ilmu yang terkait dengan komputer cukup populer. Apalagi, saat ini kehidupan kita tak bisa lepas dari teknologi. Tak bisa dihindari lagi, banyak perusahaan nasional dan multinasional yang semakin membutuhkan Sarjana Komputer.

Selain Jurusan Ilmu Komputer, Sobat Pintar dapat memilih Teknik Informatika. Kedua jurusan ini kurang lebih sama, dengan beberapa perbedaan yang dapat dibaca disini. Alumni dari dua jurusan ini banyak yang kemudian bekerja dibidang multimedia, video games, IT security, dan masih banyak lagi.

 

3. Desain

Do you have passion in design, Sobat? Bagi Sobat Pintar yang memiliki kreativitas melimpah, belajar tentang desain dibangku kuliah tentu cukup menarik.

Desainer merupakan 'otak' dibalik setiap logo, website, kemasan makanan, dan lain sebagainya. Sesuai dengan ilmu desain yang dipelajarinya, profesi-profesi yang ditekuni dibidang desain antara lain visual artist, desainer grafis, dan lain-lain.

Bagaimana dengan jurusan desain itu sendiri? Sobat Pintar dapat mempertimbangkan beberapa jurusan desain, seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Produk Industri, dan lain sebagainya.

 

4. Hukum

Jurusan Ilmu Hukum semakin diminati. Salah satu sebabnya karena prospek kerjanya yang baik, seperti jaksa, hakim, advokat, dan lain-lain. Bila memungkinkan, Sobat Pintar dapat memilih konsentrasi yang paling sesuai, seperti Hukum Kriminal atau Hukum Internasional.

 

5. Bisnis

Ketika sebagian kita masih sibuk mencari kerja, ada sebagian lagi yang sudah mampu menjalankan usaha sendiri. Bukan hanya mandiri, entrepreneurs adalah mereka yang bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya. Jurusan-jurusan yang dapat dipertimbangkan antara lain Bisnis Islam, Sosial Ekonomi Pertanian/ Agribisnis, Bisnis Digital, dan berbagai jurusan lain.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Now, have you made up your mind, Sobat? Bagaimana kalau jurusan incaranmu selama ini ternyata tidak termasuk kelima jurusan diatas?

No worries! Hanya karena suatu jurusan populer dan difavoritkan banyak orang, bukan berarti kita harus dan cocok belajar dijurusan tersebut. Kembali pada kriteria dasar yang telah disebutkan diawal, kemampuan dan minat diri merupakan faktor penting yang tak bisa diabaikan.

All in all, mempertimbangkan prospek karier dimasa depan memang perlu. Tapi jangan lupa, sesuaikan pilihan jurusan kuliah dengan kemampuan dan minat. Nah, agar makin mantab pilihanmu, pastikan dulu dengan mengikuti tes-tes di Minat Pintar.

180

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog